Proses Perkembangan Buah Pada Semua Tumbuhan

ID 4740

Agrotani.com –  Buah sangat baik sekali jika kita konsumsi setiap hari, dimana kita memperoleh khasiat yang sangat besar sekali. Hal ini di kearenakan buah sangat baik sekali bagi organ tubuh manusia. Kita harus mengetahui bagai mana perbentukan buah pada tanaman. Buah tersusun atas beberapa bagian yang pembentukannya tidak dalam satu kesatuan. Masing-masing terbentuk dari bagian – bagian jaringan bunga yang berbeda. Dalam pengertian botani buah adalah sebuah organ yang sejalan dengan bertambahnya ukuran dan perubahan bentuk buah biji juga terbentuk.

Gambar 4 Perkembangan buah

Pada beberapa bagaian buah memiliki macam-macam berlaku proses fisiologis-morfologis tertentu. Pada dasarnya pembentukan ini itersusun karena melalui proses terjadinya pembuahan pada organ tanaman secara normal. Ada beberapa tanaman yang di harpkan ketidak normalan pada pembentukan pembuahanya, hal ini karena sasaran yang kita lakukan dengan sengaja di pruntukan sebagai konsumsi, contohnya kelapa kopyor, kelapa kopyor adalah pembuahan yang tidak normal. Dari bunga yang tidak dibuahi bisa juga terbentuk buah namun ukurannya kecil dan sering akan gugur dalam beberapa hari atau beberapa minggu.

Pada proses pembentukan buah biasanya pada priode 4 pertama di hitung sejak tanam, periode yang menentukan ukuran dan berat buah pada saat dipanen. Bunga-bunga yang terbentuk lebih awal pada umumnya membentuk buah yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan bunga-bunga yang terbentuk belakangan karena antara buah terjadi persaingan dalam menarik asimilat yang dihasilkan oleh daun melalui proses fotosintesis.

Perbedaan pada proses pembuahan tergantung dari jenis tanaman yang di tanam, faktor ini di perngaruhi oleh genetik pada tanaman, dan faktor pendukung lainya, seperti faktor yang di pengaruhi oleh iklim, suhu, kelembaban dan hal yang menunjang faktor – faktor pada pembentukan buah. Buah yang terbentuk dan masak lebih cepat akan memiliki daya simpan yang lebih pendek.

Kita ambil contoh seperti buah apel pada musim panas yang membutuhkan waktu hingga 70 – 90 hari memiliki daya simpan lebih pendek dibandingkan dengan apel musim dingin yang pemasakannya membutuhkan waktu 140-170 hari.

Proses perkembangan buah sangat jelas di kaitkan dengan faktor pendukung dan jenis pada tanaman yang kita budidayan. Proses pembentukan buah di pengaruhi oleh jenis tanaman dan genetik yang terdapat pada tanaman tersebut. Namun seiringnya perkembangan teknologi pertanian, rekayasa genetik pada proses perkembangan buah bisa di kembangkan sehingga menjadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas serta pendapatan di dalam budidaya yang anda lakukan.

Tanaman