DAFTAR
MASUK

Spesies tawon baru

ID 898 Di BERITA
Spesies tawon baru

Tawon

Ada yang aneh di luar negri, hal baru itu dari kelompok serangga. Mereka menemukan tawon baru, Dr Buntika A. Butcher, Chulalongkorn University, Thailand banyak sekali meluangkan waktu untuk belajar di laboratoriumnya tentang tawon parasit dari Afrika Selatan. Dari hasil penelitian mereka mulai memberikan nama baru yaitu Conobregma bradpitti. Tawon ini mulai dipublikasikan tepatnya di ZooKeys.

Spesies tawon baru, yang disebut Conobregma bradpitti ini, tawon ini sama halnya dengan kupu-kupu ulat, tawon ini membuat rumah mereka kemudian bertelur dan melakukan parasitised melalui pengerasan. Halnya pada kupu-kupu yang memiliki kepongpong, karna ini tawon yang keluar dari kepongpong, yang keluar bukan ulat melainkan larva. Mestipun tawon  ini mengerikan namun banyak spesies tawon ini dianggap berharga dalam bidang pertanian karena potensi mereka sebagai pengontrol biologis.

Brad Pitt bisa terbang dan memiliki ukuran 2 mm berwarna coklat tua hampir berwarna hitam, kepala dan antena serta kaki berwarna coklat – kuning dengan sayap yang mengkilap terang.

Dalam tulisan mereka, penulis dari Chulalongkorn University, Thailand dan Universitas Calicut, India, juga menggambarkan spesies baru tentu ini lain dari tawon parasit lainnya. Ini adalah yang pertama dari subtribe yang terlihat di seluruh India, sementara terdekatnya ‘relatif’ tinggal di Nepal.

Bergabung ke grup Whatsapp Agrotani Indonesia hubungi 085320638655


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Lebah


Tinggalkan pesan "Spesies tawon baru"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.