Khasiat ajaib tanaman tapak lima sebagai obat

Di KESEHATAN

Agrotani.com – Tapak lima atau Elephantophus scraber L. merupakan jenis tanaman obat yang bisa menyembuhkan penyakit. Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia dengan tumbuh subur dan pertumbuhannya cukup cepat. Tanaman Tapak lima bisa digunakan sebagai obat dengan bentuk segar, kering dan melalui pengolahan lagi seperti diekstrak, ekstrak di buat dengan bentuk kapsul.

Tapak lima memiliki kandungan yang sangat baik untuk pengobatan, kandungannya Deoxyelephantopin, Dotriacontan-1-ol, Elephantopin, Epriellinol, Lipenol, Lupeol, Lupeol acetat, Stigmasterol, Triacontan dan Triacontan-1-ol. Dengan kandungan tersebut tanaman ini mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti penyakit influenza, peradangan pada mata, peradangan pada tenggorokan, keputihan atau peradangan pada rahim, amandel yang meradang dan terjadinya peradangan pada ginjal.

Untuk membuat ramuan tradisional ini sangat mudah, anda hanya membuat tanaman Tapak Lima ini menjadi kering, kemudian siapkan alat rebusan dan rebus dengan air bersih. Cara pemakaian hasil rebusan tersebut di minum setiap hari sampai dirasa penyakit peradangan yang anda derita membaik.

Bukan hanya itu penyakit seperti perut kembung, anemia, hepatitis, meredakan gigitan ular, beri-beri, dan disentri. Anda bisa menggunakan beberapa bagian akar tanaman ini kemudian anda rebus dengan air mendidih, setelah itu anda minum setelah ramuan ini dingin. Tanaman ini jarang sekali digunakan oleh banyak orang, karena biasanya hanya beberapa orang saja yang mengetahui khasiat Tapak lima ini.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman obat #Tanaman Tapak Lima

Zenzen Zainudhin

Seni adalah bertani

Kumpulan jenis tanaman obat dan manfaatnya
Kumpulan jenis tanaman obat dan manfaatnya
Kandungan Kimia Pada Tanaman Tapak Liman
Kandungan Kimia Pada Tanaman Tapak Liman