DAFTAR
MASUK

Cabe hias pelangi untuk hiasan pekarangan

Cabe hias pelangi untuk hiasan pekarangan

Agrotani – Tentu tidak menyangka cabai yang biasanya untuk bumbu masakan menjadi warna-warni dan menghiasi pekarangan rumah, cabai ini tidak untuk di konsumsi namun untuk hiasan saja. Dari sejarah cabai bisa warna-warni, ini berasal dari Amerika selatan, cabai rawit biasa menjadi warna-warni karena rekayasa genetik yang kemudian memperoleh warna pada buah yang beragam. Namun bukan Amerika Selatan saja, ada juga yang menyebutkan dari Brasil. Cabai ini memiliki nama asli “Bolivian Rainbow” yang khusus untuk tanaman hias, jenis cabai hias sudah banyak tersebar di toko pertanian atau anda bisa membeli di toko online.

Tingkat kepedasan 5.000 – 30.000 SHU
Tinggi tanaman rata-rata 60-90 Cm
Iklim ideal Dataran rendah – tinggi
Sinar matahari Sepanjang hari
Media tanam Tanah humus
Kebutuhan air Sedang
Jumlah biji dalam kemasan 10 pc

Cabai warna-warni ini memiliki kepedasan maksimal 30.000 SHU. Di bandingkan dengan cabai rawit pada umumnya memiliki tingkat kepedasan yang jauh dan sangat pedas, cabai rawit hijau memiliki level kepedasan 50,000 sampai 100,000 SHU. Mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa cabai untuk jenis hias tidak untuk konsumsi karena di samping tidak pedas pada segi rasa dan aroma tidak enak seperti cabai rawit hijau.

Ada tahapan dalam segi warna karena pada fase pertumbuhan buah memiliki level warna dan segi perubahan. Rainbow pada dasarnya memiliki 4 warna dasar yaitu ungu, kuning, oranye dan merah. Tanaman ini sangat cocok untuk di tanam di pot atau polybag karena berukuran kecil dan mungil.
Dari segi perawatanpun tidak sulit, tanaman cabai warna-warni terbilang sangat mudah dalam perawatan karena memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, namun tidak menutup kemungkinan tanaman cabai bisa terserang.

Media Tanam


Yang harus anda siapkan pertamakali untuk menanamnya adalah media. Biasanya cabai suka pada tanah yang gembur, subur dan mengandung humus. Media tanah bisa anda buat sendiri dengan mencampurkan tanah, arang sekam, pasir, pakis kering, pupuk organik dengan di campur secara homogen.

Tambahan Hiasan Pot


Jika ingin lebih menarik setelah media kita sudah siap tanam, kami sarankan pada polybag di tambahkan hiasan yang unik seperti di berikan warna pada pot dan bentuk pot yang unik sesuai kreasi anda dan jangan lupa berikan lubang pada bagian bawah pot untuk air mengalir.

Persemaian Untuk Benih


Siapkan persemaian untuk bibit cabai warna-warni anda. Pilih biji cabai dengan merendam dengan air hangat kira-kira 3 – 4 jam tujuanya agar menghilangkan dormansi biji, setelah biji di rendam baru bisa di semai dan siram pada pagi dan siang hari.

Perawatan


Perhatikan pertumbuhan bibit, jangan sampai hama atau penyakit menyerang, karena pada tahap ini rentang pada gangguan seperti ayam dan ternak lain yang dapat merusak. Sebaiknya persemaian pada tempat yang aman jauh dari ternak. Pada ukuran kisaran 10 cm bisa di semaikan. Pada transplanting atau memindahkan persemaian, anda harus hati-hati karena batang mudah patah dan akar mudah putus.

Jika sudah di tanam usahakan jangan terkena matahari langsung karena cabai warna-warni akan layu, dan untuk perawatan selanjutnya anda hanya menyiram dan memberikan unsur hara pada tanaman pada umur 1 bulan dengan di berikan NPK 1 gram, penyiraman rutin 1 hari 2x pada sore hari dan pagi hari, agar lebih bagus siram pada bagian pucuk sampai pangkal batang karena akan lebih baik hasilnya.

Artikel Terkait :

Bergabung ke grup Whatsapp Agrotani Indonesia hubungi 085320638655


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Cabai


Komentar ditutup.