PERTANIAN DAN PETANI

Di PERTANIAN

jerami 2

AGROTANI.COMPetani Pria  – Petani adalah seseorang yang melakukan bercocok tanam di lahan pribadi atau memiliki hak penuh dalam menjalankan budidaya, petani yang maju sangat membantu bagi semua orang alasanya karena petani memberikan sarana hidup bagi masyarakat, bahan makanan yang berlangsung memberikan kita bisa bertahan hidup, kita bayangkan jika tidak ada petani kita mau makan apa ? tak heran petani di sebut sebagai pahlawan.

Menjadi Petani Yang Baik


Jika anda seorang petani anda harus memiliki pengalaman yang cukup dalam berbudidaya, kenapa saya katakan seperti itu, banyak lulusan sarjana pertanian yang lulus dengan gelar S1 namun dalam pelaksanaan di lapangan kurang terampil dalam pengaplikasian, hal ini karena pengetahuan dasar tidak cukup untuk bertani, bertani tidak mudah, contohnya petani harus pintar dalam melihat karakter iklim di daerahnya sendiri, dimana musim yang berganti dengan pengalaman yang petani punya bisa menurunkan resiko gegalan dalam berbudidaya, ada baiknya anda bertanya kepada petani yang berpengalaman tentang musim tanaman.

 

Petani Adalah Pemilik Penuh


Pemilik penuh yang harus mengatur segala rencana, maksud saya petani yang mengatur tentang pemasaran serta bagaimana sasaran yang di tuju, petani bukan hanya bergelut dengan lumpur, kita tanpa sadar menjadi pimpinan yang menentukan keberhasilan, mulai dari pupuk yang anda butuhkan, keperluan debit air untuk satuan tanaman dan hal yang lainya. hal ini menjadikan pokok utama bagi anda, meperhatikan dan menjaga keseimbangan, harus di kaitkan dalam pelaksanaan.

Penting sekali menjadi seorang petani yang memiliki hasil panen yang berlimpah, seorang petani ketika tanama yang dia budidayakan tumbuh sehat merupakan sebuah pencapaian yang sagat luarbiasa dan rasa kebanggaan tersendiri. Kita harus pintar dalam hal ini, menaikan jumlah peroduk yang di hasilkan harus benar-benar tersusun.

Jika sasaran pemasaran anda ke pasar, petani harus melihat peluang tanaman apa yang sedang di buru oleh konsumen, memang hal ini membutuhkan anda waktu dalam melihat pasar, terutama harga budidaya yang kita tanam tidak menentukan dan tidak menjamin produk yang di jual akan memuaskan, anda harus memiliki kenalan dari orang pasar untuk sasaran penjualan peroduk dan cari tahu informasi yang anda butuhkan, JANGAN LIBATKAN PIHAK KETIGA, percuma jika anda mahir dalam berbudidaya namun dalam pemasaran anda masih mengandalkan pihak ketiga, saya sarankan anda langsung menjual kepada pasar tanpa perantara. Anda adalah seorang petani yang memiliki peran penting dalam penghasilan pendapatan, secara tidak langsung anda adalah seorang pemimpin dalam mengambil segala keputusan berbudidaya, jadi lakukan lah yang terbaik untuk mencapai yang di inginkan sesuai tujuan anda.

Banyak sodara kita yang kesulitan untuk mendapat tujuan yang di inginkan, karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman di dalam keputusan yang akan di ambil, ini bukan zaman dahulu lagi petani berbudidaya tanpa ada kreasi tersendiri, bukan lagi zaman barter tukar barang dan lalu selesai permasalahan, petani sekarang di tuntut bisa memanajemen segala hal yang bersifat menentukan hasil peroduksinya dan hasil ekonomi yang tepat, memang ini bukan perkara mudah buat kita karena tidak sama seperti memakan cabai yang sekali makan langsung terasa, petani harus banyak belajar dalam pengolahan dan setrategi kedepan pada pemasaran. Seperti yang saya singgung di atas kebanyakan dari petani dalam hal pemasaran yang di lihat sekarang sangat lemah sekali mulai dari melihat peluang usaha hingga menaikan hasil dan nilai tambah produk, berikut interaksi dari sejumlah penelitian yang kami rangkum.

Baca Juga :

Buat pertanyaan

Tag : #Petani

Zenzen Zainudhin

Seni adalah bertani

Tips sukses budidaya tanaman agar tidak gagal panen
Tips sukses budidaya tanaman agar tidak gagal panen
Tips Menjadi Petani Sukses
Tips Menjadi Petani Sukses
Apa Itu PETANI ? Kenapa Menjadi PETANI ?
Apa Itu PETANI ? Kenapa Menjadi PETANI ?
Pertanian modern yang baik dan benar
Pertanian modern yang baik dan benar
Menurunnya Minat Menjadi Petani Muda
Menurunnya Minat Menjadi Petani Muda
3 Cara Mudah Membuat Kelompok Tani
3 Cara Mudah Membuat Kelompok Tani