Akar

Di KAMUS
Akar,5 / 5 ( 1voting )

Agrotani.com – Dalam dunia tumbuhan akar merupakan organ penting untuk tanaman tetap hidup dengan semestinya. Akar merupakan organ tumbuhan yang tumbuhnya ke bawah menembus media tanam atau menembus tanah. Maka biasanya bentuk akar memang dibentuk dan dirancang khusus dengan bentuk lancip (tajam), tujuannya untuk menembus media tanam (tanah). Biasanya akar terdapat dibagian bawah atau didalam tanah. Akar biasanya berwarna keputih-putihan atau kekuning-kuningan.

Secara umum akar dibagi lagi dengan beberapa bagian yaitu inti akar, rambut akar, dan tudung akar.

Inti akar : Inti akar terdiri dari pembuluh tapis dan pembuluh kayu.
Rambut Akar : Rambut akar atau (bulu akar) terdapat pada dingding luar akar. Bentuk rambut akar kecil dan halus. Fungsi
Tudung akar : Tudung akar memiliki posisi di bagian ujung akar. Fungsi

Akar memiliki dua jenis yaitu akar serabut dan akar tunggang. Jenis bagian organ ini memiliki beberapa perbedaan yang jauh dikatakan mirip, namun tugas dan fungsinya sama. Pelajari fungsi akar

Akar selain organ penting untuk tanaman, bermanfaat juga untuk hewan dan manusia. Jika untuk hewan dari beberapa jenis hewan menjadikan akar sebagai makanan mereka. Begitu juga dengan manusia, dari beberapa jenis tumbuhan sebagai makanannya seperti wortel, ubi kayu, ubi jalar dan masih banyak jenisnya. Pemanfaatan akar bukan saja digunakan untuk makanan namun bisa juga sebagai obat atau jamu yang bisa diolah contohnya kunyit, jahe, akar bit, laos dan jenis tanaman lainnya.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video

Akar berperan penting untuk kelangsungan tanaman tumbuh atau tidaknya, dan mereka sangat membutuhkan organ ini untuk mencari makanan yang berfungsi untuk pertumbuhannya.

Buat pertanyaan

Tag : #akar

Zenzen Zainudhin

Seni adalah bertani

Pembuluh kayu
Pembuluh Tapis
Akar Tunggang
Akar Serabut