Kesemek

Di KAMUS
Kesemek,5 / 5 ( 1voting )

Kesemek

Asal dan Negara Penghasil

Berasal dari daerah subtropis China dan sekarang dapat dijumpai di daerah-daerah yang beriklim subtropis dan sedang seperti di negara Jepang, Brasilia, Turki, Israel, Spanyol, Prancis, Italia, USA, New Zealand, dan Chili, Jepang dan USA memproduksi kesemek hanya untuk kebutuhan dalam negeri.

Italia mengekspor 10% dari produksinya yaitu sekitar 60.000 ton. 60% ekspornya ditujukan ke negara-negara anggota Uni Eropa sedangkan sisanya (40%) ke negara-negara Eropa yang lain, Pasar kesemek Eropa juga diisi oleh Brasilia, lsrael dan Columbia. Peru dan Chil mengekspor kesemeknya ke negara-negara Amerika Utara dan Amerika Selatan, New Zealard dan Australia dengan mutu yang prima memasok pasar Asia terutama Jepang

Nilai Gizi Terkandung

Kesemek dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A tinggi. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata, Vitamin A yang terkandung bervariasi dari 200 sampai 4000 IU atau 1,6 mg/100 g daging buah segar sehingga kebutuhan vitamin A harian orang dewasa hampir terpenuhi dengan memakan 1 buah kesemek saja.

Di dalam 100 g daging buah segar terkandung sekitar 69 kcal (290 k), 16 mg vitamin C. Kecuali itu kesemek juga mengandung protein, karbohidrat dan zat penyamak. Buah muda (belum matang penuh) mengandung zat penyamak dalam takaran yang tinggi sehingga buah yang belum matang tidak enak dimakan.

Cara Menyimpan

Kesemek di Eropa jatuh pada bulan oktober Nopember dan untuk menekan risiko kerusakan dalam pengangkutan, kesemek sebaiknya dipanen pada saat matang tetapi daging buahnya masih keras. Suhu penyimpanan -1 °C dan kelensbaban udara relatif 90- 95% dapat mengawetkan buah kesemek selama 3 sampai 4 bulan.

Kesemek sangat peka terhadap ethylene, oleh karenanya jangan disimpan dalam satu ruangan dengan buah-buahan yang mengeluarkan gas ethylen. Pada suhu simpan 0-4°C kesemek matang hanya bertahan 10-14 ha

Kondisi Tumbuh yang Sesuai

Kesemek adalah jenis tanamam buah yang tumbuh dan berproduksi memuaskan pada daerah subtropis dan pada daerah bersuhu hangat, namun ada peluang dibudidayakan di daerah tropis pada ketinggian 600-1000 m dpl. Di Jawa kesemek tumbuh dan menghasilkan dengan baik pada ketinggian 1000 m. Dpl. Kesemek yang ada di Jawa berasal dari klon yang diintroduksi dari China 50 tahun silam.

Ada informasi bahwa kesemek tidak cocok untuk iklim tropis dataran rendah tetapi tidak dijelaskan faktor apa yang menjadi kendala. Namun diduga tanaman ini memerlukan suhu rendah untuk mematahkan dormansi. Kesemek toleran terhadap kisaran suhu yang lebar dan kelembaban tanah, Tanaman muda dilaporkan peka terhadap panas terik matahari dan apabila tidak dinaungi dapat mengakibatkan kematian.

Tanaman ini memiliki suhu optimum untuk fotosintesis 20°C sehingga suhu tinggi akan menurunkan kemampuan fotosintesisnya. Mutu buah yang meliputi berat buah, warna kulit dan kandungan bahan padat serta kandungan tanin sangat dipengaruhi oleh suhu siang/malam.

Suhu siang malam yang terbaik adalah 25°C/25°C. Kesemek dapat tumbuh pada jenis tanah yang bervariasi tetapi tanah yang paling baik adalah tanah geluh dan geluh pasiran yang berdrainase baik. Nilai pH tanah yang baik adalah 6 – 7 dan apabila ditanam pada pH rendah (masam) akan terjadi keracunan pada kandungan (Mn) yang mengganggu bentuk buah.

Kesemek sangat peka terhadap kadar garam tinggi sehingga tidak dianjurkan menanami tanah dengan kadar garam tinggi atau tidak dianjurkan menggunakan air bersalinitas tinggi sebagai air irigasi.

Baca Juga :

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman Kesemek

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani