Pepaya

Di PERTANIAN
Pepaya,5 / 5 ( 1voting )

Buah Pepaya

Asal dan Negara Penghasil

Pepaya diduga berasal dari daerah Amarika Tengah sebelah selatan Mexico. Dari daerah asal kemudian dibawa oleh para pelaut Spanyol ke daerah-daerah lain benua Amerika dan Asia. Negara negara penghasil pepaya dunia terbesar adalah Brasilia, Mexico, India, dan Indonesia.

 

Nilai Gizi Terkandung


pepaya mengandung banyak vitamin A, CBI dan B2. Kecuali itu pepaya mengandung erzim papain yang berfungsi memecah protein. Karena mengandung papain, pepaya dapat membantu memperbaiki kinerja pencernaan.

 

Cara Menyimpan


Buah yang dipetik dengan kriteria hijau tahan disimpan sampai 3 minggu dengan suhu 10-13°C dan kelembaban udara relatif 90%. Buah yang sudah matang penuh sangat peka terhadap tekanan sehingga sangat mudah rusak. Untuk itu eksport pepaya menggunakan transportasi udara.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

 

Kondisi Tumbuh yang sesuai

Lokasi tumbuh yang memiliki curah hujan 1000-2000 mm/ tahun dan berangin sangat cocok untuk tanaman pepaya. Suhu udara optimum 22-260 dengan kelembaban udara sekitar 40% Pepaya akan tumbuh baik pada tanah yang subur dan banyak mengandung humus yang mampu menyimpan air dengan baik serta berstruktur gembur.

Nilai pH 6-7 sangat mendukung pertumbuhan pepaya. Air yang menggenang dapat mendukung perkembangan jamur penyebab penyakit akar. Kekurangan air dapat menyebabkan kerontokan bunga dan daun. Permukaan air tanah yang ideal untuk tanaman pepaya 50-150 cm dari permukaan tanah. Pepaya tumbuh baik pada ketinggian 700-1000 m dpl.

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman Pepaya

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani
Cara Menyemai Biji Pepaya agar Tumbuh Subur
Cara Menyemai Biji Pepaya agar Tumbuh Subur
5 Manfaat penting daun pepaya untuk kesehatan lele budidaya
5 Manfaat penting daun pepaya untuk kesehatan lele budidaya
Cara mudah menanam pepaya di pekarangan rumah agar cepat berbuah lebat
Cara mudah menanam pepaya di pekarangan rumah agar cepat berbuah lebat