Peluang Usaha Untuk Produksi Umpan Ikan Laut

ID 1479

Agrotani.com – Dalam penangkapan tuna (Thunnus), cakalang (Katsuwonus pelamis),  dan ikan laut lainnya umpan menjadi faktor penting ketersediaan umpan hidup (life bait) yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan penangkapan. Selama ini, umpan hidup yang biasa digunakan dalam penangkapan tuna dan cakalang antara lain ikan teri (Stolephorus sp), ikan tembang (Sardinella fimbriata),  kembung (Rustrelliger kanagurta),  ekor kuning/pisang-pisang ( Caesio sp), dan layang (Decapterus russeli).


Ikan umpan tersebut bergantung pada hasil tangkapan di alam. Karena itu, produksinya dibatasi oleh musim dan fluktuatif. Usaha menyediakan umpan dalam jumlah besar dengan cara meningkatkan produksi penangkapan, juga dibatasi oleh ketersediaan sumber daya ikan. Sebagai contoh, ikan teri (Stolephorus sp) yang merupakan salah satu ikan umpan yang sangat baik,  kini mengalami padat tangkap (over fishing) di beberapa perairan di Maluku dan Maluku Utara, karena penangkapan yang intensif untuk kebutuhan umpan.


Akhir-akhir ini kapal-kapal penangkap tuna long line memanfaatkan gelondongan bandeng sebagai umpan hidup. Gelondongan bandeng selain meningkatkan laju tangkap (hook rate) 3-5 kali lebih tinggi dibanding umpan beku atau segar, juga memiliki daya tahan hidup lebih lama dan mudah ditangani. Hal ini menjadikan gelondongan bandeng sebagai segmen pasar tersendiri. Di Benoa, Bali tidak kurang dari 50 rean (1 rean 5500 ekor) gelondongan bandeng bernilai sekitar seratus juta rupiah yang diserap kapal-kapal tuna long line setiap harinya (Anindiastuti et al.  1993).


PRODUKSI UMPAN


Sementara di Pelabuhan Perikanan Samudra Baru Jakarta diperkirakan 90%  dari total keperluan bandeng umpan dipasok dari hasil budi daya petani tambak di karawang (darmadi dan parnowo,1996).


Selain lebih tahan hidup dan mudah ditangani, keunggulan bandeng sebagai umpan adalah produksinya dapat ditingkatkan melalui kegiatan budidaya. Sementara ketersediaan umpan alam dibatasi oleh musim dan produksinya fluktuatif. Dengan demikian, budidaya ikan laut untuk produksi umpan adalah salah satu segmen pasar yang propektif. Apalagi semua ikan yang dijadikan umpan dapat dibudidayakan. Selain bandeng, ikan umpan yang sudah dapat dibudidayakan adalah ekor kuning walaupun cara budidaya ekor kuning bukan ditujukan untuk umpan.

Pakan Ikan