DAFTAR
MASUK

Tips sukses budidaya tanaman agar tidak gagal panen

Tips sukses budidaya tanaman agar tidak gagal panen

Agrotani.com – Untuk mencapai sukses budidaya tanaman, anda membutuhkan tips dan trik kiat suksesnya. Harga cabai contohnya, kita ketahui semakin tinggi harganya, bahkan waktu itu sempat sampai Rp. 160,000/kg hal ini menyebabkan cabai rawit masuk pada agenda pembicaraan nasional. Alasanya sangat logis sekali, karena cabai memang sangat dibutuhkan sekali dalam kehidupan sehari-hari, anda sangat pintar sekali memilih komoditas sayuran ini sebagai budidaya tanaman anda. Namun bukan hanya cabai yang kita pelihara, kita membahas semua tanaman yang menghasilkan uang.

Logikanya seperti cabai dan cabai ini sebagai contoh dari semua tanaman yang anda tanam sekarang. Tidak peduli anda sedang menanam kangkung, buah mangga, sawit, kelapa dan lain-lain semua dasarnya sama cuman beda penanganan saja.

tips budidaya agar penghasilan meningkat

Ini contoh yang mudah-mudahan anda mengarti :

Pasar sangat membutuhkan sekali cabai untuk mereka konsumsi atau di olah menjadi bumbu dapur, baik itu cabai merah, cabai keriting, cabai rawit dan jenis cabai lainnya. Hal ini sangat dirasakan sekali oleh kita. Bukan hanya itu yang dibutuhkan oleh pabrik atau industri pengolah bahan makanan yang menggunakan bahan baku cabai semakin banyak seperti industri sambal, saus, dan mie instan. Untuk itu anda harus pintar dalam mengolah bagaiman meningkatkan hasil produk pertanian untuk menaikan produksi. Hal ini memaksimalkan pendapatan kita membutuhkan proses yang tidak sebentar dan membutuhkan pengalaman. Sebenarnya anda tidak perlu menguasai gen tanaman, tahu unsur-usur kimia yang rumit, kuliah S3 dan sebagainya, untuk menjadi sukses anda hanya perlu bagaimana tahu cara berinteraksi dengan tanaman anda.

JIKA ANDA MALAS MEMBACA LEBIH BAIK TIDUR SAJA

Saya mulai gatal ingin memberikan sedikit pengetahuan terhadap anda yang mulai penasaran tentang bagaimana meningkatkan pendapatan. Tidak semuanya sukses dalam pemeliharaan tanaman budidaya, ada beberapa faktor yang jarang sekali orang memikirkan hal ini. Saya yakin berbicara ini karena kita satu pekerjaan yaitu menjadi petani. Jika saja saya beberkan bagaimana sistem pasar yang terjadi mungkin tidak akan habis dalam waktu satu hari, agar memudahkan anda maka saya membagi uraian yang mendasari atau mewakili masalah anda tentang usaha budidaya.

Saya tidak tahu bagaimana anda bisa sampai ke website agrotani ini setelah mencari-cari di mesin pencari google, yang anda baca ini belum sepenuhnya sempurna jadi anda harus membaca artikel berikutnya.

Berikut ini merupakan tips yang akan saya bagikan :

BAB 1


  1. Pemahaman pasar
  2. Pengalaman Budidaya
  3. Budidaya yang berkualitas
  4. Penanganan produk
  5. Memperkuat jaringan
  6. Kebutuhan konsumen di Indonesia

1.Pahami harga yang fluktuatif


Kebanyakan dari peteni karena ingin mencapai kesuksesan dari budidaya tanaman maka ketika harga suatu produk mengalami kenaikan maka mereka menanam dengan serentak, namun dari hasil panen mereka malah turun harganya. Namun tidak sedikit juga yang mengeluh kalo dan tidak mengetahui sumber permasalahan yang sebenarnya di pasar dan akhirnya mereka rugi.

Kenapa hal ini terjadi dan kenapa rugi ?

Jawabanya jadwal tanam anda salah dan target pasar anda meleset.

SALAH JADWAL TANAM ADALAH AWAL MIMPI BURUK BAGI PETANI

Bukan itu saja, saya tekankan anda wajib mengetahui tentang pasar atau sasaran anda, jika anda masih memiliki tengkulak atau berkeinginan menjual produk anda ke tengkulak jangan teruskan membaca artikel ini, lebih baik anda berbudidaya tanaman seperti yang anda mau. Hindari penjualan pihak ketiga, saya jamin jika anda menjual ke tengkulak sampaikapanpun anda tidak akan mengnal apa itu pasar.

2. Belajar dari pengalaman


tips budidaya agar penghasilan meningkat

Sebarapa jauh anda mengenal tentang tanaman yang sedang anda budidayakan, setidaknya dari beberapa tahun yang lalu tentu anda mengalami kesulitan dalam proses menaikan pendapatan. Memang sudah waktunya anda memulai hal ini, dari belajar pemupukan hingga panen dan pasca panen tentu sangat penting sekali. Materi ini berguna untuk pembahasan dari beberapa petani yang sudah ahli dibidangnya dan saya akan merangkumnya.

Pernahkah anda berpikir akan seperti ini saja dan tanpa ada peningkatan dari hasil jeripayah anda, bagaimana solusi untuk meningkatkan semua ini.

3. Budidaya yang Berkualitas


Konsumen bukan saja membeli produk yang asal dan hanya sekedar buah atau sayuran. Namun anda harus mengerti bagaimana mereka membutuhkan produk yang berkualitas. Percaya atau tidak semua orang memilih yang terbaik untuk hidupnya, budidaya tepat sasaran pasar, peningkatan kualitas secara tersetruktur dan beberapa cara perencanaan tanam dan peningkatan hasil produksi yang memiliki harga jual yang tinggi, nah cara-cara ini lah yang akan kita bentuk sebagai dasar pada budidaya. Saya menjamin jika dijabarkan penjelasan budidaya tanaman apapun itu sangat umum sekali dan begitu – begitu saja. Jika anda tidak percaya cari di buku atau di internet tentang budidaya yang akan anda tanam kemudian sesuaikan dengan praktik. Isi dari internet paling pembukaan artikel, pengolahan tanah, pemilihan varietas bibit, perawatan dan sebagainya, semua itu hanya teori saja namun tidak menyelesaikan permasalahan anda, pada dasarnya jika saja petani tidak memberikan atau menciptakan inovasi baru maka persaingan secara tidak sadar mereka akan kalah.

Jika kita bandingkan sistem pertanian di negara kita dengan negara lain tentu anda tahu maju yang mana. Selanjutnya saya akan memperjelas tentang artikel ini.

4. Meningkatkan Penanganan Produk


Semua konsumen barang atau produk yang akan dibeli dan sudah dibeli ingin sepenuhnya terjamin. Konsumen kita semuanya orang pintar mereka tahu makanan yang jelek dan yang busuk. Jadi dari hasil panen yang anda tanam ini harus benar-benar bagus dan berkualitas, cara untuk mencapai itu semua tentu membutuhkan tahapan khusus, seperti sayur atau buah yang akan panen biasanya terkena serangan patek dan agar menghindarinya otomatis kita harus mencegah yaitu membasmi lalat buah sebagai sumber larpa. Sistem mudahnya seperti itu namun bagaimana dengan produk yang sudah jadi ? Produk yang jadi kita bisa sortir dengan kriteria yang setidaknya membantu mengurangi hasil produk yang jelek ke tangan konsumen.

Cara untuk menangani produk terletak pada pasca panen, penjelasan sudah saya sediakan.

5. Memperkuat jaringan


Gagasan saya, ingin sekali mempersatukan seluruh petani di Indonesia dengan satu visi dan satu misi. Jika saja kita memiliki masa maka kita bisa menciptakan dan membangun dunia pertanian ini kuat dan petani lebih sejahtra dari hari ini. Petani itu seharusnya bersatu dan berorganisasi dengan sesama petani lainnya disana ada bentu saling membantu dan bertukar pikiran.

Anda adalah Agrotani dan Agrotani adalah anda

Anda bebas bertukar pikiran dan membentuk jaringan yang sangat bermanfaat sekali untuk pribadi anda, sebagai mana kita lihat sekarang petani di Indonesia keadaannya seperti apa maka ini adalah waktunya anda membuat jaringan dan berkumpul dengan kami.

Jika anda setuju dengan gagasan saya silahkan daftar di forum resmi kami dan tidak mau juga tidak masalah, ini karena kita tidak saling merugikan, Agrotani seluas-luasnya terbuka untuk anda jadi keputusan di tangan anda dan semua ini demi membangun SDM petani yang lebih baik lagi.

Tenang saja gratis kok, saya tidak meminta pungutan biaya dari anda. Dengan berkumpul dan membaca saja anda sudah membantu kami.

6. Kebutuhan Konsumen Indonesia


Jika saja anda bertanya pada penjual di pasar yang menjual sayur-sayuran dan buah-buahan berapa hasil mereka per hari. Dan tanyakan pada tengkulak berapa keuntungan dari penjualan hasil produk pertanian dan jenis tanaman lainnya, saya menjamin mereka pasti enggan memberikan penjelasan yang sebenarnya kondisi konsumen mereka, dan itu juga jika anda berani menanyakan.

Disini sudah jelas sekali, penjikaan anda sudah benar. Konsumen sangat membutuhkan produk hasil pertanian dan perikanan untuk memenuhi kelangsungan hidupnya.


Dari BAB 1 ini kita hanya membahas tentang cangkangnya saja dari keseluruhan rangkaian. Karena dari forum sudah banyak sekali yang menyuruh saya untuk membahas ini, saya rasa materi ini sangat penting sekali untuk anda.

Saya tidak perduli dengan anda yang baru di Agrotani dan yang sudah lama sekalipun karena anda harus meningkatkan SDM untuk kelangsungan anda dalam berbudidaya tanaman anda. Saya membutuhkan waktu untuk menulis walaupun sumber dan praktik sudah dilakukan. Sekitar tanggal 24/07/2017 saya akan membahas sepenuhnya, jika anda berminat menjadi anggota silahkan daftar.

Agar anda bisa melanjutkan pembelajaran lain jangan sungkan datang lagi ke situ ini. Mohon maaf belum saya jabarkan namun pasti saya selesaikan untuk materi ini, sekedar informasi untuk anggota yang di Jawa Barat musim khususnya tanaman padi waspadai untuk segera mencegah hama tikus, karena di beberapa titik daerah sudah merambah.


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Petani


Tinggalkan pesan "Tips sukses budidaya tanaman agar tidak gagal panen"