Gambar oleh Malachi Witt dari Pixabay

Lulusan pertanian bisa kerja apa : ada 2 cara Jadi Sukses

Diposting pada

Agrotani.com – Pertanyaannya Lulusan pertanian bisa kerja apa ?Kebutuhan sehari-hari semakin banyak, masadepan belum juga terlihat, atau belum menargetkan apa yang ingin kita harapkan.

Kalian yang baru lulus kuliah di pertanian atau yang akan masuk kuliah pertanian, tentu bingung setelah lulus mau lanjut bekerja di mana. Dengan berbekal pengetahuan yang didapat dari universitas kalian tentu belum cukup untuk bekerja bertani atau menjadi PNS yang banyak sekali diburu oleh para sarjana pertanian. Dari pengalaman beberapa rekan-rekan yang sudah lulus memang kebanyakan mereka mengeluhkan pekerjaan, mulai dari yang setandar pencapaian IPK nya sampai Ke IPK yang tertinggi.

Sekali lagi itu tidak terlalu berpengaruh didunia pekerjaan, kalian dituntut untuk bisa bersaing dengan rekan-rekan seperjuangan atau bahkan kalian banting setir ganti profesi. Dari 100 orang lulusan pertanian hanya 15 orang yang benar-benar menjadi petani tulen, sisannya mereka bekerja di perusahaan atau tidak ganti topik bukan pertanian lagi.

Berita gembirannya pertanian sangat terbuka bebas untuk wirausaha (Memungkinkan untuk sukses sangat besar). Peminat pertanan kenyataan sekarang mulai dilirik oleh kebanyakan anak muda.

Bekerja Sebagai Wirausaha Muda

Menjadi pembisnis yang sukses itu gampang-gampang susah, namun jika kamu mengharapkan dari bisnis pertanian dengan cepat maka dari sekarang kalian mundur saja. Menjadi Pengusaha bidang pertanian itu membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Alasan terkuat kenapa lama menjadi seorang profesional, karena kita belum cukup pengetahuan tentang bisnis pertanian, pengalaman dilapangan tidak bisa ditukar dengan IPK yang tinggi, sayangnya di universitas kalian tidak diajarkan bagaimana menjadi wirausaha yang tahan banting. Bisa saja cepat untuk berkembang namun kalian harus memiliki jaringan dan sambil belajar diluar kuliah. Mengandalkan pelajaran diperkulihan jelas itu pekerjaan bodoh jika kalian tidak dibarengi belajar diluar.

Untuk menjadi nomor satu di pertanian membutuhkan strategi yang mapan dan sudah cukup untuk memberikan dampak yang nyata, pertanian tidak bisa terlepas dari sosial dan idealisme karena pekerjaan ini melibatkan banyak orang.

Jika buat kalian yang ingin masuk kuliah pertanian maka targetkan terlebih dahulu apa tujuan kalian masuk ke fakultas pertanian. Jangan karena ikut teman atau diberikan opsi oleh orang tua. Jika kalian sudah lulus jangan putusasa untuk berusaha membangun jaringan pada usaha kalian.

Tipe orang yang menjadi wirausaha itu sangat langka sekali, biasanya setelah kulah hanya ingin langsung kerja dan hanya sedikit yang mau menjadi wirausaha dibidang pertanian.

Pelajari pemasaran, inovasi pertanian, teknologi pertanian dan perluas jaringan atau kenalan-kenalan kalian yang bisa menguntungkan buat perusahaan yang kamu bangun.

Sekarang ini serba mudah maka saya rasa tidak ada alasan untuk putusasa karena hanya memikirkan sesuatu yang kalian anggap rumit. Pilihannya tinggal dua mau atau tidak mau, itu udah lebih dari cukup.

Usaha Bangkrut
Jenjang karir teknik pertanian kalo wirausaha mentok dari kegagalan adalah bangkrut atau rugi yang sagat menguras otak. Kalian menjadi pemimpin dan semua keputusan ada ditangan kalian, untuk lebih jelasnya tentang wirausaha ada dibagian pedoman agrotani bagian bab agribisnis.

Menjadi kariawan Bidang Pertanian

Kebanyakan dari rekan-rekan yang sudah bekerja di bidang pertanian itu pada pelit soal info lowongan kerja. Kebanyak mereka mengamankan dirinya terlebihdahulu sebelum menyebarkan informasi lowongan kerja pada kamu.

Ini yang terjadi, ketika kamu sangat membutuhkan pekerjaan, sudah pasti bodoamat yang penting dirinya masuk kerja terlebihdahulu, ada juga yang berpura-pura tidak tahu tentang informasi tersebut.

Jika kalian ingin menjadi kariawan di bidang pertanian maka kalian harus benar-benar cepat dalam menerima informasi lowongan kerja, bagikan informasi tersebut karena tidak akan merugikan ketika membagikan informasi lowongan kerja.

Hubungan antar kuliah dan bekerja mungkin sedikit mirip karena kuliah memang dirancang untuk menjadi kariawan yang berpengalaman dan wirausaha. Namun dilapangan membutuhkan usah keras dalam mengmbangkan kemampuan yang mungkin jauh sekali ketika kalian kuliah.

Kuliah yang hanya pulang pergi sebenarnya sangat baik dimata penilai pelajaran, namun jangan salahkan siapapun ketika pengetahuan kalian terbatas karena malas untuk berkembang. Jika kalian hendak menjadi mahasiswa pertanian perbanyaklah membaca buku dan berdiskusi dengan teman-teman kalian.

Pekerjaan ditolak

Akhirnya yang ditakutkan itu suka terjadi tiba-tiba peluang kerja sarjana pertanian sudah terjadi.

Saya rasa ini sudah cukup jelas jika ada penolakan kerja bahwa sarjana yang kalian dapat itu terkadang mendadak tidak berguna, jangan putus asa untuk mencoba kembali dan cobalah melamar ke perusahaan lain. Lengkapi persyaratan yang diminta dan tentunya tunjukan bahwa kita layak bekerja diperusaan itu.

Catatan :

Saya rasa kalian tidak terlalu puas dengan potongan artikel ini, ada panduan agribisnis untuk menunjang kalian agar bisa fokus tentang tag ini. Selebihnya tinggal kalian yang menentukan mau jadi wirausaha atau menjadi kariawan. Kedua pilihan itu ada kelebihan dan kekurangannya dan sama saja tidak ada yang rendah dalam pekerjaan.