3 Cara Membuat Koperasi Pertanian Dengan Mudah

ID 1505

Agrotani.com – Kami sering memberikan pengarahan terhadap petani yang memang berpotensi dalam pengembangan mereka. Banyak hal dan kasus yang hadir dan tentu saja membutuhkan proses dalam penyelesaiannya.

Koprasi sangat berguna sekali untuk mengembangkan perekonomian yang terjadi. Koprasi simpan pinjam sangat berguna sekali untuk membantu petani yang membutuhkan modal dalam usaha budidayanya.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu kerjakan untuk membentuk koprasi ini :

1. Kelompok dan Sasaran


Kelompok tani atau gapoktan sangat memungkinkan sekali membuat koprasi pertanian, hal ini bisa di fungsikan untuk memberikan dampak yang nyata untuk anggotanya. Sejauh ini memang tidak ada koprasi raksasa yang berjuang di sektor kita, ada beberapa kendala yang memang harus fokus dan transparan dalam pengelolaanya.

Kelpok tani harus memiliki sasaran dan menyadari lahirnya koprasi ini untuk apa, jika kamu tidak memberikan kejelasan dan apa dampak yang bisa ditimbulkan dalam siklus koprasi ini, apakah berdampak baik atau tidaknya itu terserah kamu yang menjalankanya, jika awalnya sudah tidak semestinya maka akan sia-sia. Kita harus mengumpulkan orang yang memang sudah sejalan dengan kita untuk menciptakanya dan buat sasarannya.

Pengetahuan serta wawasan sudah jelas sangat dibutuhkan, kamu akan menemukan kesulitan dalam merekrut petani, ini sangat jelas membutuhkan waktu dan kepercayaan yang sangat besar. (Tentukan sasaran targetnya)

2. Setruktur Organisasi


Dalam membentuk koprasi harus orang yang terpercaya, bisa mengatur keuangan dan memberikan kebijakan yang ideal. Banyak koprasi yang berumur dangkal karena pengurusnya tidak bertanggungjawab. Jika kita berbicara tentang uang tentu saja itu sudah berbicara isi perut (bukan otak lagi yang bekerja), intinya sangat sensi sekali.

Jalan keluar yang harus kita lakukan adalah kemauan dan memberikan kepada orang yang terpercaya. Pilih lah pengurus yang akan kamu targetkan dan dinilai cukup ideal, jangan biarkan maling menjadi ketua dan mungkin kamu paham maksudnya.

Bentuk secara musyawarah dan kekeluargaan dan saling keterbukaan itu adalah jalan keluar yang baik sekali. Setiap anggota wajim mengetahui aliran dana dan pengurus wajib bersifat keterbukaan.

3. Buat susunan dan pelaturan


Pelaturan yang tidak jelas akan berdampak buruk bagi anggota dan berdampak baik untuk oknum tertentu yang menyalah gunakan. Buat semua pelaturan dan taati secara musyawarah bersama. Setruktur yang baik sangat memberikan dampak yang baik pada anggotanya, seringkali kita menemukan perdebatan karen kasus uang yang entah kemana dan tanpa ada peraturan tertulis dan pelaturan yang tidak tertulis menjadi koprasi ini bubar.

Keberlangsungan ini sangat menentukan kerjakeras kita untuk membentuk semuanya. Semu tentu berharap dan ingin semakin maju dalam ekonominya, hal ini harus kita ciptakan dengan saling mengerti antar rekan kita.

Persiapan awal

1. Anggota


Anggota kelopok koprasi harus memahami fungsi dan tujuan koprasi. Kumpulkan semua orang yang berminat saja, jangan melibatkan orang yang ikut-ikutan atau hanya memperlambat kelompok koprasi. Pilih lah anggota yang sudah kamu percaya jangan sembarangan orang untuk memasukan anggota.

2. Setruktur Organisasi


Setelah mendapat anggota kamu kumpulkan semuanya dan buat musyawarah tentang tujuan dan keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Semua bisa terjadi jika saja ada minat dari orang tersebut, karena jika tidak ada minat untuk maju dan berproses mungkin kamu akan kesulitan untuk mengumpulkannya.

Secara musyawarah bentu dan pada kumpulan tersebut pilih setruktur organisasinya seperti ketua, sekertaris, bendahara dan sebagainya.

3. Dokumen


Dokumen untuk menyimpan semua data, buat pelaturan tertulis dan uang masuk keluar untuk semua bidang yang ada pada ruang lingkup koprasi.

Jalankan dengan semestinya dan buat hal baru untuk trasparansi data pada setiap anggota yang terdaftar.

Catatan panduan :

Intinya kamu harus kumpulkan orang yang memang sudah sepemikiran dengan kamu, lakuakan dan sampaikan gagasan kamu untuk memulai ini semua. Jika saja kamu takut menghadapi masalah sendirian minta bantuan pada rekan atau teman untuk membantu menyelesaikannya. Jangan capek sendiri karena kamu membutuhkan bantuan dari orang lain.

Pastikan semua orang tahu bahwa ada koprasi promosikan dan berikan pemahaman apa itu koprasi dan keuntungan yang bisa didapat. Hindari perdebatan yang tidak berguna dan tidak menguntungkan untuk pengguna dan anggota lainnya.

Buat keputusan dan biarkan pertemuan rutinan tidak putus jadwalnya, jangan biarkan umur koprasi kamu singkat dan tidak tahan lama karena hal yang sepele.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa bahas di forum jika punya masalah. Untuk kamu yang baru datang dan ingin mempelajarinya bisa masuk dan bergabung bersama kami.

Terimakasi ….

Kelompok Tani