DAFTAR
MASUK

Syarat tumbuh tanaman bayam

Syarat tumbuh tanaman bayam

Agrotani.com – Untuk memperoleh hasil yang berkualitas tinggi, maka anda harus mengetahui syarat tumbuh tanaman tersebut, guna untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Syarat tumbuh yang utama berhubungan dengan lingkungan,  seperti tanah dan iklim.  Faktor lingkungan ini hampir tidak dapat diubah oleh manusia. Oleh karena itu,  agar hasil yang dikehendaki dapat tercapai perlu memperhitungkan keadaan lingkungan bagi pertumbuhan tanaman Tanaman bayam tidak menuntut persyaratan tumbuh yang sulit,  asalkan kondisi tanah subur,  penyiraman teratur,  dan saluran drainase lancar. Tanaman bayam sangat toleran terhadap keadaan yang tidak menguntungkan sekalipun. Ada 4 Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman

Tanah


Pada dasarnya hampir semua tanaman membutuhkan tanah yang subur dan gembur, dimana tanah tersebut memiliki kandungan unsurhara dan bahan organik yang akan mendukung pertumbuhan tanaman itu sendiri. Pada tanah yang tandus atau list,  bayam masih dapat tumbuh dengan baik jika dilakukan penambahan bahan organik yang cukup banyak Kisaran derajat keasaman (pH) tanah yang baik bagi partumbuhan bayam antara 6-7. Pada tanah yang ber-pH diatas 6-7 atau dibawah kisaran tersebut,  tanaman bayam sukar tumbuh.  Tanaman akan menunjukkan pertumbuhan yang merana bila pH tanah di bawah 6.  Begitu pula pada pH di atas 7,  tanaman akan mengalami gejala klorosis anda  bisa melihat ciri-cirinya (warna daun menjadi putih kekuning-kuningan terutama pada daun-daun yang masih muda). Jenis bayam tertentu masih dapat tumbuh pada tanah-tanah alkalin (basa). Pada umumnya orang menanam bayam di tanah kering,  misalnya di atas tanah tegalan,  ladang,  dan pekarangan.  Jarang sekali bayam ditanam di sawah.

Iklim


Tanaman bayam sangat toleran terhadap besarnya perubahan keadaan iklim. Bayam banyak ditanam di dataran rendah hingga menengah,  terutama pada ketinggian antara 5-2.000 (mdpl) dari atas permukaan laut (dpl). Kebutuhan sinar matahari untuk tanaman bayam adalah tinggi,  berkisar 400-800 footcandies dengan suhu rata-rata 20-300 C,  curah hujan antara 1.000-2000 mm,  dan kelembapan di atas 60%  Oleh karena itu,  bayam tumbuh baik bila ditanam di lahan terbuka dengan sinar matahari penuh atau berawan dan tidak tergenang air (becek).

Waktu yang baik untuk menanam adalah awal musim hujan (bulan Oktober/November) dan awal musim kemarau (bulan April/Maret)  karena pada waktu tersebut kebutuhan air untuk tanaman dapat terpenuhi secara alami. Seandainya anda akan menanam bayam di luar waktu tersebut maka harus menyediakan sumber air yang dapat memenuhi kebutuhannya. Pada musim hujan,  tanaman bayam masih dapat tumbuh dengan baik asalkan tanahnya tidak tergenang. jadi anda harus memperhatikan drainase tanah meskipun tanaman bayam tahan terhadap air hujan. Untuk itu,  bedengan dibuat lebih tinggi dibanding penanaman saat musim kemarau,  yaitu setinggi 35 cm.  Sebaliknya,  pada musim kemarau, penyiraman harus dilakukan secara teratur.

Baca Juga :

Kamu bisa dapat kenalan banyak di sini Whatsapp Grup Agrotani Pertanian Indonesia : 0823-1668-7869


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Bayam


Tinggalkan pesan "Syarat tumbuh tanaman bayam"