Pupuk super ajaib agar tanaman cabe berbuah lebat

Di PERTANIAN

Agrotani.com – Bukan hal yang mudah untuk bertanam cabe, banyak sekali yang gagal dan ada juga yang untung. Entah kenapa para petani hampir semua petani cabe tidak kapok dan tidak bosan terus menertus bertanam cabe. Tanaman ini sudah di kenal sejak dulu dan sampai sekarang semakin bertambah peminatnya termasuk anda.

Pertanian yang sering sekali kita geluti banyak sekali tekateki yang sampai sekarang ini belum terpecahkan, dan kita ini adalah petani cabe, pupuk apa yang cocok untuk cabe agar tanaman cabe subur dan berbuah lebat ?


1. Menurunkan unsur Nitrogen (N).


Tentu anda tahu dengan kandungan N pada tanaman, fungsi N untuk merangsang pertumbuhan daun dan menghijaukan daun. Jika kita memberikan unsur N maka tanaman cebe anda bukan sibuk menyiapkan pertumbuhan buah cebe melainkan untuk membuat daun atau cabang daun yang lebat. Tanaman cebe diturunkan unsur N bertahap dan sedikit-demisedikit terutama fase tanaman berbunga maka tanaman yang ditanam tidak kaget dan bertahap mulus pertumbuhannya.

Biasanya unsur N dihasilkan dari pupuk Urea, sekitar 90% urea merupakan bahan N kimia bukan zat organik. Urea biasanya berbentuk butiran (prill) digunakan dalam pertanian sebagai pupuk kimia pemasok unsur nitrogen. Pada aplikasinya, urea akan terhidrolisis dan melepaskan ion amonium. Kandungan N pada urea biasanya terkandung 46%, namun yang tergunakan oleh tanaman biasanya separuhnya.


2. Meningkatkan unsur Fosfor (P).


Jika kandungan N di kurangi maka yang tentu tepat sekali pupuk yang mengandung unsur P apa saja, mulai tingkatkan unsur P pada fase pembentukan bunga dan fase pembentukan buah. Fungsi Fosfor (P) merupakan pelengkap atau perangsang pembentukan buah dan tentu sangat penting pupuk yang mengandung unsur ini di berikan pada tanaman cebe anda. Fosfor juga penting untuk fotosintesis, respirasi dan sintesa protein. Pupuk yang mengandung unsur (P) biasanya diabaikan petani, dan mereka tidak tahu bahwa tanaman meminta asupan unsur hara atau pupuk susulan yang tinggi dengan unsur (P).

Terus cara membedakanya ?

Untuk membedakan tanaman cebe anda kekurangan unsur (P) maka kita lihat pada bagian pohon. Tanaman cebe yang kekurangan fosfor biasanya memiliki daun yang kecil-kecil, seperti mengkerut, kaku, dan berwarna hijau gelap dan berantakan. Biasanya daun bawah atau daun tua sangat terlihat jelas gejalanya, maka penanggulanganya berikan pupuk yang mengandung unsur (P).

Penyebabnya apa ?

Penyebabnya biasanya anda tidak memberikan pupuk dasar yang baik pada awal tanam, seperti pupuk dasar yang di butuhkan saat pertama kali tanam, ini menyebabkan daun anda keredil. Namun jangan ambil kesimpulan dahulu jika danu cebe anda keredil disebabkan kekurangan unsur (P), karena tanaman cebe bisa saja terjadi karena serangan penyakit, maka sebelum menanggulangi lihat dahulu daunnya atau dampak yang terlihat.


3. Meningkatkan kandungan pupuk Kalium (K).


Setelah meningkatkan unsur (P) Kalium juka anda harus tingkatkan, kalium sangat dibutuhkan pada fase cebe anda sudah berbuah. Tanaman cebe yang kekurangan kalium biasanya menghasilkan buah yang tidak merata. cebe anda sangat rakus ketika buah sudah terbentuk.


4. Memberikan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh)


Sudah tidak asing lagi menurut saya soal ZPT ini, banyak tersedia di pasaran yang menjual (ZPT), pilih yang cocok di daerah anda, maksudnya kondisi tanah anda. Pemberian (ZPT) jika anda membuat cebe organik maka anda harus membuatnya secara manual dengan bahan organik yang ada di sekitar kita. Dan jika yang non-organik anda cukup membelinya di toko pertanian.


5. Mikroba Penyubur Tanah (MPT)


Bakteri yang berperan pada (Tanaman) :

  • Azotobacter sp.
  • Rhizobium
  • Penicillium
  • Bacillus

Mereka sanggup untuk meningkatkan hasil dengan cara mengaktifkan potensi-potensi mineral tanah yang tersembunyi dan tidak berfungsi.
Jadi pupuk apa yang cocok untuk meningkatkan hasil tanaman cebe agar berbuah lebat ?

Tentu anda tahu sendiri, yang berperan pada pupuk yang cocok adalah mengatur kandungan unsur hara yang cocok pada fase-fase tanaman cebe anda.

Jadi berapa biasanya kadar unsur hara yang dibutuhkan tanaman cebe saya ?

1. Fase pembentukan bunga = turunkan unsur N
2. Fase berbunga = tingkatkan unsur P
3. Fase berbuah = tingkatkan unsur K
4. Fase berbuah = berikan (ZPT)
5. Fase selanjutnya = aktifkan mikroba penyubur yang baik sekali untuk lahan anda.

Baca juga :

Tag : #Tanaman Cabai

author
Sekarang giliran anak muda yang nyangkul....!!!
Artikel Terkait Pupuk super ajaib agar tanaman cabe berbuah lebat