Syarat tumbuh tanaman untuk merangsang buah

Selain tanaman yang kita pelihara harus sehat, syarat tumbuh untuk merangsang tanaman cepat berbuah harus kita penuhi. Untuk membuat hal ini semua persiapan harus kita siapkan.

Syarat tumbuh ini seperti iklim, cuaca dan faktor yang di inginkan oleh tanaman itu sendiri. Semua hal ini dilakukan untuk mendorong tanaman kita bisa hidup sesuai dengan keinginannya.

Namun tidak berlaku untuk buah-buahan yang ada di pot atau polybag besar, karena tanaman yang ditanam didalam pot atau polybag bisa kita pindah-pindahkan dan syarat tumbuhnya bisa kita buat, dibuat dengan membangun greenhouse.

Untuk syarat tumbuh kebanyakan petani kita tidak memahami dan walaupun mereka tahu syarat tumbuh itu penting untuk tanaman, mereka cenderung mengabaikannya.

Hal baik harus kita ambil dan mulai dari sekarang kita harus menggunakan hal ini sebaik-baiknya.

Suhu iklim


Jika suhu iklim sudah sesuai dengan yang tanaman harapkan, maka yang akan kita lakukan tinggal membangunnya. Kondisi alam yang berubah menjadi cekaman atau musim kemarau tiba secara alami tanaman buah itu akan berbunga.

Musim kemarau biasanya akan datang selama 3 bulan, kemudian disusul dengan musim hujan yang turun tidak deras dan turun hujannya pun tidak rutin. Dengan kedaan itu, tanaman akan terangsang untuk tumbuh bunga. Pada saat berbunga usahakan bunga tidak rontok, mungkin nanti saya bahas di kesempatan yang akan datang untuk mencegah bunga supaya tidak rontok.

Bunga yang tidak rontok nantinya akan menjadi buah, pemeliharaan pada tahap ini tentu saja menjadi semakin di perketat oleh kita. Dilapangan tidak jarang buah yang mulai tumbuh ini berjatuhan ketika berukuran masih kecil (masih pentil).

Ketinggian Wilayah


Wilayah yang beragam di indonesia menentukan untuk tanaman, namun tenang saja ada jenis-jenis varietas dalam satu jenis tanaman yang memang menyesuaikan hidupnya, ini berkat peneliti-peneliti pertanian yang sudah ahli dalam hal genetika.

Wilayah ini pada ketinggian masing-masing ada yang menghendaki dataran tinggi dan begitu juga sebaliknya tanaman itu sangat menyukai dataran rendah, jadi tergantung pada tanaman buah anda yang akan di tanam.

Sebaiknya kita tidak memaksakan tanaman untuk ditanam didaerah kita yang memang tidak menghendaki syarat tumbuh tersebut. Kita fokus pada satu tanaman jika memang anda berkebun untuk meningkatkan ekonomi anda.

Ketahui terlebuh dahulu jenis tanaman dan bagaimana mereka tumbuh.

Syarat tumbuh yang harus kita penuhi bukan hanya itu saja, kita harus memahami bahwa tanaman yang kita tanam ini harus disediakan makanan mereka seperti unsur hara, curah hujan, keadaan air, dan kebutuhan cahaya matahari.

Mungkin bahasan ini sudah kita bahas sebelumnya namun buat anda yang baru membaca sebaiknya dari awal terlebih dahulu agar tahu maksud dari tulisan ini.

Silahkan ke halaman pertama dulu :
Tanaman Buah

Jika semua kondisi yang dikehendaki tanaman sudah terpenuhi, maka tanaman tersebut tidak akan segan untuk mengeluarkan bunga dan buah. Saya harap anda memahami ini, jika memang kurang jelas seperti biasa anda bisa bertana pada anggota agrotani lainnya di forum.

Tanaman Buah