Spesies tawon baru

ID 1049

Tawon

Ada yang aneh di luar negri, hal baru itu dari kelompok serangga. Mereka menemukan tawon baru, Dr Buntika A. Butcher, Chulalongkorn University, Thailand banyak sekali meluangkan waktu untuk belajar di laboratoriumnya tentang tawon parasit dari Afrika Selatan. Dari hasil penelitian mereka mulai memberikan nama baru yaitu Conobregma bradpitti. Tawon ini mulai dipublikasikan tepatnya di ZooKeys.

Spesies tawon baru, yang disebut Conobregma bradpitti ini, tawon ini sama halnya dengan kupu-kupu ulat, tawon ini membuat rumah mereka kemudian bertelur dan melakukan parasitised melalui pengerasan. Halnya pada kupu-kupu yang memiliki kepongpong, karna ini tawon yang keluar dari kepongpong, yang keluar bukan ulat melainkan larva. Mestipun tawon  ini mengerikan namun banyak spesies tawon ini dianggap berharga dalam bidang pertanian karena potensi mereka sebagai pengontrol biologis.

Brad Pitt bisa terbang dan memiliki ukuran 2 mm berwarna coklat tua hampir berwarna hitam, kepala dan antena serta kaki berwarna coklat – kuning dengan sayap yang mengkilap terang.

Dalam tulisan mereka, penulis dari Chulalongkorn University, Thailand dan Universitas Calicut, India, juga menggambarkan spesies baru tentu ini lain dari tawon parasit lainnya. Ini adalah yang pertama dari subtribe yang terlihat di seluruh India, sementara terdekatnya ‘relatif’ tinggal di Nepal.

Lebah