Pisang

ID 1986

Pisang

Mengenal Buah Pisang Lebih Dekat

Nenek moyang pisang berasal dari daratan Asia dan kata banana berasal dari kata arab yaitu banan yang berarti jari. Tahun 200 SM di China sudah ada perkebunan pisang sederhana dan tahun 650 M pisang tiba di wilayah Mesir Dari Mesir kemudian menyebar ke seluruh daratan Afrika yang dibawa oleh budak-budak Arab dan pedagang pedagang dari Pantai Gading. Tahun 1448 pisang dibawa oleh orang-orang Portugis ke kepulauan Kanaria. Negara penghasil pisang terbesar dunia adalah Brasilia, India, Philipina, Ecuador, Indonesia, dan Mexico.

Produksi tahun 1987 dan 1989 tertera pada Tabel 6. Indonesia menempati urutan ke 6 besar dunia sebagai negara penghasil pisang, tetapi dengan adanya penyakit pisang yang mewabah belakangan ini diperkirakan posisi Indonesia akan merosot. Negara pengimport pisang terbesar dunia adalah USA, Uni Eropa, dan Canada, yang menyerap 65% dari produksi dunia.

Nilai Gizi Terkandung

Pisang dinyatakan sebagai makanan sehat, karbohidrat yang terkandung di dalamnya dapat menyamai kentang, provitamin A tergolong tinggi jika dibandingkan dengan buah-buah lain, vitamin B tinggi terutama vitamin B6(vitamin syaraf), sehingga sangat baik untuk penguat dan penenang syaraf, kandungan mineral tinggi terutama kalium dan magnesium. Kalium berperan dalam membantu pembuangan kotoran tubuh dan cairan tubuh yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh, sehingga cocok untuk menu diet.

Kecuali itu pisang juga mengandung fosfor, zat besi, tembaga tinggi. Pisang juga sangat berperan dalam memacu pencernaan makanan dan sangat baik untuk penderita gangguan lambung. Pisang dapat melindungi lambung dari asam lambung berlebihan. Dari kandungan gizi yang dimiliki, pisang sangat baik untuk makanan anak-anak dan bayi.

 

Cara Menyimpan


Suhu yang paling baik untuk menyimpan pisang adalah suhu kamar. Tidak dianjurkan menyimpan pisang di dalam lemari es karena dapat membunuh aroma pisang yang khas.

Kondisi Tumbuh yang sesuai


Pisang merupakan tanaman tropis yang tumbuh baik pada wilayah 30 LU dan 30 LS, semua perkebunan besar di Dunia terletak pada wilayah 20 LU dan LS. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik pisang harus mendapat cahaya matahari penuh, namun juga toleran terhadap naungan ringan. Suhu yang terbaik untuk pertumbuhan pisang adalah 29.30 C. Pada suhu 11 C pisang akan menghentikan pertumbuhannya. Curah hujan bulanan yang dikehendaki adalah 200-220 mm. Membutuhkan air secara kontinyu dengan kandungan kelembaban tanah optimal 60-70%.

Karena itu untuk mendapatkan pertumbuhan dan hasil yang optimal pada musim kemarau perlu irigasi untuk menjamin ketersediaan air bagi tanaman pisang. Tanah yang kaya akan bahan organik(39%) dengan nilai pH berkisar 6 (toleransi pH 4,5-7,5) yang berdrainase balk sangat sesuai untuk penanaman pisang. Pisang diperbanyak secara vegetatif(anakan, potongan bonggol yang bermata tunas, kultur jaringan).

Buah pisang dipanen umur 80-90 hari sejak pontong/bunga keluar. Pisang membutuhkan unsur hara N, K Mg dan Ca tinggi yang seimbang. N dan K dapat meningkatkan ukuran buah dan berat tandan sedangkan Ca dapat mencegah penyakit pecah kulit buah, Populasi pisang berkisar 1000- 3000 pohon per hektar tergantung varietas yang ditanam. Daerah- daerah jalur angin kurang dianjurkan untuk penanaman pisang karena dapat merobek-robek daun yang berpengaruh terhadap mutu hasil buah.

Tanaman Pisang

Pisang,5 / 5 ( 2voting )