Tugas penyuluh pertanian dan fungsinya : Belajar jadi Penyuluh

Agrotani.com – Saya tidak bisa menjabarkan secara mudah kepada kamu, dan ini adalah proses dimana kamu harus mengenal Tugas penyuluh pertanian dan fungsinya : Belajar jadi Penyuluh secara bertahap dan memahami apa yang akan di bidik oleh penyuluh ini. diharapkan dalam pembelajaran ini kamu mengerti bagaimana pelajaran tahapan ini bisa membuat kamu berbeda dari sebelumnya.

Kedudukan


A. Penyuluh Pertanian berkedudukan sebagai aparat pelaksana teknis fungsional penyuluhan pertanian pada instansi pemerintah (Kantor Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan).

B. Penyuluh Petanian sebagaimana dimaksud dalam ayat (l) hanya dapat diduduki oleh seorang yang telah berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Tugas Pokok


Penyuluh Pertanian mempunyai tugas pokok menyiapkan, melaksanakan, mengembangkan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan penyuluhan pertanian serta mengembangkan profesi Penyuluh Pertanian agar lebih mandiri dan profesional.

Fungsi


Dalam menyelenggarakan tugas pokok seperti tersebut di atas, Penyuluh Pertanian mempunyai fungsi :

a. Penyusunan persiapan penyuluhan pertanian.
b. Pelaksanaan penyuluh pertanian
c. Pelaksanaan konsulitas dan fasilitasi
d. Pelaksanaan pengembangan penyuluh pertanin
e. Pelaksanaan evaluasi penyuluh pertanian
f. Pelaporan penyuluh pertanian

Singkatan – singkatan dalam pertanian dan istilah – istilah pertanian

Ada beberapa Singkatan – singkatan dalam pertanian dan istilah – istilah pertanian untuk menjadi petani dan menjadi penyuluh. Mungkin pelajaran ini sangat penting sekali untuk kamu yang memulai dari dasar. Saya rasa ini sangat penting sekali.

Pelajaran Berikutnya

Penyuluh Pertanian