DAFTAR
MASUK

Cara membuat cocopeat dari sabut kelapa yang baik dan benar

Cara membuat cocopeat dari sabut kelapa yang baik dan benar

Agrotani.com – Bagaimana menghasilkan cocopeat yang bagus ? dari awal pembuatan cocopeat kita harus tahu terlebih dahulu apa fungsi dan bagaimana cocopeat ini layak atau tidaknya sebagai media. Memang bagus sekali untuk tanaman yang kita akan budidayakan. Terkadang kita bingung memilih media tanam yang bagus itu seperti apa mulai dari daya peyimpanan air yang bagus hingga media tumbuh yang cocok untuk perakaran dan sebagai penegak tanaman.

Cocopeat bahanya mudah kita dapatkan yaitu sabut kelapa, saya yakin di daerah anda pasti banyak sekali kelapa. Sabut kelapa ini akan kita olah menjadi media tanam yang pas maka langsung saja kita buat.

Untuk menghasilkan cocopeat yang bagaimana bentuk yang sudah dibuat berbentuk butiran-butiran gabus. Yang diambil untuk pembuatan ini adalah kulit ari buah kelapa, anda bisa membuat dengan jumlah banyak jika bahan yang tersedia di daerah anda melimpah. Biasanya yang banyak ini dijadikan olahan cocopeat sebagai media tanam adalah petani hidroponik yang menekan pengeluaran untuk budidaya tanaman.

Kenapa anda harus menggunakan cocopeat sebagai media tanam ?

Cocopeat seimbang dalam mempertahankan kelembaban dengan artian tanaman tidak mudah sekali layu karena air yang tersimpan cukup lama pada cocopeat. Selain itu cocopeat juga bisa menetralkan kadar pH dan menyimpan unsur hara yang diberikan olah kita. Media ini sangat bagus sekali untuk anda yang memiliki hidroponik atau sebagai tanaman rumahan.

Jika anda ingin rapih dan menghasilkan cocopeat yang bagus sedikitnya anda harus memiliki mesin untuk membantu kita menghasilkan cocopeat yang bagus. Namun tidak menutup kemungkinan jika tidak ada mesin anda bisa mencacah setipis mungkin. Kita langsung buat saja cocopeatnya.

Alat – alat :


1. Siapkan sabut kelapa (sediakan seberapa kebutuhan anda yang akan dibuat)
2. Mesin pengayakan
3. Mesin pengepress

Cara membuat :


1. Yang pertamakali yang harus anda lakukan adalah mengurangi kadar air yang terdapat pada sabut kelapa. Jemur di bawah sinar matahari secara langsung. Prosentase di bawah 15%, untuk mencapai dibawah 15% biasanya membutuhkan waktu hingga satuhari penih. Untuk memastikan kadar air cukup mudah yaitu dengan menggunakan uji daya kadar air, jika anda membuat cocopeat seberat 5 kg maka setelah di jemur biasanya mencapai setengah kg.

2. Saya anggap anda sudah menyiapkan bahan cocopeat dengan kadar yang di tentukan. Langkah selanjutnya anda tinggal mengayak serbuk sabut kelapa. Hasil dari ayakan sabut kelapa itu namanya dust. Serbuk-serbuk yang anda ayak tadi harus dipisahkan dengan sabut kelapa yang masih besar-besar atau masih kasar.

3. Yang akan kita gunakan untuk membuat cocopeat adalah dust itu yang anda pisahkan tadi. Jadi sabut kelapa yang kasar biasanya digunakan untuk bahan bakar bata atau guci dari kerajinan. Jika anda ingin membuat bentuk dan ukuran anda bisa menggunakan bantuan mesin pengepress, bentuknya bisa beragam bisa kotak-kotak atau lingkaran bulat tergantung keinginan anda.

Jika anda membuat cocopeat sebagai sumber penghasilan anda, biasa anda kemas semenarik mungkin. Target pasaran biasanya berasal dari petani yang membudidayakan dengan hidroponik atau tanaman hias. Untuk pengaplikasiannya anda bisa menambahkan air kedalam cocopeat yang sudah jadi dan memasukan nutrisi atau unsur hara. Mengingat bahwa cocopeat ini sangat rendah sekali unsur hara yang terdapat pada serat-serat lapisannya maka anda harus menambahkan secara manual.

Anda bisa memberikan nutrisi berbentuk cair atau merendamnya sebentar pada nutrisi tersebut, jika diaplikasikan langsung maka pemberian pupuk harus rutin diberikan sesuai jenis tanaman yang anda budidayakan.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Cocopeat


Tinggalkan pesan "Cara membuat cocopeat dari sabut kelapa yang baik dan benar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.