Cara Baru Menanam Durian Montong Cepat Berbuah

ID 10807

Agrotani.comCara Baru Menanam Durian Montong Cepat Berbuah – Buah durian merupakan buah yang memiliki aroma bau yang tajam. Dalam pemelihataan tanaman ini tergolong mudah, tanaman ini membutuhkan proses waktu untuk berbuah lebat. Namun ada beberapa cara untuk membuat tanaman ini cepat berbuah. Banyak sekali jenis-jenis buah durian di Indonesia yang sering dijumpai. Rasa yang enak dan aroma yang khas ini menjadi dayatarik tersendiri.

Durian untuk di Indonesia sendiri cukup baik pada pasaran yang ada. Hal ini merupakan peluang yang besar untuk anda membuat usaha budidaya. Durian montong rasa yang sangat enak dan memiliki daging yang tebal dibandingkan dengan jenis – jenis durian lainnya.

Untuk cara agar durian anda berbuah lebat ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Mulai dari penanaman, perawatan, sampai pada proses pemanenan. Yang kita targetkan untuk penanaman pembesaran buah agar secara maksimal, terletak pada kesehatan tanaman yang kita budidayakan. Perawatan yang rutin dan kontrol hama dan penyakit. Untuk varietas montong juga ada beberapa jenis, walau anda memiliki bibit yang bagus namun pemeliharaan yang jelek maka percumasaja, buah yang dihasilkan akan menurun.

1. Pemilihan Bibit

Dalam budidaya kita tidak lepas dengan pembibitan dan anda harus memiliki kemampuan memilih bibit yang berkualitas. Ada 2 cara untuk mencari varietas yang bagus dan unggul, anda membuatnya atau anda membelinya.

Membuat benih.
Membuat benih bisa anda mencangkok bagian tanaman durian yang anda perhatikan berproduksi bagus. Anda juga bisa membibitkan mulai dari biji, namun juka anda menanam dari biji ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika anda memulai menanam dari biji mungkin berbeda sifat dengan induknya, jadi harus ekstra membuat pembibitan secara benar agar kualitas yang dihasilkan akan bagus.

Membeli bibit durian.
Jika anda tidak ingin repot dan ribet, mungkin pilihan ini cocok untuk anda. Membeli bibit pada toko pertanian atau anda bisa lengsung ke penjual bibit. Tentunya disana tersedia beberapa jenis varietas durian montong yang secara masal di bibitkan oleh mereka. Biasanya bibit yang anda akan beli memiliki sartivikat yang sudah teruji produksinya.

2. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam yang baik kan mendukung durian montong anda tumbuh dengan sehat. Seharusnya kita memberikan unsur hara yang cukup dan media tanam yang di inginkan oleh pohon durian. Perhatikan dan cek dari sekarang mulai dari tanah, pH asam dan basa tanah, pengairan, hingga saat panen.

3. Membersihkan Lahan

Bersihkan gulma (rumput) dan bebatuan yang akan kita jadikan lubang tanam. Tanaman durian yang akan kita tanam ini masih kecil, jangan biarkan tanaman ini bersaing dengan tanaman lain yang akan mengganggu pertumbuhan durian montong anda.

4. Membuat Bedengan

Buat lah bedengan dengan ukuran 30 cm, anda bisa menggunakan cangkul dalam langkah ini, buat tanah yang akan ditanam menjadi gembur. Campurkan tanah yang gembur tersebut dengan pupuk kandang, pupuk kompos dan lebih bagus lagi jika anda menambahkan pasir atau sekam padi kedalam campuran media tersebut. Ukuran bedengan yang cocok untuk tanaman anda lebar 1 m dan panjang 2 m, dan dosis pupuk sebanyak 5 kg. Campuran media tanam anda harus didiamkan terlebihdahulu selama 5-7 hari untuk bisa dipakai.

5. Perhatikan Jarak Antar Tanaman

Ukuran jarak antar tanaman yang bagus antara 19-12 meter. Luas lahan yang digunakan sangat berguna sekali ketika tanaman anda sudah besar apalagi ketika tanaman sudah mulai berbunga dan berbuah.

6. Cara Menanam yang Benar

Saya anggap anda sudah memiliki bibit dan membuatnya siap untuk ditam. Biasanya bibit durian yang sudah siap untuk ditanam memiliki ukuran tinggi 75 cm sampai 160 cm. Hati-hati ketika anda menanamnya, karena anda bisa merusak tanaman tersebut. Jika tanaman anda dalam polybag maka sobek terlebih dahulu menggunakan pisau dan jangan sampai melukai perakaran, biarkan tanah yang menempel dalam perakaran, tanah yang menempel di perakaran berfungsi sebagai pembantu adaptasi bibit durian pada lingkungan barunya.

Penanaman yang di perlukan dengan mengubur pada batas leher batang. Tutup bagian atas bedengan dengan jerami kemudian siram. Tidak sampai disitu, anda juga harus membuat nanguan agar tanaman durian anda tidak kering dan tidak mati, pastikan kelembaban yang sesuai pada media.

7. Pemeliharaan Pohon Durian Montong

Dalam tahapan baru ini mengkin tanaman kita sedikit manja dan membutuhkan perhatian anda. Perlakuan yang anda berrikan agar perawatan ini bisa dilakukan dengan baik maka anda harus melakukan penyiangan secara perkala. Penyiangan dapat mencegah persaingan yang dapat menghambat tanaman anda.

Pemupukan
Pemupukan dengan durian bisa dibuat dengan solokan. Buatlah solokan yang ditujukan pada pemupukan, solokan yang sudah jadi kemudian anda bisa menaburkan pupuk kedalamnya. Solokan ini lebih baik anda buat melingkar dan mengelilingi tanaman anda jadi pupuk mudah ditemukan oleh akar durian. Untuk tahapan pertama anda tidak perlu memberikan pupuk non-organik, jika umur tanaman anda berumur tiga bulan baru anda bisa menambahkan pupuk NPK sebanyak 200 gram per tanaman. Untuk selanjutnya anda memberikan pupuk setengah tahun sekali dengan dosis yang lebih besar karena kebutuhan tanaman saat ini lebih suka makan. Saya sarankana anda menggunakan pupuk organik dalam hal pemupukan.

Penyiraman
Penyiraman untuk tanaman yang baru anda tanam dan dirasa masih kecil, lebihbaik anda melakukan penyiraman pada pagi atau sore hari. Namun jika tanaman sudah besar mungkin sedikit tidak merepotkan anda karena mereka bisa mencarinya sendiri. Lihat kelembaban tanah, jika masih lembab maka penyiraman tidak perlu kita gunakan.

Saya harap anda bisa menanamnya sekala yang lebih besar, konon tanaman durian harus di tanam lebih dari dua, katanya jika sepasang durian bisa lebih cepat berbuah namun saya tidak tahu yang jelas dari yang saya pelajari tidak seperti itu. Semoga anda berhasil menanamnya dan berbuah lebat. Jika ada pertanyaan anda bisa bergabung di Forum Agrotani.

Durian