Faktor pendukung kelapa kopyor dan Varietas Kelapa

Di PERTANIAN

Agrotani.com – Pada dasarnya hanya dikenal dua varietas kelapa,yaitu varietas Nana yang umum disebut kelapa geniah dan varietas ica yang umum disebut kelapa dalam.Genjah berarti umur mulai panennya lebih muda,dibandingkan dengan kelapa dalam.Tetapi ada juga penggolongan varietas kelapa berdasarkan perbedaan-perbedaan umur saat pohon mulai berbuah, bentuk dan ukuran buah, warna buah, menurut sifat genotipnya.

Syarat Tumbuh Kelapa tumbuh di semua jenis tanah terutama yang mengandung pasir,asalkan tanah tersebut mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :


  1. Setruktur Tanah

  • Mempunyai struktur tata udara dan sistem perairan dalam tanah yang baik. Pada tanah yang mengandung pasir dan bahan organik yang cukup banyak, tanaman kelapa dapat tumbuh baik.

  • Derajat keasaman (pH) tanah sebaiknya berkisar antara 6,5 – 7.5,bila keasaman tanah terlalu tinggi (pH lebih kecil dari 6,5) tanah dapat diberi kapur untuk menguranginya yang sering di sebut sebagai kapur kaptan.

  • Tipe tanah yang sekiranya cukup baik bagi pertumbuhan kelapa adalah tanah liat yang mengandung sedikit pasir dengan tata udara dan peresapan air yang baik,atau tanah pasir dengan letak air tanah yang cukup dalam dan sedikit mengandung tanah liat.

  1. Iklim

  • Iklim,sangat berpengaruh pada pertumbuhan pohon kelapa. Karena besasal dari daerah khatulistiwa, maka pohon kelapa dapat tumbuh dengan baik pada daerah tropis yang beriklim panas dengan kelembapan udara yang cukup tinggi 50 LU-15 Ls).

Di daerah-daerah yang letaknya lebih rendah,kelapa masih bisa tumbuh walaupun tidak menghasilkan buah.


Faktor-faktor iklim yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan pohon kelapa adalah lokasi pertumbuhan kelapa ketinggian tanah dari permukaan air laut, dimana kelapa dapat tumbuh mulai dari darerah pantai hingga daerah dengan ketinggian tanah 900 – 1.000 mdpl, suhu lingkungan berpengaruh pada dasyaknya produksi buah yang dihasilkan,di mana kisaran suhu yang optimum bagi pertumbuhan kelapa adalah 270-28%.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video


Kelembapan udara juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman muda,perkembangan daun,dan buah. Kelembapan udara yang baik bagi kelapa berkisar antara 80-90 persen.Curah hujan yang disenangi adalah yang merata penyebarannya serta lama penyinaran matahari yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan fisik pohon kelapa,pertumbuhan bunga,dan buah.


Waktu pemanenan buah kelapa dapat berbeda-beda,tergantung pada faktor-faktor varietas kelapa,faktor tanah iklim,serta sakap pemeliharaan. Kelapa dalam umumnya mulai dapat dipanen buahnya, bila sudah berusia 6-8 tahun. Sedangkan kelapa genjah sudah dapat dipanen buahnya pada usia 3 4 tahun.


Masa produksi kelapa tertinggi juga berbeda-beda,tergantung pada varietas buahnya.Pada kelapa dalam,masa itu dicapai setelah berusia 15-20 tahun sedangkan pada kelapa geniah, masa itu dicapai dalam usia 10-18 tahun.


Setelah mengalami produksi buah yang tertinggi tersebut,maka produksi buahnya berangsur menurun hingga akhirnya mencapai usia 30-40 tahun. Usia pohon kelapa yang panjang serta produksi buah yang tinggi hanya akan tercapai bila situasi lingkungan (tanah, iklim) yang memadai serta langkah perawatan yang diberikan oleh pemiliknya.


Perlakuan pemeliharaan yang baik akan menciptakan hasil kelapa yang maksimal, dengan varietas apapun itu tergantung dengan pengalaman kita dalam pemeliharaan. Faktor pendukung yang sangat di butuhkan sangat menunjang pertumbuhan tanaman kelapa.

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman Kelapa

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani
Cara budidaya kelapa kopyor yang baik dan benar
Cara budidaya kelapa kopyor yang baik dan benar
Kelapa Kopyor Super Dan Bibit Kelapa Kopyor
Kelapa Kopyor Super Dan Bibit Kelapa Kopyor
Mengenal jenis hama penyakit pohon kelapa kopyor
Mengenal jenis hama penyakit pohon kelapa kopyor