Ramuan Pakan Burung Poksay Agar Tetap Sehat

ID 2753

Agrotani.com – Poksay merupakan burung ocehan yang sangat menarik dan lucu. Selain kemampuan berkicaunya yang bervariasi, gaya dan gerak-geriknya juga mengagumkan. Kicauan dan penampilannya ini akan dapat kita nikmati kalau burung ini dalam keadaan senang dan sehat. Untuk itu, kita harus memberikan pakan yang bergizi secara teratur dan dalam jumlah yang cukup.

Makanan utama burung ini biasanya adalah pakan buatan berbentuk pellet yang banyak beredar di pasaran, misalnya Kroto Vita dan Kroto Food. Sebagai pakan tambahan dapat kita sodorkan serangga seperti ulat hongkong dan jangkrik yang masih hidup atau buah-buahan seperti pisang dan pepaya.

Ulat hongkong dan jangkrik diberikan seminggu sekali secara bergantian. Jumlah yang diberikan 5-10 ekor ulat hongkong dan 3-5 jangkrik hidup setiap kali pemberian (pagi atau sore hari). Untuk jangkrik hidup, tungkainya yang berduri harus kita buang terlebih dahulu karena dikhawatirkan dapat merusak pita suara burung. Pita suara yang rusak dapat menyiksa burung yang bersangkutan saat bersuara. Pemberian serangga ini dimaksudkan untuk menghaluskan suara burung agar suka berkicau.

Jenis pisang yang dipakai sebagai pakan tambahan adalah pisang kepok yang masak. Setiap pemberian berjumlah 1-2 buah untuk satu ekor burung. Adapun pepaya yang biasa digunakan adalah pepaya lokal sebanyak satu potong. Pemberian pepaya dan pisang dilakukan secara bergantian. Buah-buahan ini diharapkan dapet menghalunkan kucauan poksay.

Pemberian grit berupa tumbukan tulang almi cumi, kulit kerang, dan bata merah tak kalah pentingnya seperti juga air minum yang harus tersedia secara lancar dan teratur. Pemberian vitamin dan mineral sintetis perlu dilakukan setiap dua minggu atau satu bulan sekali.

Pakan BurungPoksay