Peluang usaha pertanian yang jarang diketahui : Jadi petani kaya

Agrotani.com – Peluang pasar yang semakin jelas terlihat, tidak dimanfaatkan oleh warga negaranya. Kebanyakan petani di indonesia memiliki masalah ekonomi yang sulit, hal ini menjadi pelajaran untuk kita bahwa petani seharusnya sejahtera dan tidak memiliki masalah ini.

Peluang usaha pertanian yang jarang diketahui : Jadi petani kaya

Peluang usaha pertanian yang jarang diketahui : Jadi petani kaya

Yang harus kita ingat adalah konsumen atau pasar, percuma jika anda seorang ahli budidaya tanaman namun lemah dibidang agribisnis. Jika kita mampu menciptakan agribisnis yang maju maka jangan cemas negara ini akan kaya dengan sendirinya.

Penduduk Indonesia semakin lama akan semakin naik, dan jutaan orang membutuhkan asupan gizi, vitamin, serat yang dibutuhkan untuk kesehatannya. Konsumsi buah dan sayur kondisi keterkaitan erat antara manusia, yaitu makanan dan manusia tidak bisa berhenti makan.

Peluang usaha pertanian yang jarang diketahui : Jadi petani kaya


Kita kekurangan buah dan sayur dan akhirnya kita harus mengimpor dari Australia, Amerika, dan Taiwan. Indonesia juga mengekspor buah buahan tapi sedikit.

Kita harus tahu permainan harga disini ada dan identiknya seperti biasa ada buah dan sayur pasti ada yang di untungkan dan dirugikan. Kita kekurangan buah pada kondisi sumberdaya alam semewah ini.

Untuk menembus pasar raksasa kita harus meningkatkan kualitas dan mutu yang terjaga pada produk pertanian kita, masalahnya apakah kita sudah melakukan prosedur dan membuat produk setandar internasional.

Kita tidak bisa membuat atau menjadi negara penghasil buah dan sayur jika kita masih berdebat dan menyalahkan orang lain. Yang paling lemah kenapa kita bisa seperti ini adalah sikap tidak peduli pada sesama kita, warga masyarakat petani malas membangun mitra dan mengembangkan jaringan kenalan itu adalah masalah kita bersama.

Untuk menghadapi pasar global maka kita harus mempersiapkan beberapa hal yang sangat penting untuk anda gunakan :

  1. Mutu buah harus sesuai dengan selera pasar (konsumen)
  2. Volume hasil buah harus tertuju pada peningkatan prosuksi untuk menyuplai pasar. Persiapan ini anda harus memperluas areal dan menguatkan manajemen yang sangat matang.
  3. Fokus dan secara kontinu harus terjamin. Hal ini sangat sulit sekali dicapai karena ada sebagian buah dan sayur sesuai dengan musim.
  4. Harga mampu bersaing dengan pesaing kita, tanpa harus menurunkan mutu yang diminta oleh konsumen.
  5. Jangan lupa promosi dan memperkenalkan produk anda, mereka sangat senang jika ada promo dan produk sesuai yang mereka inginkan.

Kita harus banyak belajar bersama dan bermitra bersama petani lainnya, ikuti forum pertanian online atau bertemanlah dengan petani lainnya, kembangkan wawasan anda agar kita lebih siap lagi. Saya sengaja membuat ini tanpa menjabarkan poin-poinnya karena itu adalah artikel biasa, ikuti artikel ini untuk strategi pasar.

Anda bisa belajar dengan teman anda di sini, namun jika ada yang belum mengerti bisa bergabung dengan teman kami anggota agrotani Lihat Halaman

Link video buat yang butuh, Lihat Halaman

Agribisnis