Cara Mudah Membuat Pelet Apung

Pelet Apung

Agrotani.com – Tentu anda sudah mengenal jenis usaha ini, Cara Mudah Membuat Pelet Apung memang cukup menjanjikan hasil yang di dapat, namun anda harus mengingat bahwa usaha yang sekarang berjalan memiliki resiko yang besar, karena pasaran anda adalah mahluk hidup, jadi harus extra hati-hati. Resiko ini di hasilkan harus berdampak positif pada sasaran pasaran anda, salah dalam langkah pengerjaan akan berujung tidak baik. di sarankan anda mengetahui dulu kandungan pakan yang akan anda buat.

Pakan Yang Berlebih


Memang tidak semua jenis ikan budidaya harus menggunakan pakan pelet, namun kita perhatikan kandungan gizi pada ikan yang di butuhkan bagi pertumbuhanya. sebenarnya banyak sekali pakan untuk ikan, namun pelet adalah hal yang praktis dan ikan hampir semuanya menyukai pelet yang terapung. Bagi sebagian besar pembudidaya menggunakan pakan pelet tetapi tidak dengan dosis anjuran, dengan katalain kandungan pada pelet apung sangat tinggi, jika terlalu tinggi kandungan dan pemberian pakan yang tidak sesuai dosis maka memungkinkan air tercamar dan terkontaminasi oleh kandungan pakan berlebih, jika pakan yang mudah tenggelam akan memudahkan air tercemar.
intinya dalam hal yang anda lakukan adalah kandungan dosis pada adonan pakan yang di butuhkan, dengan sasaran anda, peroduksi pakan anda berpusat pada ikan jenis apa dan umur ikan berapa !!!

Persyaratan Bahan Pakan


Sebenarnya membuat adonan pelet tidak sulit terutama pada pembuatan pelet yang biasa, namun pelet yang biasa pengolahanya, sangat mudah sekali tengglam.
Anda harus mengolahan secara istimewa untuk pakan yang bisa terapung, penyebab pakan pelet tidak bisa lama terapung di air di karenakan bahan yang belum komplek atau belum pas pada takaranya. Biasanya terdapat pada bahan ikan yang di haluskan belum cukup kering, ikan bekas yang di haluskan harus benar-benar berbentuk tepung dan kering, cara pengerjaanya juga sangat mudah anda hanya menjemur ikan tersebut atau menggunakan bantuan mesin oven dan mesin penepung haslus.

Tahap Pembuatan Pakan Apung


  • Yang anda harus siapkan pada langkah awal adalah membuat pakan ikan apung dimulai dengan memasukkan bahan yang bersifat perekat terlebih dahulu.
  • Langkah pertama untuk membuat pelet apaung adalah bahan yang berdifat perekat. Yang bisa dimasukkan pertama kali misalnya tepung tapioka dengan pemakaian sekitar 10% sampai 20% dari total campuran pakan total.
  • Bisa ditambahkan air secukupnya agar bisa mengikat adonan lainnya. Sebagai alternatif bisa juga dipakai tepung gaplek, dan tepung onggok.
  • Masukkan bahan sumber protein utama seperti tepung ikan minimal 20% dari total campuran pakan total. Tepung ikan bisa juga diganti dengan tepung kepala udang, tepung tulang maupun tepung jeroan.
  • Masukkan bahan pelengkap lainnya seperti dedak halus maksimal sebanyak 30% dari total campuran pakan total. Jika memakai bungkil kedelai bisa dengan konsentrasi maksimal 40%. Untuk pelengkap lainnya seperti minyak ikan maksimal 10% dari total campuran pakan total. Bisa juga ditambahkan 1% sampai 2% kalsium karbonat atau kapur dan juga sekitar 1% sampai 3% vitamin B komplek dan vitamin lainnya. Semua bahan ini kemudian dimixer selama 10 menit hingga benar-benar rata.
  • Terakhir campuran ini diolah dengan mesin ekstruder sistem kering. Secara otomatis pelet yang dihasilkan sudah dalam keadaan kering dan memiliki sifat pakan apung.

Penggunaan Mesin Ekstruder


Jika anda ingin menggunakan bantuan mesin, anda dapat menggunakan Mesin Ekstruder sebagai alat bantu pada tahap pencampuran atau homogen. Mesin Ekstruder dapat berguna untuk menghasilkan pakan sesuai ukuran yang anda inginkan. Guna untuk mengkompres kepadatan pada pelet karena homogen pada adonan, menggunakan mesin ini dapat mengirit waktu dan tenaga, jika anda ingin membuat dengan sekala besar maka menggunakan mesin sangat cocok.

Pakan Ikan