Prospek Kerja Fakultas Pertanian Yang Sangat Menguntungkan

ID 8056

Agrotani.com – Pada masa lulusan smk atau sma Prospek Kerja Fakultas Pertanian Yang Sangat Menguntungkan dihadapkan pada jenjang yang lebih tinggi yaitu melanjutkan untuk kuliah. Tentunya banyak sekali orang yang ingin hidup layak dengan profesi yang menjanjikan untuk masa depan yang cerah. Kelak dewasa nanti yang namanya uang itu sangat dipikirkan untuk kelayakan kita. Untuk menjadi peternak atau petani di bidang pertanian sepertinya mulai menurun peminatnya, ini merupan kesempatan anda untuk menjadi petani muda untuk generasi penerus bangsa.

Mungkin manusia bisa hidup tanpa facebookan atau internetan, namun manusia tidak bisa bertahan jika mereka tidak makan. Sumber makanan dan bahan apapun itu yang di konsumsi oleh manusia ada di pertanian dan itu saling keterikatan tidak bisa dilepaskan.

Tentukan pilihan anda untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memilih Universitas pertanian yang sudah terbukti kelayakannya. Petani maju dengan SDM yang sangat baik akan menciptakan beberapa sumber kemajuan yang nyata.

Bidang pertanian yang umum dibutuhkan :

Agroteknologi

Program studi ini memungkinkan anda untuk mempelajari dan mengkaji interaksi factor genetic dan lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman. Jika anda masuk ke jurusan ini, anda akan mempelajari tentang budidaya tanaman lebih dalam melalu teknologi atau inovasi pengembang mengenai tanaman.Keunggulannya jika anda masuk kedalam jurusan ini anda bisa lulus dengan program ilmu tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan. Anda akan dirancang menjadi tenaga ahli di bidangnya.

Prospek karir yang anda peroleh jika lulus program studi ini, memungkinkan anda untuk bekerja di Departemen Pertanian, Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, prusahaan swasta atau menjadi wirausaha yang kopeten.

2. Pemuliaan Tanaman

Program Studi ini akan menjadi tenaga ahli untuk sektor pertanian yang kuat, dengan keterampilan yang akan anda miliki memungkinkan penalaran yang kuat dalam menghadapi permasalah yang ada di lapangan. Cakupan atau sarana untuk pekerjaan lebih terjamin karena sangat dibutuhkan oleh negara atau perusahaan swasta lainnya.
Keunggulan:

Lulusan program studi ini akan ahli dibidang pemuliaan tanaman konvensional dan bioteknologi atau benih yang memang sudah dilatih untuk itu

Sosial Ekonomi Pertanian/ Agribisnis

Untuk anda yang tertarik di bidanga Agribisnis, jika anda masuk perkuliahan ini anda akan mempelajari fungsi manajerial dala kerangka pengembangan agribisnis yang berlandasan pada pemanfaatan SDM dan SDA secara terarah secara alami dan lestari.Keunggulan:

Jika anda lulus anda akan ahli dalam bidang perekonomian yang berbasis pertanian dan agribisnis, bukan hanya itu kebijakan pangan dan pertanian dengan menggunakan pendekatan usaha mikro atau makro yang terarah.

Prospek Karir:

  1. Departemen Keuangan (Bea Cukai, Pajak dan Anggaran)
  2. Konsultan
  3. Lembaga Penelitian
  4. Badan Pusat Statistik (BPS)
  5. Departemen Perdagangan
  6. Wirausaha
  7. Bappenas
  8. Bappeda
  9. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  10. Departemen Koperasi
  11. Departemen Pendidikan Nasional
  12. BUMN
  13. Bank Indonesia
  14. Perbankan (Bank pemerintah dan swasta)
  15. UKM
  16. Departemen Kehutanan
  17. Bulog

Peternakan

Program Studi yang mempelajari mengenai pembelajaran hewan ternak seperti sapi, domba, unggas dan hewan ternak lainnya. Anda akan diarahkan untuk menjadi ahli bidang peternakan.Keunggulan

Jika anda masuk program studi ini memungkinkan anda untuk mempelajari hewan ternak mulai dari organ hewan sampai pembudidayaan hewan dengan benar. Menjadi ahli bidang peternakan.

Prospek Karir :

  1. Peternak wirausaha
  2. Pembuat prodak pakan ternak
  3. Ahli bidang kesehatan ternak
  4. HDBUNAK (Dinas Kehutanan Perkebunan dan Peternakan)
  5. Konsultan peternakan
  6. UKM
  7. Departemen Perdagangan
  8. Departemen Kehutanan
  9. Departemen Pendidikan Nasional

Daftar Universitas yang menyediakan Program Studi tersebut diantaranya adalah UNMA ( Universitas Majalengka ) Fakultas Pertanian, info terkait mengenai Universitas ini yang saya dapatkan :

VISI

“Menjadi Salah Satu Fakultas Pertanian Unggulan Tingkat Nasional Berbasis Sumber Daya Lokal pada Tahun 2026”.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam bidang ilmu pertanian.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang terarah dan terpadu untuk kemajuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta untuk menjawab permasalahan pembangunan daerah dan nasional khususnya dalam bidang pertanian.
  3. Mendorong kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wujud peran perguruan tinggi dalam mengembangkan dan menerapkan IPTEK di lingkup pertanian terpadu untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam bidang pertanian yang berbasis sumber daya lokal dalam lingkup nasional dan internasional.

PROGRAM STUDI

Program Studi Agroteknologi

Jenjang Strata S1 Terakreditasi B
(SK BAN PT Nomor : 324/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015)

Program Studi Agribisnis

Jenjang Strata S1 Terakreditasi B
(SK BAN PT Nomor : 592/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2015)

Program Studi Peternakan

Jenjang Strata S1 Terakreditasi B
(SK BAN PT Nomor : 773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015

KEUNTUNGAN

  • Program Pengajaran dirancang untuk dapat membentuk sumberdaya manusia yang handal di sektor pertanian dan sektor terkait lainnya;
  • Mahasiswa akan mendapat perkuliahan dan praktikum yang intensif dari dosen-dosen yang ahli di bidangnya;
  • Kampus Fakultas Pertanian dengan fasilitas yang memadai, terletak pada posisi yang strategis sehingga memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar;
  • Lingkungan Kampus yang tertib, aman dan ramah dengan biaya hidup yang relatif murah dibandingkan dengan kota-kota pendidikan lainnya;
  • Fasilitas perkuliahan, laboratorium, sarana olah raga, sarana ibadah, perpustakaan dan koperasi mahasiswa yang baik memungkinkan terkembangkannya kreatifitas dan penalaran mahasiswa;
  • Mahasiswa akan mendapatkan pengajaran komputer pertanian secara intensif.
JENJANG KARIR

Fakultas Pertanian Universitas Majalengka telah banyak menghasilkan alumni – alumni yang dapat dengan mudah terserap oleh dunia kerja. Alumni Fakultas Pertanian Universitas Majalengka sebagian besar menjadi tenaga penyuluh dan sebagian lainya tersebar seperti di Perbankan (BRI), instansi pemerintahan, dan BUMN. Ke depan permintaan akan tenaga penyuluh masih tinggi dikarenakan program pembangunan pertanian menuntut ketersediaan tenaga penyuluh untuk tiap desa dan regenerasi di badan Penyuluhan.

BEASISWA

  1. Bidik Misi
  2. Provinsi ( Berprestasi )
  3. BPPA ( Berprestasi )
  4. BBP – PPA ( Tidak Mampu )
Pendaftaran Waktu
Glombang 1
1. Pendagtaran 20 Februari s.d 24 Maret 2017
2. Computer Based Test (CBT)  26 Maret 2017
3. Waeancara / Seleksi Praktek 02 April 2017
4. Pengumuman Hasil Tes  10 April 2017
5. Registrasi 10 April s.d 21 April 2017
Glombang 2
1. Pendagtaran  25 Maret s.d 12 April 2017
2. Computer Based Test (CBT) 14 Mei 2017
3. Waeancara / Seleksi Praktek 21 Mei 2017
4. Pengumuman Hasil Tes 29 Mei 2017
5. Registrasi 29 Mei s.d 09 Juni 2017
Glombang 3
1. Pendagtaran  13 Mei s.d 12 Agustus 2017
2. Computer Based Test (CBT)  13 Agustus 2017
3. Waeancara / Seleksi Praktek  20 Agustus 2017
4. Pengumuman Hasil Tes 24 Agustus 2017
5. Registrasi  24 Agustus s.d 05 September 2017
Lain-lain
Pengarahan PROSSPEK  06 September 2017
Pelaksanaan PROSSPEK  07 s.d 09 September 2017
Awal Perkuliahan 18 September 2017

UNMA