Tips Menjadi Petani Pintar

ID 4518

Aplikasi-Petani-8villages

AGROTANI.COM – Tanaman merupakan salahsatu makhluk hidup yang secara luas hidup dan menghasilkan. Banyak sekali tumbuhan yang beradi di sekelilingkita yang dapat tumbuh dengan sempurna, ciptaan tuhan yang tiada tandinganya dan maha besar yang menciptakanya.

Tanaman awalnya tumbuh secara liar dan manusia belum membudidayakanya, namu seiring waktu pada jaman terdahulu tanaman yang tadinya liar, manusia mulai berfikir untuk menangani dengan kemudahan dan melihat lingkungan.

Tumbuhan yang sekarang anda budidayakan tentu mengalami beberapa masalah yang sekarang anda alami, banyak sekali yang mengeluh para petani yang mungkin pada produksi yang di hasilkan semakin menurun, karena beberapa faktor yang mengganggu.

 

1. Mencari Beberapa Faktor Pendukung.


Sebelum anda berbudidaya ada baiknya anda harus mengenal terlebih bagaiman sifat tanaman itu, dan karakteristik tanaman yang anda hendak budidayakan. Perawatan di sini sangat penting untuk anda memulai menanam mulai dari pemilihan benih unggul hingga pasca panen nanti. Jika anda tidak memperhatikan syarat tumbuh dan media apa yang cocok untuk tanaman tersebut, saya sarankan agar anda bisa menanam berbudidaya dengan sekala yang kecil dulu, jangan langsung dengan jumlah besar jika anda belum pernah menanam tanaman budidaya tersebut.

Sejauh ini pengembangan tanaman yang di budidayakan mengelami harga yang naik turun dengan sejumlah hal dan faktor utama dari permintaan pasar yang tidak menentu. Sebaiknya jika anda hendak berbudidaya anda harus melihat pasaran dan sasaran yang akan anda tuju, agar hasil peroduksi yang anda hasilkan tepat dan pendapatan yang anda inginkan dapat tercapai. Pasar memang sulit di tebak dengan perhitungan harga, contohnya saja pada sayuran jika anda telat mengrim, dalam hitungan menit saja harga sayura yang anda antar ke pasar sudah di pastikan akan berubah harga, dan tidak tanggung-tanggung dengan berbagai alasan entah ituh apah harga sayur yang anda tawarkan merosot drastis dengan harga yang tidak sebanding. Hal ini harus anda perhatikan dengan benar-benar teliti agar tidak terjadi seperti itu.

 

2. Dengan Melihat Berbagai Hal Mendasr


Dalam hal berbudidaya tentu kita akan di kaitkan dengan perhitungan, begitulah para petani yang harus mahir dalam memilih dan memberikan yang terbaik untuk tanman yang akan di budidayakan. Sebagi petani menghitung perencanaan awal yang mendasar sering kita sebut (modal) di sini anda harus mampu memberikan sarana untuk tanaman, maksudnya mulai dari pupuk dan beberapa bagian kebutuha yang penting di tambahkan seperti ajir, mulsa dan lain-lain. Menghitung beberapa kebutuhan tanaman yang nantinya akan di jumlah dengan per 1 tanaman, namun pada intinya misalkan dari keseluruhan modal yang anda tanam, 1 tanaman membutuhkan berapa biaya jadi pas anda memberikan modal sebanding dengan hasil yang anda dapat.

Baca Juga :

Petani