4 Cara mudah Agar pohon mangga berbuah banyak

Di PERTANIAN

Agrotani.com – Anda tentu senang jika tanaman mangga anda berkembang dan berbuah lebat. Hal ini sangat mudah di terapkan bagi semua jenis mangga yang baik perawatanya, menananm pohon mangga tidak sulit dan hanya saja bagaimana tanaman yang cukup berumur saja yang dapat berbuah.


Ada beberapa jenis pohon pada mangga seperti yang sudah di silangkan atau di rekayasa genetik. Hal ini menguntungkan bagi anda karena dengan modifikasi pada pohon mangga dan perawatanya yang baik anda akan mendapetkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Hal ini membuat pohon mangga anda lebih lebat dan lebih besar dari biasanya, makanan atau unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman dapat terus berbuah atau menghasilkan. Untuk menghasilkan buah mangga yang besar dan baik maka produktivitas dan pemeliharaan harus kita lakuakn dengan secara teratur. Berikut ini adalah beberapa cara dalam perawatan pohon mangga yang di anjutka.

thumb_320_5257ba8ee7198_5257ba8ee8138

Pohon Mangga

1. Pemangkasan Cabang Pohon Selepas Pemanenan


Kita lihat beberapa kasus yang ada di lapangan, pernahkah anda melihat tanaman mangga yang rimbun dan terdapat semut banyak ? Jika kita lihat ke bagain belakan daun pohon mangga tentu akan nampak jelas banyak terdapat kutu daun yang menempel pada pangkal daun. Hal ini menyebabkan proses pembuahan atau tanaman yang akan berbuah akan terganggu dengan berbagai gangguan nutrisi yang di ambil oleh hama tersebut.

Belajar Agrotani Melalui Video : Belajar Lewat Video


Pada perawatan pemangkasan yang akan kita lakukan bukan hanya asal tebang dan mulai di biarkan tunas muda, kita harus mengetahui tujuan pemangkasan dengan baik, yang kita lakukan pada pohon mangga milik kita. Mengingat pemangkasan terdapat banyak teknisnya, kita fokuskan pada pemangkasan pembentukan dan untuk meningkatkan kualitas dan produksi kita. Pemangkasan di lakukan untuk membentuk pohon yang proporsional dan dipenuhi cabang-cabang muda yang akan berproduksi. Pemangkasan dilakukan pada bagian cabang yang sudah tidak produktif, berusia tua, berpenyakit, dan tumbuh tidak normal. Pemangkasan sebaiknya dikerjakan setiap kali selesai masa panen pohon mangga.

2. Penaburan Kapur Pertanian atau Dolomit


Jika di rasa tanaman mangga kita sudah semakin menurun dalam hal berproduksi maka yang kita harus lakukan adalah memberikan kapur kaptan “ kapur dolomit” yang bertujuan untuk menetralkan pH tanah atau keasaman tanah. Hal ini di karenakan media yang terdapat pada tanaman mangga menjadikan tanah yang di berkadar tidak ideal dan cenderung asam. Kita harus mengambil tindakan ini sebelum hal yang tidak inginkan dapat terjadi pada tanaman anda. pH tanah yang tidak sesuai selain menimbulkan penurunan produksi pada buah, dapat mengakibatkan tanaman menjadi kuning daunya dan semakin parah pada prtumbuhanya.


Berikan kapur kaptan pada sekeliling tanaman pada bagian akar batang utama. Biasanya dosis yang digunakan untuk tanaman mangga berkisar 0,25 kg / tanaman. Berikan kapur kaptan sesuai dosis anjuran dan jangan berlebihan, karena akan mengakibatkan tanaman mati.

3. Pemberian Pupuk NPK Secara Rutin


Banyak petani yang jarang membrikan nutrisi unsur hara pada tanman yang mereka tanama, karena biasanya pada pohon mangga hanya sebagai sampingan saja. Jika anda memiliki kebun tanaman ini tentu anda wajib memahami apa yang di ingginkan tanaman ini.


Pemberian pupuk kompos tentu tidak cukup untuk produksi yang baik, anda harus menambahkan pupuk NPK agar unsur hara yang di butuhkan bisa tercukupi dan menghasilkan buah yang maksimal. Setelah anda memberikan kapur dolomit, selang 15 hari kemudian tambahkan pupuk NPK dengan dosis 0,25 kg/pohon. Siram dengan air 2 x sehari pada pagi hari dan sore hari karena waktu pagi dan sore adalah waktu yang tepat untuk penyiraman. Begitupun pada pemupukan susulan, anda hanya memberikan pada 2 bulan sekali dengan dosis dan takaran yang sama.

4. Menjaga kesehatan pada serangan hama penyakit


Kebanyak besar tanaman semakin menurun produktivitasnya karena serangan hama penyakit. Bukan tidak mungkin hama bisa menyebar luas pada tanaman mangga anda dan bahkan membunuhnya. Pemberantas hama pada tanaman kita harus melihat populai hama tersebut, guna bisa mengambil tidakan pada pencegahan atau pemberantasanya.


Pada hama jika populasinya sedikit kita bisa lakukan pencegahan dengan mekanisasi atau dengan cara manual. Hal ini bisa memberikan tanaman lebih senang dan menghasilkan buah yang banyak serta berukuran maksimal. Anda bisa mencoba pada pohon mangga anda di rumah, cara di atas sudah banyak di lakukan oleh pembudidaya mangga. Jika tanaman anda masih tidak ada perubahan, mungkin di sebabkan oleh faktor yang kurang mendukung.

Di sarankan untuk anda : 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ranaman

Tanaman mangga sebenarnya tidak sulit untuk membudidayakanya namun dalam proses produksinya saja yang berbeda dan jenis mangga apa yang anda tanam. Jika tanaman sudah beberapa tahun dengan mengikiti cara di atas saya sarankan anda melakukan premajaan atau mengganti varietas mangga yang lebih unggu di bandingkan dengan tanaman mangga yang anda tanam. Karena akan merugikan dari segi ekonomi dan tenaga yang anda keluarkan.

Buat pertanyaan

Tag : #Tanaman Mangga

Zenzen Zainudhin
Seni adalah bertani
Cara membuat sertifikat bibit mangga untuk penangkar
Cara membuat sertifikat bibit mangga untuk penangkar
Pemasaran Mangga Gedong Gincu
Pemasaran Mangga Gedong Gincu
Cara cepat mengetahui mangga yang sudah matang dan sudah tua
Cara cepat mengetahui mangga yang sudah matang dan sudah tua