Syarat tumbuh tanaman salak

Syarat Tumbuh Tanaman Salak

buahsalakAgrotani.com– Pemilihan Lokasi penanaman salak untuk budidaya harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya seperti iklim, kondisi tanahm topogras, dan sebagainya. Pemilihan lokasi dengan kondisi lingkungan yang sesuai akan sangat menunjang optimalnya pertumbuhan salak.

Agroklimat

Tanaman salak akan menunjukkan penampilan tanaman yang sesuai dengan keadaan faktor lingkungannya. Faktor tanah, dan topograf akan saling berkait dan mempengaruhi fungsi fisiologi dan mortologi.

1. Iklim


Salak menyukai daerah dengan curah hujan sekitar 200-400 mm/perbulan, salak membutuhkan tingkat kebasahan atau kelembapan yang tinggi, Salak kurang mampu beradaptasi bila musim kering pada suatu daerah berlangiung cukup lama. Salak tidak suka dengan sinar matahari yang langsung mengenai rumpunnya. Kecepatan tumbuh tanaman salak dibatasi oleh suhu maksimum. Suhu rata-rata harian yang berkisar antara 20o-30o c baik untuk tanaman salak.

2. Tanah


Salak mempunyai perakaran yang dangkal. Tanah yang cocok adalah tanah yang banyak mengandung bahan organik, mampu menyimpan air tetapi tidak mudah tergenang gembur, dan secara kualitatif mengandung zat-zat hara utama bagi tanaman. Salak mampu beradaptasi di berbagai macam tanah asalkan strukturnya cocok . Tanah yang netral, tidak asam dan tidak basa, bagus untuk tanaman salak. Umumnya pH tanah yang diinginkan sekitar 6.0-7,0. Namun, salak masih toleran pada skala pH tanah 4,5-5,5 atau keasaman sedang dan pada pH tanah 7,5 – 8,5 atau agak basa.

3. Topografi


Ketinggian tanah yang sesuai untuk tanaman salak adalah 0-700 m di atas permukaan laut. Yang terbaik berkisar antara 1- 400 m di atas permukaan laut. Batas toleransi ketinggian yang masih memungkinkan adalah 900 m di atas permukaan laut, Bila sudah lebih dari 900 m, pohon salak akan sulit berbuah.

Daerah Pengembangan


Salak daerah Karang Asem di Bali, misalnya, sejak ratusan tahun yang lalu sudah terkenal sebagai penghasil salak. Sejak tahun 1976 perkembangan tanaman salak di tempat itu melonjak pesat. Jumlah koseluruhan tanaman salak di Karang Asem pada akhir tahun 1985 adalah 5.301.056 pohon yang tersebar di lima kecamatan, masing-masing kecamatan itu ialah bebandem, Sademen, Manggis, Karang Asem, dan setuah kecamatan yang kuran jenis namanya.

Tanaman Salak