Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

ID 173

Agrotani.Com – Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Faktor-faktor ini harus terpenuhi sesuai kebutuhan tanaman yang sedang dibudidayakan.

Setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Contoh, padi memiliki kebutuhan cahaya matahari lebih banyak dari tanaman sayuran. Ini menandakan kebutuhan sinar matahari pada tanaman padi dan tanaman sayuran itu berbeda. Namun pada dasarnya sama-sama membutuhkan sinar matahari.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang dimaksud adalah : Cahaya (Sinar matahari), Suhu, Kelembapan Udara, Air, Unsur hara, Nutrisi dan Hormon Pertumbuhan.

Mari kita bahas satu persatu.

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

  1. Cahaya (Sinar Matahari)

Cahaya atau sinar matahari merupakan salah satu sumber energi utama yang dibutuhkan pada proses fotosintesis daun tanaman.

Apabila tanaman tumbuh di tempat yang gelap, kemudian kekurangan cahaya, maka biasanya akan terjadi etiolase.

Etiolase ini merupakan suatu kondisi tumbuhnya tanaman secara tidak normal, biasanya tunas bagian batang akan panjang-panjang namun tidak diiringi dengan pertumbuhan daun yang seimbang. Batang memanjang dikarenakan pertumbuhan tanaman mencari sumber sinar matahari.

Sedangan tanaman yang tersinari dengan cahaya yang cukup, pertumbuhannya akan seimbang. Antara pertumbuhan daun dan batang proporsional. Juga memiliki perakaran yang kuat. batangnya pun akan tegak kuat.

  1. Suhu

Setiap tanaman memiliki suhu optimim yang berbeda-beda. Ini tergantung jenis tanamannya dan karakteristik tanaman tersebut.

Ambang suhu paling rendah dimana tanaman bisa tumbuh, biasanya disebut dengan suhu minimum. Sedangkan ambang batas suhu tertinggi tanaman bisa tumbuh, dinamakan suhu maksimum.

  1. Kelembapan Udara

Kelembapan udara di sekitaran tanaman yang sedang dibudidayakan, sangatlah penting terhadap pertumbuhan tanaman tersebut.

Kelembapan udara ini biasanya dipengaruhi oleh jenis tanah. tanah yang kurang lembap biasnaya akan baik untuk tanaman. Karena tanah tersebut dapat dengan mudah menyerap air dan sangat baik pada proses penguapannya.

Sehingga dengan penguapan yang baik ini tanman akan lebih mudah pada proses pembelahan dan pemanjangan sel-sel untuk mencapai ukuran maksimal.

  1. Air

Air juga sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan tanaman. Hal ini dikarenakan air diperlukan pada proses metabolisme dan proses fotosintesis.

Selain membantu pada proses fotosintesis, air juga bermanfaat untuk mengantarkan hasil dari fotosintesis ke seluruh bagian tanaman.

  1. Unsur Hara

Ada dua jenis unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Yang pertama adalah unsur hara makro dan unsur hara mikro.

Unsur hara makro merupakan unsur-unsur yang harus ada dan harus terpenuhi oleh tanaman. Sedangkan unsur hara mikro merupakan unsur hara pendukung yang keberadaannya sebagai pelengkap.

Meskipun unsur hara mikro hanya sebagai pelengkap, unsur ini juga sangat diperlukan oleh tanaman. Juga bermanfaat untuk menyuburkan tanah.

  1. Nutrisi

Selain unsur hara, tanaman juga memerlukan makanan lain yang sifatnya dari alam. Seperti Co2 yang berasal dari udara dan kandungan-kandungan mineral yang terdapat di dalam tanah.

  1. Hormon pertumbuhan

Ada tiga jenis hormon yang diperlukan oleh tanaman. Yaitu : Hormon auksin, hormon hiberelin dan hormon sitokinin.

Namun selain ketiga hormon utama tersebut, ada lagi hormon lainnya seperti : Hormon kalin, hormon, traumalin, hormon abisat dan hormon lainnya.

Untuk lebih jelasnya nanti akan dibahas pada lembar tulisan yang berbeda.

Demikianlah faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Faktor-faktor tersebut harus terpenuhi supaya tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga akan menghasilkan panen yang memuaskan.

Budidaya