DAFTAR
MASUK

Cara Menyemai Benih Tanaman Sayur dengan Benar

ID 684 Di PERTANIAN
Cara Menyemai Benih Tanaman Sayur dengan Benar

Agrotani.comCara Menyemai Benih Tanaman Sayur – Menyemai benih tanaman sayuran berbeda dengan cara menyemai benih padi dan tanaman kacang-kacangan. Menyemai benih sayuran banyak sekali yang perlu diperhatikan, mulai dari media tanam, air, dan kelembaban tempat penyemaian benih. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, maka kegagalan dalam meyemai benih akan bisa diminimalisir sekecil mungkin.

Sebagian besar jenis tanaman sayur diperbanyak dengan biji. Hanya beberapa yang diperbanyak dengan cara lain. Misalnya, kentang diperbanyak dengan setek umbi. Labu siam diperbanyak dengan cara menanam buahnya yang telah tua. Bawang merah dan bawang putih diperbanyak dengan umbinya.

Cara Menyemai Benih Tanaman Sayur

Cara Menyemai Benih Tanaman Sayur

Benih tanaman sayur ditanam dengan dua cara, yaitu disemai lebih dulu dan ditanam langsung di lahan. Jenis sayuran yang benihnya bisa langsung ditanam adalah bayam cabut, kangkung darat, mentimun, kacang panjang, wortel. Adapun yang benihnya harus disemai dulu adalah cabai, tomat, dan seledri.


Benih Tanaman Sayur Ditanam Langsung


Tahapan penanaman benih sayuran dengan cara ditanam langsung adalah sebagai berikut :

  • Lahan dicangkul sedalam 20-40 cm disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Untuk tanaman berakar pendek, misalnya bayam cabut dan kangkung darat, cukup dicangkul sedalam 20 cm. Sedangkan untuk tanaman berumbi, misalnya wortel dan lobak, tanah harus dicangkul sampai kedalaman 40 ‘ cm. Dengan cara demikian pertumbuhan umbi akan leluasa.
  • Buat bedengan selebar 60-100 cm dengan panjang sesuai kebutuhan. Arah bedengan utara-selatan sehingga semua tanaman mendapatkan sinar matahari secara merata.
  • Penanaman bisa dengan cara memasukkan benih dalam lubang tanam. Setiap lubang tanam diisi 2-3 biji. Misalnya kangkung darat dan kacang panjang. Penanaman bayam cabut dengan cara menebarkan secara merata. Adapun penanaman wortel dengan cara menebarkan benihnya dalam alur dangkal .
  • Biji ditutup dengan tanah tipis-tipis
  • Setelah berumur dua minggu tanaman digerakkan ke kiri dan ke kanan dengan sapu lidi agar tanaman menjadi kuat.
  • Setelah berumur 3 minggu diberi pupuk urea 100-200 kg per ha yang ditebar:kan di antara barisan tanaman.
  • Setelah berumur sebulan, tanaman mulai diperjarang agar pertumbuhan tanaman bagus.
  • Penyiraman dilakukan setiap hari.

Benih Tanaman Sayur Disemaikan Dulu


Berikut ini adalah tahapan menanam benih dengan cara disemaikan terlebih dahulu.

  • Lahan yang akan digunakan dicangkul dan diberi pupuk kandang.
  • Buat atap semaian yang menghadap ke timur. Atap di sebelah timur lebih tinggi dari pada sebelah barat. Dengan cara demikian diperoleh sinar matahari pagi yang banyak dan terlindung dari sengatan sinar matahari sore. Fungsi naungan ini adalah untuk menjaga suhu dan kelembapan, serta mengatur banyaknya sinar matahari yang masuk.
  • Lahan disiram sampaijenuh, namun tidak menggenang.
  • Taburkan biji lalu ditutup dengan tanah tipis-tipis.
  • Setelah berumur dua minggu, tanaman muda ini dicabut pelanpelan. Berikutnya dipindahkan ke kantung-kantung plastik kecil yang telah diisi media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang/kompos. Simpan tanaman muda ini di tempat yang teduh.
  • Setelah berumur sebulan , tanaman ini dipindahkan ke kebun. Untuk melindungi dari teriknya matahari atau terpaan air hujan, tanaman muda ini dilindungi dedaunan. Setelah kuat, dedaunan bisa diambil agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

Demikianlah paparan tentang menyemai benih tanaman sayuran, baik dengan cara ditanam langsung maupun dengan cara disemai terlebih dahulu. Perhatikan langkah-langkahnya dengan teliti agar hasil persemaian menjadi tanaman yang sehat dan dapat dipanen sesuai harapan. Jika ada hal yang ditak bisa dimengerti atau kurang dipahami anda bisa bertanya dengan menggunakan kolom Forum pada website Agrotani ini, sebelumnya harus menjadi member terlebih dahulu.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

author

Tag : Persemaian Tag : Tanaman Sayur


Tinggalkan pesan "Cara Menyemai Benih Tanaman Sayur dengan Benar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.