Mengenal macam macam jenis cabe hias

ID 15615
Bolivian Rainbow

Bolivian Rainbow

Mengenal macam macam jenis cabe hias


Agrotani
– Mengenal jenis-jenis cabe hias memang beragam dari mana kita melihat keindahan warna dan keunikan bentuknya. Memang hanya sebagian dari pembudidaya yang memelihara jenis cabe hias, walau banyak jenis dari cabe itu sendiri di antaranya jenis cabai hias, jenis cabai hibrida, jenis cabai terpedas di dunia, jenis cabai budidaya , jenis cabai merah besar, jenis cabai rawit unggul.

Perbedaan yang sangat menonjol dari cabe ini adalah ukuran pohon yang pendek dan tegak hampir keredil namun bukan karna penyakit, jenis cabe hias merupakan jenis cabe yang sudah di modifikasi dari rekayasa genetika. Tak heran banyak sekali di tanam di pot sebagai hiasan dan mempercantik rumah dan perkarangan.

Banyak sekali keunikan dari caba hias berikut adalah jenisnya :

Cabai bulat kredil


Jika anda melihat cabai hibrida yang di gunakan untuk bumbu masak, anda pasti aneh melihat cabai ini karena seperti minimalis dari tanaman cabai. cabai ini memiliki dua varian, yang pertama buahnya bulat seperti buah cherry dan yang terakhir buahnya lonjong memanjang. Buah cabai kredil memiliki tahapan warna pada umur buah, pada fase muda berwarna putih kekuningan dan berubah lagi menjadi agak keunguan, dan yang menambah keindahan lagi warna pada buah di tambah warna ungu sedikit pekat pada bagian sisi atas buah. Kemudian berubah lagi menjadi buah berwarna oranye dan pada buah masak berubah menjadi warna merah.

Cabai ungu panjang


Sama halnya dengan cabai ungu, namun perbedaan hanya pada buah yang memiliki ukuran panjang, daun berupa daun tua dan pada bunga yang di hasilkan sangat berbeda, bunganya berwarna putih berbeda dengan cabai ungu. Yang menjadi unik dan beragam warna buah pada setiap pertumbuhan pada buah muda berwarna putih hijau kemudian berubah lagi menjadi oranye dan buah yang masak berwarna merah, cabai ini ketika masa pertumbuhan yang tidak seragam akan menghasilkan warna buah yang sangat beragam dan indah. Ukuran buahnya berkisar 2-5 cm.

Cabei ungu


Bentuk buah yang berwarna ungu dan tidak jauh dengan bentuk buah cabai pada umumnya, biasanya jenis cabai ini banyak di budidayakan untuk pasaran tanaman hias yang di tanam di polybag. Cara budidayanya pun sangat mudah karena di sisi lain tanaman cabe ungu kuat terhadap hama dan penyakit namun tidak menutup kemungkinan untuk terserang penyakit. Bunganya terbentuk di ujung rating, berwarna ungu dan tumbuh tunggal. Pada buah memiliki ukuran kecil, panjang 1-3 cm. pada umur buah dari kecil sampai masak, buah ini berwarna ungu. Namun saat tua, warnanya berubah menjadi ungu kemerahan. Uniknya lagi, buah ini tidak tumbuh ke bawah, melainkan tegak menghadap ke atas.

Cabai Berkuncir


Nama yang unik pada jenis cabai ini. tahukah anda kenapa di sebut cabai kuncir ? karena pada bagian ujung buah ini memiliki kuncir yang sangat menonjol. Cabai ini berbentuk bulat, berukuran besar, pada bagian daun lebih lebar dari capai hias sodaranya dan warna daun hijau pekat. Saat muda, buahnya berwarna hijau kekuningan, kemudian berubah menjadi oranye, dan terakhir merah cerah.

Cabai merah tua


Selain indah dan warna merah yang pekat cabai ini tergolong pada cabai pedas. Bentuk pohon hampir sama dengan cabai umumnya namun pada daun yang berwarna gelap. Ukuran rata-rata buah ini mencapai 3 cm dan pada buah muda memiliki warna hijau muda, setelah masak buah akan berubah kembali menjadi warna merah sedikit mengkilat.

Jika anda tertarik sekarang sudah banyak bibit cabai hias di toko pertanian terdekat. Tanaman cabai hias sangat cocok sekali untuk pekarangan atau di bagian rumah anda. Jika anda ingin menanam di dalam ruangan juga bisa namaun biasanya cabai hias memiliki ketahanan hanya 3-4 hari saja dan anda harus rutin memberi cahaya matahari setelah 3 atau 4 hari baru bisa di masukan lagi ke dalam ruangan lagi.

Untuk perawatan cabai ini sangat mudah, anda cukup menyiramnya pagi dan sore hari dan perharikan kelembaban tanahnya. Untuk pupuknya sendiri tambahkan 1 gram NPK setiap fase pertumbuhanya, tujuanya supaya tanaman tidak tumbuh tinggi dan tetap kecil dan lucu.

Semua jenis cabai hias biasanya tidak untuk konsumsi karena ransanya yang kurang enak kecuali cabai merah yang pedas. Rasanya langu atau hambar dan tidak pedas.

Artikel Terkait :

Tanaman Cabai