Mengenal jenis-jenis pakan lele berdasarkan umur lele 1 hari – panen

ID 27497

Agrotani.com – Jenis pakan lele yang diberikan pada usia lele masing – masing berbeda dan tidak sembarangan memberikan pakan. Disamping itu kita membutuhkan beberapa pengetahuan lebih mendalam tentang pakan, tepat guna dan tepat umur. Tentu ini berpengaruh terhadap hasil produksi yang dihasilkan nantinya dan pertumbuhan lele agar optimal. Jika salah memberikan pakan lele baik itu pemberian dengan waktu yang tidak tepat atau lebih parahnya lagi jenis pakan yang diberikan salah, maka anda coba lihat hasilnya, lele yang anda budidayakan akan berkurang hasilnya. Dari beberapa pengusaha lele yang saya tanyakan, kebanyakan mereka rugi karena alasan pakan yang tekor (Biaya banyak dikeluarkan untuk pakan) ini disebabkan karena pemberian pakan terlalu banyak dan mereka tidak membuat pakan sendiri.

Mengenal jenis-jenis pakan lele berdasarkan umur lele 1 hari – panen


Saya tidak anda bernasib rugi dan mengalami masalah ini, jadi pilihlah pakan lele yang teruji kualitasnya atau lihat lah rekomendasi dari beberapa rekan anda yang sukses berbudidaya lele. Berikut ini saya akan memberikan ulasan bagaimana sih cara pemberian pakan dan jenis pakan yang cocok berdasarkan umur lele anda.

Jenis Pelet Apung


Jenis pakan ini merupakan jenis pakan yang sering digunakan oleh para pembudidaya lele pada umumnya. Ukuran pelet apung bervariasi mulai dari serbuk pelet apung hingga butiran besar. Anda harus bisa membedakan klasifikasi pakan ini, jika untuk ukuran 5-6 cm misalnya, pakan apung yang diberikan yaitu 781-1 propuksi. Jika anda masih bingung untuk memilih pakan dari umur, anda bisa meprediksinya jika ukuran lele besar, maka butiran pelet yang diberikan juga harus lebih besar. Jika ukuran lele anda kecil maka pelet yang anda berikan juga kecil.

Ukuran pelet jika anda membelinya memang cukup menguras dompet anda, apalagi anda membeli peket yang ukurannya seerbu atau ukuran pelet kecil, hal ini dikarenakan kandungan proteinnya relatif lebih tinggi yaitu sekitar 33 %. Jika anda ingin membuatnya dirumah dengan pasti lebih hemat saya sarankan anda membuatnya sendiri saya sudah siapkan artikelnya untuk anda : Cara Mudah Membuat Pelet Apung

Jenis Pelet Tenggelam


Jenis pelet ini tenggelam dipermukaan air, pelet ini biasanya digunakan untuk kolam yang dalam namun bisa juga untuk permukaannya tidak dalam. Penggunaan pelet tenggelam biasanya diberikan pada saat menjelang panen yaitu sekitar 2 minggu sebelum panen.

Harga jika anda ingin membelinya biasanya relatif lebih murah dibandingkan dengan pelet apung. Jika bicara tentang kandungan untuk pelet tenggelam memiliki kadar protein sekitar 27 % dan hanya diperuntukkan bagi lele untuk menambah bobotnya.

Jenis Pakan Alternatif


Untuk lebih menekan biaya yang dikeluarkan besar, sudah dari sekarang anda memberikan pakan alternatif untuk lele anda. Anda bisa memberikan Sosis, ayam tiren, nasi sisa, ikan rucah, ikan teri atau limbah sayur dari pasar. Untuk menambah bobot jika lele anda hendak mau panen anda bisa memberikan bangkai ayam, bangke ayam didapat dari peternak ayam kalo didaerah saya sih biasanya gratis. Jika sudah mendapat bangke ayam kemudian anda bakar hingga matang, kemudian berikan pada lele yang berumur dewasa (mau siap panen) saya sudah mencobanya dan hasilnya sangat terlihat.

Pemberian pakan alternatip jangan sampai terlalu banyak diberikan, apalagi jika anda memberikan pakan alternatif dengan jumlah besar, berikan sedikit saja. Pemberian pakan alternatif harus diterapkan dengan hati – hati karena akan berdampak buruk pada ikan lele anda jika terlalu sering, apalagi jika air atau pH air kolam tercemar maka kemungkinan akan mengundang hama dan penyakit. Saya mencoba dengan bangkai ayam yang sudah dibakar hanya sedikit cukup 1 ekor ayam dalam 1 kolam besar. Jadi jika penggunaan terlalu banyak bukan hasil bagus yang anda dapatkan melainkan akan menurunnya kondisi ikan lele anda.

Jenis Pakan Alami


Pakan alami seperti kijing, cacing tanah, cacing sutra (untuk benih), keong, kutu air (untuk pakan benih) digolongkan pada jenis pakan alami. Contohnya cacing sutra sangat bagus sekali untuk benih yang baru belajar makan pakan dan juga kutu air sama bagusnya untuk anakan yang baru menetas. Jenis pakan alami untuk lele menggandung protein yang cukup tinggi yaitu diatas 50% dan memiliki kandungan gizi yang sangat baik sekali terutama untuk anakan lele (benih lele) pada pertumbuhannya. Jika umur lele anda masih kecil-kecil saya sarankan anda harus memberikannya, namun cek air kolam jangan sampai kotor atau berbau tidak sedap, jika air kolam berbau atau berubah warna pastikan penanggulangan dengan mengganti air, karena pakan alami ini bersifat cepat busuk pakan yang tidak habis dimakan oleh anakan lele mengakibatkan serangan hama dan penyakit pada benih lele.

Baca juga :

Lele