Cara membuat pupuk bokashi

Di PERTANIAN

pupuk-bokasiBokashi dipopulerkan pertamakali di Jepang sebagai pupuk organik yang bisa dibuat dengan cepat dan efektif. Terminologi bokashi diambil dari istilah bahasa Jepang yang artinya perubahan secara bertahap. Sedangkan EM4 merupakan jenis mikroorganisme dekomposer untuk membuat pupuk bokashi. EM4 dipopulerkan oleh Prof. Dr. Teruo Higa dari Jepang.

Dalam budidaya anda harus memberikan kelayakan terlebih dahulu pada syarat tumbuh tanaman. Apa senbenarnya yang dibutuhkan oleh tanaman budidaya anda, dan sekarang anda berusaha mencari permasalahanya. Suatu langkah yang sangat tepat sekali, ya anda membutuhkan pupuk organik asal Jepang ini yaitu Bokasi. Bokasi dipopulerkan pertamakali di Negara Jepang, jenis pupuk organik ini banyak diterapkan di negara-negara lainya termasuk di Indonesia karena kecepatan dalam kematangan fermentasi yang sangat unggul. Terminologi bokashi diambil dari istilah bahasa Jepang yang artinya perubahan secara bertahap.


Panduan lengkap cara membuat pupuk bokashi yang baik dan benar


Tidak terlalu sulit untuk membuta pupuk bokasi karena bokashi relatif lebih cepat dari pengomposan konvensional. Hanya membutuhkan waktu 1-15 hari saja sejak dibuat. Jadi pembuatan pupuk ini bisa anda kerjakan di rumah maupun lahan pertanian yang lebih luas, pupuk ini sangat berguna sekali untuk kesuburan tanah dan memberikan unsurhara bagi tanaman.

Juka anda memberikan pupuk bokasi kepada tanah maka kesuburan di dalam tanah akan semakin baik. Dampak fisik yang terlihat memanglah tidak langsung terlihat, namun jika diberikan terus menerus kepada tanah maka tanah akan terlihat subur dan gembur.

Mikroorganisme dekomposer (EM4)


Anda harus menyiapkan beberapa bahan untuk membuat pupuk bokasi yaitu mikroorganisme dekomposernya. Mikroorganisme berfungsi sebagai bakteri pengurai pada bahan organik yang anda akan jadikan pupuk bokasi. Umumnya mikroorganisme yang banyak digunakan untuk membuat pupuk bokasi adalah EM4. EM4 anda dapatkan ditoko pertanian terdekat dengan harga yang relatif murah. Larutan EM4 terdiri dari mikroorganisme yang diisolasi secara khusus untuk menguraikan sampah organik dengan cepat. Anda harus tahu di dalam larutan EM4 terdapat ragi, bakteri fotosintesis, bakteri asam laktat (Lactobacillus sp) dan Actinomycetes.

Jika anda sudah mempunyainya dirumah, anda bisa membuatnya dengan memanfaatkan bahan organik dirumah. Seperti yang kita ketahui pemakaian untuk membuat bokashi membutuhkan EM4 yang diencerkan terlebihdahulu karena jika tidak, bakteri tidak bekerja dengan baik maka proses pengenceran harus dilakukan. Jika anda ingin membuat EM4 sendiri dirumah anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah :

Bahan :

  1. Pisang dan kulitnya 0,5 kg
  2. Pepaya dan kulitnya 0,5 kg
  3. Nenas dan kulitnya 0,5 kg
  4. Sayuran hijau (kangkung/bayam) 0,25 kg
  5. Kacang panjang segar 0,25 kg
  6. Gula pasir 1kg
  7. Ragi tape 5 butir

Cara Membuat :

  1. Cingcang bahan-bahan seperti pepaya, nenas, pisang, kacang panjang dan sayuran yang ada atau anda bisa menggunakan Blender hingga teraduk rata (Homogen).
  2. Masukan bahan yang sudah anda tumbuk tadi kedalam tong atau ember.
  3. Masukan air 1 liter, gula pasir dan ragi tape kedalam ember yang sudah berisi bahan bokahsi.
  4. Aduk bahan tersebut hingga merata.
  5. Tutup wadah tadi rapat-rapat dan diamkan selama 7 – 8 hari.

Jika pembuatan EM4 efektif mikroorganisme (EM) yang anda buat sudah berhasil cairan akan berwarna coklat gelap atau hampir hitam, nah berarti air EM4 buatan anda berhasil, jika masih bingung anda bisa mencium bau pada cairan itu biasanya jika mikroorganisme yang tumbuh baik andan mengeluarkan bau yang khas. Jangan lupa saring terlebih dahulu agar hampas yang tercampur bisa terpisah dari larutannya. Cairan efektif mikroorganisme (EM) yang anda buat bisa digunakan untuk pembuatan pupuk bokashi. Untuk lebih rapih kami sarankan anda menyimpanya di dalam botol atau sejenisnya. Cairan yang kita buat tadi biasanya tahan hingga 6 bulan untuk digunakan tergantung anda menyimpanya. Untuk memanfaatkan bekas hampas dari bekas pembuatan tadi kita bisa gunakan sebagai pupuk kompos dan lebih bagus lagi jika dipadukan dengan pupuk kandang.

Membuat pupuk bokashi dengan jumlah besar


Anda jangan terpaku pada tutorial yang mengharuskan dari jenis tanaman apa dan harus mencarinya dimana, yang harus anda cari adalah bahan baku berjenis organik apapun itu atau sisa kotoran ternak dan lebih bagus lagi jika anda menggabungkan kedua jenis itu. Dalam hal ini berlaku juga untuk pembuatan pupuk bokashi sekala besar ataupun secara kecil hanyasaja dibedakan dari volume yang anda buat bahan bakunya seberapa banyak.

Tahapan pembuatan pupuk bokashi pertanian :

Bahan yang kami buat untuk pembuatan bokashi dan yang sudah kami buat adalah :

1. 50 kg arang sekam
2. 100 kg humus (top soil, berasal dari tanah hutan lebih baik)
3. 1 liter larutan dekomposer (EM4)
4. 50 kg serbuk gergaji/dedak
5. 200 kg jerami atau sisa hijauan
6. 600 kg kotoran ternak yang telah kering
7. 1 kg gula pasir

Anda bisa mengkrasikan bahan diatas ataupun menambahkanya dengan jenis – jenis bahan organik lainya. Sebelum anda membuatnya, tentukan terlebihdahulu tempat yang paling cocok untuk fermentasi, usahakan tempat yang teduh tidak terkena cahaya matahari langsung apalagi terkena air hujan.

Siapkan lubang berbentuk persegi panjang diatas tanah untuk bahan-bahan diatas, ukuran lebar 1 meter, panjang 2 meter dan dalam 30-50 cm jadi perkirakan yang bisa muat untuk bahan yang akan anda buat pupuk.

Kemudian masukan bahan-bahan yang akan di buat pupuk bokashi kedalam lubang yang sudah anda buat tadi, seperti cacah jerami atau hijauan kecil-kecil, bahan-bahan organik seperti kotoran ternak dan bahan-bahan organik lainnya. Jika dirasa tanah yang berada didaerah anda terlalu masam atau basa anda bisa menetralkan dengan menambahkan abu (Mg) dan kapur pertanian (Ca) atau kaptan di toko pertanian terdekat, tujuanya selain menetralkan pH bisa juga menambah unsur hara yang terkandung semakin banyak.

Langkah berikutnya anda tinggal menencerkan larutan EM4, perhitungannya jika 1 liter EM4 anda bisa larutkan sebanyak 200 liter air dengan gula pasir 1 kg, atau juka ada bisa menggunakan molase ( bekas perasan gula pasir biasanya ada di pabrik gula). Yang dibutuhkan untuk porsi yang anda buat ini biasanya membutuhkan 200 liter. Siram larutan yang sudah siap tadi ke bahan pupuk bokashi secara merata, usahakan bahan sudah terkena air larutan hingga kelembaban mencapai 30-40%. Jika anda masih bingung cara mengatur kelembaban, anda bisa menggunakan secara manual dengan meremas bahan pupuk, jika keluar air maka anda harus menambahkan bahan lagi, jika terlalu kering siram kembali, pokoknya ukuran yang pas ketika dilepaskan tidak mudah terurai atau terurai pelan-pelan.

Tutup semua bahan jika dirasa sudah siap untuk difermentasi menggunakan plastik atau terpal, proses prmentasi membutuhkan waktu 7-13 hari. Lihat perkembangan perubahan bahan dan atur suhu pada proses ini maksimal 45ºC. Jika terlalu panas maka anda cukup mengaduk bahan tersebut agar suhunya dapat turun dan sesuai lagi. Setelah 14 hari, biasanya pupuk bokashi sudah terbentuk dan bisa diaplikasikan langsung.

Membuat pupuk bokashi di rumah


Pupuk bokashi bisa dibuat dirumah dengan mudah, anda bisa memanfaatkan dari sisa-sisa makanan yang berjenis organik atau limbah dapur. Jenis limbah rumahtangga ini harus dipilah atau dipisahkan dari limbah rumah tangga organik dan non organik untuk dijadikan Pupuk bokashi. Dan hasil dari limbah tersebut juga sama jika anda membeli Pupuk bokashi yang sudah jadi dipasaran atau toko pertanian. Berikut ini adalah beberapa cara yang harus anda kerjakan :

Bahan-bahan :
1. Kumpulkan jenis makanan sisa yang berjenis organik apapun itu.
2. Tambahkan 5 kg dedak/serbuk gergaji, 5 kg arang sekam, 10 ml EM4 dan dua sendok gula pasir.

Siapkan satu tong plastik ukuran 200 liter. Buat lubang bagian bawahnya untuk mengeluarkan cairan hasil pengomposan. Cairan ini berguna sebagai pupuk organik cair.

Cara pembuatan :

  1. Potong kecil-kecil bahan organik sampai benar-benar kecil agar cepat dalam fermentasi, kemudian campurkan bahan seperti dedak/serbuk gergaji dan arang sekam.
  2. Encerkan 10 ml larutan EM4 dengan 1 liter air, tambahkan dua sendok gula pasir. Kemudian siramkan pada campuran bahan baku tadi.
  3. Larutkan 10 ml EM4 dengan 1 liter air biasa, kemudian tambahman 2 sendok makan gulapasir.
  4. Campurkan larutan itu dengan bahan organik yang sudah anda cincang tadi.
  5. Tutup tong tadi hingga rapat, atur kelembaban hingga 45ºC. Kemudian lihat perubahan, jika dilihat teksturnya merupai tanah maka sudah bisa dipastikan fermentasi anda berhasil. Kira- kira membutuhkan waktu 5-7 hari.

Baca Juga :

Pupuk bokashi sangat mudah sekali dilakukan baik sekala rumah tangga atau sekala besar untuk kebunya sendiri, namun dari sebagaian petani masih saja malas untuk membuatnya. Walau bagaimanapun anda adalah seorang petani yang hebat untuk menjadikan tanaman anda sehat dan merawatnya dengan baik.

Kami hanya meringkas dari pembuatan pupuk bokashi dan anda bisa membuatnya lebih baik dari tutorial diatas.

Ikuti kamu dan bergabunglah dengan kami di Komunitas Agrotani. . .

Kami tunggu untuk bergabung

Tag : #Pupuk #Pupuk organik

Artikel Terkait Cara membuat pupuk bokashi