Pupuk Tanaman Cabai yang Cocok Di Musim Hujan

ID 17036

Agrotani.com – Pemberian pupuk ketika hujan memang banyak sekali resiko yang akan dihadapi, banyak petani yang ingin memberikan pupuk pada tanaman cabai mereka anamun takut tanaman cabai mati. Pada musim penghujan biasanya intensitas air cukup tinggi, jadi kemungkinan dari kasus ini akan mengakibatkan matinya organ tanaman jika perlakuan yang kita lakukan salah.

Tanaman Cabai

Namun ada sedikit tips dari kami, bagaimana mengatasi hal ini agar tidak terjadi pada tanaman cabai anda. Tentu yang kita akan gunakan ini berbeda dengan pemupukan dengan musim kemarau dan perlakuannya yang lebih khusus.

Hal yang digunakan untuk pemupukan pada musim hujan yaitu dengan membenamkan pupuk pada masing-masing lubang khusus pupuk, tutup dengan tanah yang ada disekitar lubang. Pemberian pupuk cabai ini diletakan pada tengah-tengah tanaman satu dan dengan tanaman lainnya.

Untuk lebih jelasnya pupuk berikut ini yang bisa anda gunakan pada tanaman cabai anda.

1. Pupuk Phonska Cair

Pupuk phonska cair memungkinkan tanaman yang terserang oleh hama dan penyakit bisa disembuhkan dan mencegah serangan dari hama dan penyakit. Pupuk ini sangat cocok sekali untuk tanaman cabai di musim penghujan.

Cara penggunaan :

Siram pupuk phonska cair pada tanaman yang terserang hama penyakit atau tanaman kerdil.
Penyiraman bisa di gunakan pada masa pertumbuhan awal ketika baru dipindah ke lahan bedengan bermulsa.

Sama halnya pupuk kandang, pembuatan pupuk phonska cair ini sangat mudah serta dapat anda terapkan langsung di rumah/kebun anda.

Untuk membuat pupuk Phonska cair anda bisa mempelajarinya disini : Cara membuat pupuk phonska cair untuk tanaman cabai.

Dari beberpa cara pemupukan yang sering digunakan untuk tanaman ini membutuhkan keuletan dalam melihat kebutuhan tanaman cabai anda. Dalam budidaya yang anda tanam maka hal yang harus anda ketahui adalah kandungan unsur-unsur yang ada di dalam tanah.

2. Pupuk Kandang dan Kompos

Yang dibutuhkan oleh tanaman cabai adalah unsur Nitrogen (N), Magnesium (Mg), Kalium (K), Kalsium (Ca), dan Phosfor (P) dalam jumlah tinggi. Pupuk kandang dan pupuk kompos memeiliki unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman cabai anda. Keunggulan pupuk kandang dan pupuk kompos memberikan pertumbuhan pada tanaman secara sempurna, maka pupuk organik ini sangat dianjurkan untuk tanaman anda.

Pada dasarnya kandungan unsur-unsur ini memungkinkan untuk pembentukan enzimatis dan hormon tanaman, dalam dunia pertanian enzimatis merupakan kekebalan tanaman dari serangan hama dan penyakit. Jika musim hujan tentu resiko untuk terserang serangan hama dan penyakit lebih tinggi dari musim kemarau.

Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah, perlengkapan seadanyapun sudah cukup untuk membuat pupuk kandang. Kami sudah menyediakan artikel di bawah ini agar anda bisa menggunakannya.

Artikel : Cara Membuat Pupuk Kandang Yang Baik Dan Benar

3. Pupuk NPK Mutiara Pupuk Urea

Pupuk NPK merupakan pupuk yang mengandung unsur yang di butuhkan tanaman ketika masa pertumbuhan dan pada masa pembuahan. Begitu juga dengan pupuk Urea yang sangat baik ketika dalam masa pertumbuhan awal.

Penggunaan pupuk bisa digunakan dengan cara pembenaman ke tanah, dosis yang dibutuhkan untuk 1 tanaman adalah 1 genggam orang dewasa. Pemberiannya dilakukan tiap 1 bulan sekali, atau bisa rutin tiap 20 hari sekali.

Pupuk ini cocok juga digunakan pada musim kemarau. Penggunaan pupuk yang anda gunak pada musim kemarau sama dengan pemberian pupuk pada musin penghujan.

Beberapa jenis pupuk untuk tanaman cabai pada musim penghujan memang sudah banyak yang menggunakan dari jenis-jenis pupuk yang beragam, namun sesuai uji lapangan ketiga pupuk ini sangat terlihat sekali perubahan yang terlihat pada tanaman cabai.

Penggunaan pupuk yang digunakan harus sesuai dengan anjuran pakai. Jangan sampai kekurangan atau kelebihan dalam pemberian pupuk, karena akan berdampak buruk pada tanaman yang dibudidayakan.

Baca Juga :

Tanaman Cabai