Buah Jeruk yang Cocok Ditanam di Pekarangan

ID 27

Agrotani.Com – Menanam tanaman buah di pekarangan sekarang sudah menjadi trend tersendiri. Diantara tanaman buah yang sering ditanam di pekarangan adalah tanaman jeruk.

Kenapa jeruk sering di tanam di pekarangan? karena selain bisa dipanen buah jeruknya, tanaman jeruk juga memiliki nilai ekstetika tersendiri, mulai dari bentuk tanaman hingga bentuk daunnya sangat cocok jika dijadikan tanaman hias.

Di Indonesia sudah banyak sekali jenis-jenis tanaman jeruk yang dibudidayakan. Namun tidak semua tanaman jeruk cocok di tanam di pekarangan rumah. Lalu, jenis jeruk apa saja yang cocok di tanam di pekarangan?

Buah Jeruk yang Cocok Ditanam di Pekarangan

Untuk lebih jelas, mari kita simak Jenis Jeruk yang Cocok Ditanam di Pekarangan berikut ini :

  1. Jeruk Sunkist

Jeruk sunkis cukup terkenal di Indonesia, selain memiliki rasa yang manis, jeruk sunkist juga memiliki aroma yang segar.

Jeruk sunkist sangat cocok jika ditanam di pekarangan karena memiliki bentuk buah yang bulat, dan bentuk buahnya lebih kecil dari buah pada umumnya.

Selain dari bentuk buah, jeruk sunkist memiliki bentuk ekstetika yang unik, sehingga enak dilihat jika ditanam dipekarangan.

Namun, jeruk sunkist butuh perawatan yang intensif tentu saja harus di imbangi dengan pemahaman budidaya yang lebih.

Teknik budidayanya bisa dilakukan dengan cara sistem tabulapot. Sedangkan bibitnya bisa didapat dengan teknik cangkok, okulasi atau bisa kultur jaringan.

  1. Jeruk Nagami

Bentuk buah jeruk nagami terlihat unik, karena bentuknya agak lonjong. Selain itu jeruk nagami juga merupakan tanaman jeruk yang termasuk varietas unggul.

Dari bentuknya yang unik, jeruk jenis ini sangat bagus jika dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Namun selain itu, rasanya juga tidak kalah, karena memiliki rasa yang enak.

Selain itu, uniknya tanaman jeruk nagami bisa berbuah meski ketinggian pohonnya kurang dari satu meter. Dan juga termasuk salah satu jenis buah jeruk yang rajin berbuah.

Untuk teknik budidayanya, jeruk nagami bisa dibudidayakan dengan cara tabulapot. Dan enaknya tidak memerlukan perawatan yang begitu intensif.

  1. Jeruk Bali

Jeruk bali dikenal dengan ukuran buahnya yang sangat besar-besar. Memang jeruk ini ukuran buahnya lebih besar dari jenis jeruk pada umumnya. Dari segi rasa memiliki perpaduan manis dan asam.

Cocok di tanam di pekarangan rumah karena memiliki buah yang besar, sehingga terlihat unik dan memiliki nilai ekstetika tersendiri. Keunikan  lainnya adalah memiliki daging buah yang berwarna merah.

Teknik budidaya jeruk bali tidak jauh beda dengan jeruk pada umumnya. Bisa langsung di tanam langsung di halaman rumah, juga bisa ditanam dengan teknik tabulapot.

Untuk bibit, bisa didapat dengan cara teknik cangkok atau okulasi. Hal ini dikarenakan agar tanaman buah jeruk bali ini sesuai dengan indukannya, dan mudah berbuah. Dan bisa juga dari biji, hanya saja akan jauh lebih lama berbuahnya jika di tanam di pekarangan rumah.

Itulah beberapa tanaman buah jeruk yang cocok ditanam di pekarangan. Adakah yang cocok untuk di tanam di pekarangan anda?

Tanaman Jeruk