Tanaman Nilam

ID 160

Agrotani.Com – Tanaman nilam memiliki nama latin Pogostemon cablin Benth merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang dikenal sebagai minyak nilam (“patchouly oir). Minyak nilam banyak dipergunakan dalam industri kosmetik, parfum, sabun, dan industri lainnya. Dengan berkembangnya pengobatan aromaterapi, minyak nilam selain sangat bermanfaat untuk penyembuhan fisik juga mental dan emosional.

Sebelum lanjut membahas lebih dalam tentang tanaman Nilam, mari kita mengenal terlebih dahulu Nama Ilmiah Tanaman Nilam, dengan mengetahui nama ilmiah tanaman nilam maka kita bisa mengklasifikasi tanaman ini masuk kedalam golongan tanaman seperti apa.

Tanaman Nilam

Tanaman Nilam

Nama Ilmiah Tanaman Nilam

Klasifikasi ilmiah

Kingdom Plantae
Divisi Angiospermae
tidak termasuk Eudikotil
tidak termasuk Asteridae
Ordo Lamiales
Famili Lamiaceae
Genus Pogostemon
Spesies P. cablin
Nama binomial
Pogostemon cablin
Sinonim
  • patchouli
  • patchouly
  • pachouli

Pendahuluan Budidaya Tanaman Nilam

Minyak nilam bersifat fixatif (yakni bisa mengikat minyak atsiri lainnya) yang sampai sekarang belum ada produk substitusinya (pengganti).

Produk yang dihasilkan dari usahatani nilam adalah terna (daun dan ranting). Melalui proses penyulingan dihasilkan minyak nilam. Dalam proses penyulingan tersebut dihasilkan limbah berupa ampas penyulingan minyak. Ampas ini dapat digunakan sebagai mulsa untuk mengembalikan lahan ke kondisi semula (virgin soil).

Tanaman Nilam ini dapat dipanen pertama kali saat berumur 4-6 bulan. Panen berikutnya dilakukan dalam selang waktu 2-6 bulan sekali sampai tanaman berumur tiga tahun. Keuntungan mengusahakan budidaya nilam bisa mencapai Rp. 5.285.000,-/ha.

Bagi petani yang sekaligus menjadi pengrajin, mempunyai alat suling sendiri dan menjual dalam bentuk minyak, hasil penjualan dapat mencapai Rp.40.000.000,-/ha/tahun (dengan harga minyak Rp.200.000,- /kg dan produksi minyak 200 kg/ha).

Untuk meningkatkan produktivitas terna dan minyak nilam perlu dilakukan cara-cara budidaya, panen dan pasca panen yang baik dan benar. Untuk intu Agrotani.com akan membahasnya secara bertahap tentang budidaya tanaman nilam ini.

Panduan Budidaya Tanaman Nilam

  1. Syarat Tumbuh Tanaman Nilam
  2. Cara Budidaya Tanaman Nilam Panduan Lengkap
  3. Hama Tanaman Nilam dan Cara Pengendaliannya
  4. Penyakit Tanaman Nilam dan Cara Pengendaliannya
  5. Cara Panen Tanaman Nilam yang Baik dan Benar
  6. Cara Pengolahan Minyak Nilam
  7. Jenis Jenis Tanaman Nilam
  8. Alisis Usahatani Budidaya Tanaman Nilam

Tanaman Nilam