Keunggulan Budidaya Kacang Hijau Dibandingkan yang lain

2639 views Di PERTANIAN

Agrotani.com – Keunggulan dari kacang hijau yang sampai saat ini tanaman ini masih populer memiliki ketahanan hidup yang baik. Kacang hijau tergolong pada tanaman pangan yang di jadikan masyarakat sebagai tambahan makanaan. Tanaman pangan ini telah tersebar luas di semua daerah indonesia dan sudah lama dibudidayakan di Indonesia.  Kelebihan kacang hijau dibandingkan dengan jenis kacang lain yaitu mampu hidup dan berbuah di daerah kering.  Bukan hanya itu,  pada musim kemarau,  kacang hijau mampu hidup dengan baik. Kacang hijau juga tahan terhadap hama dan penyakit.  Buktinya,  jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman kacang hijau relatif lebih sedikit.

Kacang Hijau

Tentu saja risiko kegagalan berbudidaya akan semakin kecil. Sistem budidaya tanaman kacang hijau relatif mudah.  Dalam pemasaran kacang hijau memiliki harga yang setabil di bandingkan dengan harga kacang yang lain. Masalah yang sering timbul dalam budidaya kacang hijau di Indonesia sering rendahnya produksi dan produktivitas.

Pada umumnya produksi kacang hijau rata-rata mencapai 0,6 ton ditingkat petani.  Hal ini dikarenakan sistem budidaya yang diterapkan petani masih bersifat tradisional dan belum mengadopsi sistem teknologi budidaya yang tepat dengan penggunaan bibit unggul (varietas unggu),

Budidaya tanaman kacang hijau bisa kita tingkatkan dengan berbagai upaya, jika sistem agribisnis kita terapkan secara benar dan menyeluruh maka budidaya tanaman ini sangat layak sekali untuk dijadikan sebagai usaha.

Baca Juga :

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman #Tanaman Kacang Hijau

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani

Teknik Baru Untuk Menanam Bawang Merah Di Musim Hujan Hasil melimpah
Teknik Baru Untuk Menanam Bawang Merah Di Musim Hujan Hasil melimpah
Cara sukses budidaya buncis secara organik hasil melimpah
Cara sukses budidaya buncis secara organik hasil melimpah
Cara Panen Dan Pasca Panen Tanaman Bayam