Jamu sehat perkutut

ID 51265

Agrotani.com – Kicauan burung perkutut baik tidaknya ditentukn oleh sifat genetik dan lingkungan. Salah satu faktor lingkungan yang turut mempengaruhi keindahan suara perkutut adalah jenis pekan yang dimakannya. Burung perkutut dari keturunan yang baik tidak akan menurjukkan suara yang bagus bila diberi pakan yang asal – asalan. Burung perkutut setiap hari membutuhkan pakan antara 5 – 10 g per ekor. Pakan ini dengan kandungan protein 10-15 lemak 2-4%, dan serat 2-5%. Untuk memenuhi kebutuhan pakan tersebut, dapat dibuat menu khusus. Bila kita tidak ingin susah payah pun dapat membelinya di kios penjual pakan burung, berupa pekan buatan khusus untuk perkutut atau berupa biji bijian yang sudah dicampur maupun belum dalam kemasan plastik.

Perkutut Jadi

Kita jugn bisa membuat campuran biji bijan tersebut dengan komposisi yang kita buat. Cara mencampur biji bijian untuk pakan perkutut dapat dilakukan dengan mengadakan percobaan pemberian biji-bijian dengan komposisi tertentu sampai didapatkan komposisi terbaik yang memberikan suara terbaik.

Jamu sehat perkutut rahasiah ramuan Burung Perkutut


Untuk membantu mendapa ukuran komposisi yang kita dapat gunakan wadah – wadah kecil yang berukuran sama sebagai penampung biji. Banyaknya komposisi suatu wadah yang dicampurkan berpatokan pada berapa kali kita memuat biji tersebut dengan wadah. Masing-masing komposisi ini kita coba peling tidak selama satu minggu.

Untuk minggu pertama coba perbandingan 1:1:1:1 untuk beras merah, ketan hitam, gabah lampung, dan jewawut. Minggu selanjutnya digunakan perbandingan 1:2:2:1 dan seterusnya sampai didapatkan komposisi terbaik. Komposisi terbaik barulah yang akan digunakan untuk patokan selanjutnya. Biji-nijian yang dipakai sebagai pekan perkutut berasal dari perpaduan seperti beras merah, ketan hitam, gabah lampung, milet, dan Biji-bijian yang digunakan untuk pakan harus mumi. Artinya tidek tercampur dengan biji lain yang tidak diharapkan dan bebas dari kotorsn.

Komponisi biji-bijian yang bisa anda gunakan.

  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 2:1:7
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 1/2 : 5 : 4 : 1/2
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 3 : 1/2 : 5 : 1/5
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut : gabah lampung = 1 : 2 : 1/2 : 6 : 1 1/2
  • Beras hitam : jewawut : biji-bijian = 5 : 3 1/2 : 1 1/2
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut : gabah lampung : millet : biji kenari = 1 : 1 : 4 : 2 : 2

Selain itu, kita pun dapat membuat pakan buatan sendiri yang tidak kalah dengan pakan buatan pabrik yaitu berupa campuran biji bijian dan bumbu tertentu. Bumbu-bumbu yang diperlukan dapat kita peroleh di pasaran.

Pakan Buatan


Pertama-tama kita sediakan bumbu berupa bawang putih sebanyak 2 siung, jahe dan kencur masing-masing sebanyak 3 potong, dan garam dapur 12 sendok makan. Selain itu, disediakan pula telur 2 – 3 butir, madu 5 sendok makan ketan hitam 1 liter, millet 1/4 liter, biji kemari 1/4 liter, dan jewawut 1/8 liter. Cara membuatnya sebagai berikut :

  • Semua bumbu tersebut ditumbuk sampai hancur.
  • Kuning telur dikocok sampai mengembang, lalu ditambah madu dan dikocok ulang sampai tercampur.
  • Ke dalam campuran madu telur ini kita masukan bumbu yang telah diamduk tadi dan diaduk sampai rata.
  • Biji – bijian yang telah tensedia kita cuci sampei bersih, lalu diiriskan dan dijemur di atas tampah. Bila telah kering, semua biji tersebut kita campurkan ke dalam adonan telur bumbu. Campuran diaduk sampoi ratn betul.
  • Selanjutnya campuran tersebut kita sangrai (digoreng tanpa minyak) selama kira-kira dua menit. Setelah di sangrai, ditampung di atas tampah dan diangin-anginkan sampai kering dan dingin. Pakan buatan yang sudah dingin inilah yang akan kita berikan pada perkutut.

Kesehatan Burung Perkutut


Agar burung perkutut sehat dan bersuara bagus, sebaiknya jangan diberi makanan tambahan berupa “jamu”. Jamu yang diberikan bisa berupa bahan-bahan yang telah dibuat di pebrik maupun berupa jamu tradisional. Beberapa contoh bahan makanan tambahan yang telah dibuat pebrik antara lain sebogni berikut.

  1. Pil perkutut Super Merah, berbentuk butiran yang berkhasiat membuat perkutut sehat, suka makan, dan senang mengganggu.
  2. Pil perkutut Super Biru, berbentuk butiran ynng mengandung vitamin untuk menghilangkan stres dan burung bersuara baik serta suka manggung.
  3. Supervit. vitamin khusus untuk burung perkutut. Vitamin ini berbentuk tepung agar burung lebih sehat dan suka manggung.

Makanan Tambahan


  1. Serangga berupa kaoto, ulat hongkong, dan lain-lain sebagai sumber protein hewani. Diberkan seminggu sekali.
  2. Terasi, berkhasiat membentuk suara dan meningkatkan gairah manggung. Diberikan seminggu sekali dengan cara dibuat butiran sebesar kacang hijau lalu diberikan ke burung.
  3. Daun saga, berkhasiat menjernihkan suara. Diberikan seminggu sekali. Cara pemberian, daun saga dipulir puli hingga menjadi butiran-butiran kecil sebesar kacang hijau dan keluar airnya, kemudian air perasan dan butiran tenebut ( 5-7 butiran untuk sekali pemberian ) diberikan pada burung.

Pemberian pakan tambahan hendaknya kita atur agar tidak bersamaan waktunya dengan pekan lain. Pakan hendaknya diberikan grit berupa campuran hancuran batu kapur, kulit kacang, dan bata merah untuk membantu pencernaan burung. Tidak lupa kita sediakan air minum berupa air tawar yang bersih. Sebaiknya air minum adalah air yang telah direbus dan didinginkan.

Perkutut