Nanas

PERTANIAN
Nanas,5 / 5 ( 1voting )
-Sponsor Agrotani-

buah-nanas

Agrotani.com – Anda tentu kenal dengan buah nanas yang sangat besar manfaatnya bagi pengkonsumsinya. Nanas sangat cocok sekali sebagai pelengkap nutrisi kita. Manfaat buah nanas begitu banyak sebagai obat untuk penyakit. Negara amerika sangat percaya bahwa buah – buahan adalah obat yang tepat dan manjur bagi segala penyakit. Semua penyakit bisa di cegah asalkan kita tahu bagaimana cara pengolahanya sebagai obat, bahkan untuk perut buncit sekalipun bisa di tanggulangi dengan buah – buahan termasuk nanas.

Asal dan Negara Penghasil


Nenek moyang nanas berasal dari pulau-pulau di india Barat. Nanas diproduksi di negara-negara Afrika Selatan, Amerika Tengah, Hawai, India, Thailand, Pantai Gading, Philipina, Brasilia, Afrika Selatan, Kenya dll. Uni Eropa mengimpor nanas terutama dari Pantai Gading hampir (93%) dan selebihnya dari Kenya, Costa Rica, Equador, Columbia, Brasilia, Afrika Selatan dan Malaysia.

Nilai Gizi Terkandung


Buah nanas segar mengandung enzim bromelin yang bekerja memecah protein yang terkandung di dalam makanan, sehingga dapat membantu kerja lambung tanpa harus mengeluarkan asam lambung berlebihan. Selain itu buah nanas memiliki efek deuretik oleh karena itu baik untuk program pengurusan badan.

Nanas mengandung banyak vitamin A, B dan C, kalsium dan berkalori rendah, Juice nanas segar dapat menyegarkan penderita demam dan influensa. Buah nanas biasanya dimakan sebagai buah segar, coktail, selai, manisan kering, juice dan untuk campuran masakan daging unggas, ikan dan pizza.

 

Cara Menyimpan


Nanas adalah buah yang bersifat nonklimakterik untuk itu harus dipanen pada kondisi masak keras, kalau tidak, aroma tidak maksimal. Transportasi jarak jauh dalam kondisi masak keras suhu 10°C sudah cukup efektif, namun untuk transportasi atau penyimpanan nanas yang sudah masak lunak dapat bertahan selama 4 minggu di bawah suhu 6°C.

Penyimpanan yang mengutamakan mempertahankan aroma, dapat dilakukan dengan suhu 15 °C, akan tetapi daya simpannya menjadi lebih pendek. Suhu 5 °C akan menyebabkan flek-fiek hitam pada daging buah nanas. Buah nanas sangat peka dengan tekanan mekanik, untuk itu dalam pengangkutan harus ekstra hati-hati jangan sampai terpukul maupun terbanting.

Informasi lain dikatakan penyimpanan dengan suhu 6-7 °C, buah nanas segar dapat bertahan sampai 2 minggu. Daya simpan sangat dipengaruhi oleh kultivar dan kondisi lingkungan budidaya.

Kondisi Tumbuh yang sesuai


Nanas tidak memilih jenis tanah untuk pertumbuhannya asalkan memiliki grainase yang baik karena nanas tidak tahan kondisi tumbuh yang berlebihan air, becek atau tergenang. Dapat tumbuh pada daerah dengan curah hujan 500-2000 mm/tahun tetapi produksi optimal diperoleh pada daerah dengan curah hujan 1000-1500 mm/ tahun.

Nilai pH tanah yang baik untuk nanas adalah 5-6,5. Nanas dapat tumbuh dan berproduksi pada ketinggian tempat 100-1100 m dpl. Pada tempat yang lebih tinggi nanas akan menghasilkan buah berukuran kecil. Nanas diperbanyak dengan cara vegetatif seperti anakan atau mahkota buah. Nanas ditanam dengan sistem bedengan dengan jarak antar baris 75-90 cm.

Baca Juga :