Cara Membuat Benih Dari Biji Agar Tumbuh Subur

750 views Di PERTANIAN

Agrotani.com – Cara Membuat Benih Dari Biji – Benih merupakan salah satu komponen yang harus ada ketika anda akan melakukan budidaya tanaman. Ketika anda ingin menanam cabe, tentunya harus memiliki benih cabe. Dan ketika akan menanam tanaman tomat, maka harus memiliki benih tomat. Benih tanaman ini bisa kamu dapat di toko pertanian dengan mudah. Namun anda juga bisa membuat benih sendiri.

Sebelum membahas cara membuat benih, anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa benih biasanya berasal dari biji tanaman. Namun tidak semua biji tanaman bisa dijadikan benih. Kenapa tidak bisa dijadikan benih.? Karena tidak semua biji tanaman seragam, dan memiliki kualitas yang sama.

Cara Membuat Benih Dari Biji

Cara Membuat Benih Dari Biji

Maka dari itu benih yang di jual di toko pertanian biasanya benih-benih yang sudah di sortasi dan dipilih yang kualitasnya bagus. Kemudian benih yang berkualitas biasanya sudah ada sertifikatnya. Namun tidak menjamin, benih bersertifikat bisa tumbuh 100 persen. Pasti yang namanya tanaman, pasti ada kemungkinan gagalnya. Setidaknya benih bersertifikat kualitasnya sudah melalui proses pengujian. Dibanding dengan benih yang tidak bersertifikat.


Tips Membuat Benih dari Biji


Terlepas dari hal di atas, mari kita belajar cara membuat benih dari biji agar hasilnya maksimal. Berikut ini adalah syarat syarat memilih biji untuk dijadikan benih.

  1. Benih harus murni, tidak tercampur kotoran dan biji tanaman lain.
  2. Biji harus kering, berkadar air 10%, yaitu ditandai dengan warnanya yang mengkilat.
  3. Benih berasal dari buah yang sudah tua serta tidak terserang hama dan penyakit. Benih yang diambil dari tanaman muda ditandai dengan sosoknya yang keriput dan tidak bisa tumbuh bila ditanam.
  4. Benih berasal dari tanaman yang unggul. Tanaman unggul akan berproduksi tinggi, rasa buahnya enak, dan tahan terhadap serangan hama penyakit.
  5. Sosok benih utuh, tidak cacat karena terserang hama atau penyakit.
  6. Bentuk biji normal dan berukuran besar (seragam).

Sebenarnya perbanyakan tanaman dengan cara apapun kita tidak akan lepas dari teknik yang baik dan perlakuan terhadap tanaman yang benar. Maka dari itu biasakan melakukan perawatan dengan intens, agar benih yang kita tanam terkontrol sehingga menjadi tanaman yang sehat. Dari tanaman yang sehat, maka akan menghasilkan hasil yang maksimal atau terhindar dari gagal panen.

Selamat mencoba tips dari Agrotani tentang cara membuat benih dari biji. Jika ada yang tidak dipahami, silahkan anda bisa menggunakan forum diskusi pada web agrotani ini. Jangan lupa mendaftar jadi member terlebih dahulu agar kamu bisa berinteraksi dan bertanya.

Buat pertanyaan

Tag : #Persemaian

author
Penulis: 

Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru
Cara menyemai biji di wadah menggunakan teknik baru
Mengenal Masalah pada Biji Tanaman dan Cara Mengatasinya
Mengenal Masalah pada Biji Tanaman dan Cara Mengatasinya
Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman
Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman