TANAMAN HIAS: Cara merawat tanaman hias di pot dengan baik dan benar

Di PERTANIAN

Agrotani.com – Untuk menghiasi rumah sudah seharusnya kita bercocok tanam dengan media pot minimalnya, dengan begitu banyak sekali manfaat yangkita dapat dari berbudidaya tanaman hias di pot. Umumunya yang sering melakukan hal ini adalah masyarakat perkotaan yang memanfaatkan lahan kecil atau sebagai hiasan dirumah. Tentu tidak ada lagi alasan untuk anda tidak ada tumbuhan yang tumbuh di rumah besar anda anda bisa merawatnya sekarang.

Jika anda sudah memiliki pepohonan di rumah, atau anda baru akan memulainya, maka yang anda harus lakukan adalah dengan pembuatan dan atau pemeliharaan. Ada beberapa cara untuk menanam tanaman di pot. Dengan media berjenis polybag, pot, guci, atau dengan hidroponik. Untuk pemeliharaan tanaman hias agar tetap indah dan sehat kita bisa memeliharanya secara mudah. Langsung saja kita bahas dibawah ini.


Pemilihan pot


Tanaman hias yang bagus dan cantik jika tumbuh di pot yang jelek maka akan sedikit menurunkan keindahanya, maka pemilihan pot ini sangat dibutuhkan sekali untuk kita gunakan sebagai wadah media tanam. Jenis ukuran yang digunakan harus sesuai dengan tanaman yang kita tanam. Pilih desain pot yang bagus dan sesuai dengan ruangan yang akan digunakan.

Setelahdirasa pemilihan pot yang bagus maka yang kita lakukan mengisi dengan media tanam. Isi pot anda 1/3 oleh tanah. Media tanam yang digunakan harus cocok untuk tanaman tersebut seperti anggrek tidak selamanya harus menggunakan tanah. Masukan tanaman ke pot, perhatikan saat memasukkan tanaman ke pot, jangan menghilangkan semua media asal tanaman karena akan mempersulit tanaman tersebut beradaptasi.

Setelah tanaman dimasukan, kemudian anda tututp dengan media tanam lagi dengan begitu perakaran akan tertutup, tekan-tekan bagian pangkal batang agar tanaman bisa berdiri tegak. Beri sedikitnya sisa 2 cm agar saat disiram air tidak meluber. Jangan lupa bersihkan sisa-sisa media tanam yang menempel di luar pot agar terlihat bersih dan rapih.

Penempatan pot


Tanaman cantik terutama didalam ruangan itu tergantung anda meletakanya, anda harus meletakan diruangan yang tepat, dan tidak hanya itu anda juga harus bisa memposisikan tanaman anda benar-benar cocok. Ada beberapa jenis tanaman hias yang memang dapat hidup dengan baik apabila mencapat cahaya matahari secara cukup. Lihat dahulu karakter tanaman hias anda, jika dirasa anda menanam tanaman yang membutuhkan cahaya matahari yang banyak maka anda tidak bisa menanamnya di dalam rungan rumah anda.

Penyiraman atau pengairan


Pada dasarnya tanaman menyerap air dengan dua cara, bisa kita terapkan dengan menyemprot bagian daun, dan juga langsaung di siramkan kedalam tanah. Air akan diserap dengan sistem kapiler. Setiap jenis tanaman memiliki jenis penyiraman yang berbeda-beda. Penyiraman yang baik dilakukan pada pagi hari antara pukul 7 hingga pukul 10, atau pada saat sore hari.

Pemupukan


Tanaman hias juga memerlukan pupuk untuk menutrisinya sehingga dapat tumbuh dengan subur. Untuk tanaman hias bunga, usahakan satu bulan sekali diberi pupuk NPK.

Semua tanaman membutuhkan nutrisi untuk kebutuhan hidup mereka, namun pemberian pupuk pada tanaman hias sangat – sangat mudah sekali, kita bisa menggunakan pupuk daun contohnya untuk cara nya kita cukup melarutkan pupuk daun ke dalam wadah penyemprot dan kemudian kita semprotkan dibagian daunnya. Jangan sampai salah pengaplikasian pupuk daun bisa merangsang daun tumbuh untuk lebih jelasnya baca:

Kemudian usahakan untuk pemupukan 1 bulan sekali harus diberikan.

Buat pertanyaan

Tag : #Bunga Hias

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani