DAFTAR
MASUK

Teknik budidaya tanaman cabai di musim hujan

Teknik budidaya tanaman cabai di musim hujan

Agrotani.com – Lokasi penanaman merupakan unsur penting dan strategis dan dapat menentukan kesuksesan usaha kita dalam bertanam cabai di musim hujan. Belum tentu lokasi penanaman yang dianggap baik bisa menghasilkan panen yang maksimal, jadi diusahakan untuk bertanam cabai di musim hujan harus ditentukan juga lokasinya.

Teknik budidaya tanaman cabai di musim hujan

Teknik budidaya tanaman cabai di musim hujan
Sumber gambar : pixabay.com

Hindari lahan bekas tanah tanaman Solanaceae

Usahakan sebelum memulai kita pilih lahan yang tadinya bekas padi atau yang lainya, hidari lahan bekas tanaman famili Solanaceae. Yang tergolong pada famili Solanaceae (Kentang – Terung – Tomat dan lain-lain).

Lahan bekas yang ditanam kubis bunga, semangka, kacang hijau, buncis, jagung, kedelai dan sebagainya bisa ditanam untuk cabai di musim hujan.

Usahakan jangan menanam cabai dilokasi yang dekat dengan terung atau tomat. Hal ini untuk menghidari serangan hama dan penyakit karena biasanya hama dan penyakit yang terdapat pada tanaman cabai tersebut akan berpindah ke tanaman lain yang masih muda.

Usahakan penanaman mendapat cahaya matahari yang cukup

Pada musim hujan, sinar matahari yang terik jarang muncul. Jadi anda harus memastikan bahwa tanaman cabai yang kita tanam ini mendapat sinar matahari yang cukup, hindari dari pohon besar seperti pohon kelapa, bambu, atau cengkih. Dengan cara ini tanaman kita bisa mendapat sinar matahari secara penuh.

Menanam cabai dimusim hujan kalau bisa usahakan jangan terlalu dekat dengan aliran sungai, sungai besar atau berada di daerah yang memiliki permukaan cekungan karena berisiko kebanjiran pada saat hujan lebat.

Pilih lokasi yang mudah dijangkau

Pada musim hujan, kecepatan aliran sarana produksi pertanian ke lahan harus cepat supaya tetap kering dan tidak rusak. Jika anda memiliki lahan yang terlalu jauh dengan akses jalan mungkin ini akan merepotkan anda karena harus membayar ongkos yang mahal. Jadi usahakan lokasi penanaman atau kebun anda harus dekat dengan jalan untuk menghemat transportasi pengangkutan saprotan.

Hindari tanah liat dan masam

Jenis tanah yang sangat liat/lengket (kurang porous) seperti tanah grumosol dan podzolik merah kuning karena jenis tanah ini akan kesulitan untuk membuang air hujan sehingga mengakibatkan genangan. Tanah latosol cokelat, andosol, dan jenis tanah lain yang menurut saya ideal untuk dijadikan usaha bertanam cabai di musim hujan.

Ukuran (pH) yang sesuai adalah faktor penentu keberhasilan budidaya cabai di musim hujan. Ketika musim hujan, penanaman cabai pada tanah masam pH (6) harus di hindari karena ukuran pH 6 tergolong masam sangat sesuai untuk perkembangan penyakit tanaman yang ditularkan lewat tanah seperti layu Fusarium, Phythophtora, dan lain-lain. Derajat kemasaman (pH) tanah yang sesuai untuk budidaya berkisar antar pH 5,5 – 6,8, sedangkan pH optimal 6,0 – 6,5. Rata-rata pH di Indonesia memiliki ukuran pH yang rendah (Masam) yaitu berkisar antara 4,0 – 5,5.

Untuk meningkatkan pH tanah anda bisa memberikan kapur pertanian atau kaptan kepada tanah yang ber pH rendah. Untuk mengetahui ukuran pH anda bisa menggunakan pH meter atau kertas lakmus sebagai pengukur.

Usahakan ketinggian penanaman

Untuk usaha budidaya tanaman cabai bisa berbeda-beda ketinggianya, dari semua ketinggian dari 0 – 1.200 m dpl. Namun yang dirasa cocok untuk cabai ketinggian 200 – 600 m dpl, pada ketinggian diatas 600 biasanya turun kabut dan tidak cocok ketika anda menanam pada musim hujan, karena kelembaban yang sangat tinggi. Jika lingkungan terlalu lembab akan mengundang hama dan penyakit datang.

Bergabung ke grup Whatsapp Agrotani Indonesia hubungi 085320638655


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Cabai


Tinggalkan pesan "Teknik budidaya tanaman cabai di musim hujan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.