DAFTAR
MASUK

Produksi ikan hias dari laut

Agrotani.com – Produksi ikan hias (ornamental fish)  juga merupakan segmen pasar tersendiri dan sangat prospektif.  Perairan laut Indonesia memiliki sekitar 253 jenis ikan hias laut dengan potensi produksi mencapai 30 juta ekor/tahun, yang menjadikan posisi Indonesia sangat strategis dalam perdagangan ikan hias laut dunia. Namun, ikan hias laut yang diperdagangkan saat ini masih berasal dari penangkapan di alam.  Berbeda dengan ikan hias air tawar yang telah banyak diproduksi dari budi daya. Ikan hias laut baru sedikit yang berhasil dibenihkan.  Kerapu bebek (Cromileptes altivelis)  yang disebut denga ‘’srace kely”,  klon atau nemo (Amphiprion sp),  dan pidana kuning atau kuwe macan (Gnathanodon specious) adalah ikan hias laut yang telah berhasil dibenihkan.


Peluang Usaha Dari Bisnis Ikan Hias Laut


Ke depan, produksi ikan hias laut melalui budidaya merupakan pasar yang baik. Produksi ikan hias laut melalui penangkapan,  selain tidak menjamin kontinuitas produksi, ikan hias yang dihasilkan dari kegiatan penangkapan kualitasnya rendah dan penanganannya lebih sulit. Apalagi manyarakat internasional mulai sensitif dengan ikan hias yang ditangkap di alam, karena menentang pengrusakan ekosistem terumbu karang. 


Banyak sekali jenis ikan hias laut yang digemari oleh masyarakat, hal ini menjadi suatu peluang usaha yang sangat baik jika anda mengembangkanya. Budidaya ikan hias perairan laut memerlukan pengetahuan yang di rasa cukup apabila sukses dalam mencoba pembenihan ikan, namun hanya sedikit jenis yang sudah berhasil, selebihnya harus ada pengembangan agar dapat memperoleh bibit ikan yang benar – benar berkualitas tinggi.


Hal yang sangat di perhatikan adalah dengan mengetahui sasaran yang akan di jangkau seperti kelas menengah ke bawah atau kelas besar-besaran, pasar yang umum di masyarakat menjual ikan laut yang biasanya tidak di minati oleh kalangan menengah ke atas, jika sasaran pasar anda kelas menengah ke atas maka ini adalah peluang besar untuk anda yang ingin mengmbangakan atau berbudidaya.


Negara kita sangat berpeluang besar untuk membudidayakan ikan hias laut di dukung dengan kondisi dan jenis ikan hias yang mencapai jutaan dan bahkan ada beberapa ikan yang belum memiliki nama di perairan Indonesia.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Ikan Laut


Tinggalkan pesan "Produksi ikan hias dari laut"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.