DAFTAR
MASUK

Ramuan rahasia untuk kenari

Ramuan rahasia untuk kenari

Agrotani.com – Burung kenari merupakan salah satu burung yang banyak dipelihara orang. Selain karena warma bulunya yang indah dan beraneka warna, juga karena sifatnya yang periang dengan suara nya yang merdu keindahan warna dan nyanyiannya yang merdu menambah susan hangat dan menjadi penghibur pemiliknya.


Agar burung tersebut senantiasa tampil dengan warna bulu mengilap dan suara merdu, kita harus senantiasa memperhatikan kesehatan dan pakan. Secara biologis burung kenari termasuk kelompok omnivora. Sebagian besar makanan pokok burung kenari terdiri atas berbagai biji-bijian, sayuran, dan serangga. Atau, makanan yang sudah tersedia untuk burung kenari yang di jual di kios pakan burung.


Biji – bijian yang biasa di gunakan sebagni pekan utama burung adalah biji tumbuhan yang berukuran kecil, seperti jawawut, lobak, biji sawi, dan biji bunga matahari yang telah dikupas kulitnya. Biji-biji tersebut sebaiknya dicampur dengan proporsi yang seimbang. Burung kenari juga bisa diberi pakan biji-bijian yang mudah didapat seperti beras merah, beras putih, kacang hijau, kedelai, dan jagung.

Ramuan rahasia untuk kenari agar cepat gacor


Biji-bijian


?  Ukuran biji-bijian yang disebut biasanya relatif besar dalam pemberiannya harus di tumbuk terlebih dahulu sampai berukurnn kecil kecil. Hal ini dimaksudkan agar biji bijian tersebut mudah dipatuk dan ditelan, campuran yang bisa dipakai adalah 1 bagian beras merah atau beras putih, 2 bagian kacang hijau, 1 bagian kedelai, dan 1 bagian jagung, atau perbandingan lain dengan mengubah proporsi kacang hijau tergantung keperluan.


Bila kita menghendaki burung kenari cepat bertelur, proporsi kacang hijau sebaiknya ditingkatkan. Kacang hijau mengandung zat yang membantu dalam proses pembentukan telur. Daun selada, kubis, sawi, bayam, kangkung, dan umbi wortel merupakan beberapa jenis sayuran yang dapet diberikan sebagai pakan kenari.


Sayuran tersebut diberikan secara teratur. Pemberian sayuran ada sayuran yang bisa menyebabkan mencret bila dikonsumsi terlalu banyak, misairya daun kangkung. Sebagian hevousn orrivor, selain memakan biji-bijian dan sayuran, burung kemari juga memakan serangga. Serangga yang biasa dimakan antara lain keroto, ulat bambu, belalang, dan jangkrik.


Bila sayuran tersebut sulit didapat, telur rebus yang telah diiris kecil kecil dapat mengganrikanya. Pemberian serangga, terutama keroto, sebaiknya tidak berlebihan karena bisa menimbukan akbat yang menyebabkan bulu mudah rontok. Untuk seranga berupa serangga belalang atau jangkrik, terlebih dahulu potong kecil, agar mudah ditelan. Atau, bisa juga mencari belalang muda atau jenis yang berukuran tubuh kecil. Sekarang ini banyak beredar pakan burung kenari berbentuk pabrikan, misalnya, Canary Food.


Selain makanan di atas, kenari perlu juga diberi tulang cumi sebagai sumber zat kapur. Bila tidak ada, bisa diganti dengan tepung tulang atau pecahan kulit kerang. Pemberian dan penggantian air minum juga harus diperhatikan setiap hari.


Pakan Untuk Warna Burung Kenari


?  Untuk menguatkan dan menambah keindahan warna bulu burung bahan makanan tertentu dapat kita berikan kepada burung kenari. Untuk memiliki wama dasar supaya warna bulunya bertambah merah, ke dalam makanannya harus ditambahkan zat warna merah (karoten), Karoten ini bisa dipenuhi dari wortel. Untuk kenari yang memiliki wama dasar hitam atau biru, wama tersebut dapat diperjelas dengan pemberian zat antosianin. Sumber antosianin antara lain buah leunca. Untuk menguatkan warna bulu kuning, makanan yang ditambahkan harus mengandung antosianin.


Zat warna ini bisa diperoleh dari tanaman kunyit. Adapun bila kenari berwarna dasar hijau, warnanya dapat diperkuat dengan pemberian makanan yang mengenandung klorofil yang banyak terdapat pada daun daunan. Daun yang biasa dipakai untuk menguatkan warna hijau antara lain daun katuk. Penguat warna tersebut dibuat dengan cara sebagi berikut.


Bahan yang dibutuhkan wortel dan kunyit diperut, sedangkan untuk daun katuk dan buah leunca diutamakan. Hasil parutan atau lumatanya diperas dengan bantuan kain sampel airnya keluar dan dtampuang dalam wadah. Air perasan ini bisa diberikan sebagai air minum atau dicampurkan dengan makanan lain yang disukai burung. Namun, harus tetap dijaga agar selera burung terhadap pakanya tidak berubah. Penguat warna bulu ini diberikan pada saat kenari sedang mengalami pergantian bulu.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Burung Kenari Tag : Pakan Burung


Tinggalkan pesan "Ramuan rahasia untuk kenari"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.