DAFTAR
MASUK

Pertanian modern yang baik dan benar

Pertanian modern yang baik dan benar

Agrotani.com – Pertanian modern merupakan teknologi atau inovasi di bidang pertanian yang lebih maju, dari segi mesin, pengendalian hama penyakit sampai panen dan pasca panen. Hal yang membedakan pertanian modern dengan pertanian tradisional adalah perlakuan atau cara perawatan dan budidayanya.

Teknologi yang berkembang di Indonesia semakin ke arah yang lebih maju, tergolong cepat pertanian Indonesia mengimbangi dengan negara lain. Pertanian modern yang sekarang ini berjalan memberikan dampak atau respon pada petani dan peternak untuk mereka gunakan sebagai pekerjaan mereka.

Pada dasarnya kita bisa melihat dari beberapa hal yang dapat di nilai dari pertanian modern. Faktor yang mendukung pertanian modern adalah Sumber Daya Manusia (SDM), benih berkualitas tinggi, hasil pertanian perikanan dan peternakan yang berkualitas, serta mekanisasi berteknologi tinggi.

Pertanian modern yang baik dan benar


Pada era 2016 petani muda negara kita berkurang dan ini merupakan sumber penghambat bagi negara kita untuk mencapai pertanian modern yang ingin di capai. Faktor utama yang mempengaruhi menurunya minat petani muda menurun adalah ketidak pastian dari bertani, petani di anggap kotor.

Peranan pemerintah untuk memajukan pertanian modern untuk negara Indonesia sudah di mulai dari belasan tahun yang lalu, pertanian yang semakin dibutuhkan dan semakin menjadi muka dari negara ini ternyata ada perkembangan namun berlahan.

Seperti halnya pertanian jepang mutu kualitas produk pertanian sudah tidak diragukan lagi, kebutuhan konsumen sangat jelas dengan harga yang setabil ini yang di sebut sebagai pertanian modern.

Contoh pengembangan pertanian modern :

  • Hidroponik
  • Pertanian organik Terintegrasi
  • Pertanian holtikultura

Penanaman tanaman atau ikan budidaya menjadi pilar yang mencerminkan dari budidaya pertanian modern, perlakuan yang digunakan untuk pekerjaan hampis semuanya menggunakan mesin dan robot.

Pada dasarnya kemajuan ini terletak pada cara berpikir yang berdasarkan konsep alam, saya memberikan gambaran seperti hidroponik.

Contoh Konsep Dasar Pertanian Modern

Hidroponik
Hidroponik hanya baru-baru ini banyak digunakan di Indonesia, konsep dasar dari hidroponik sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Hidroponik digunakan oleh para ilmuan untuk meneliti tanaman yang berdasar dari air, namun berbeda lagi jika dibicarakan untuk jaman sekarang, pertanian hidroponik yang tergolong modern itu sudah tidak asing lagi untuk saat ini.
Manusia tidak bisa menciptakan alat atau teknologi melebihi batasan tuhan, namun kita bisa berusaha dan mengembangkan segala hal, bukan tidak mungkin untuk pertanian modern sekarang ini diterapkan dan digunakan sebagai pekerjaan kita untuk bertani.

Pertanian semakin meningkat kebutuhan namun pertanian modern sepertinya tidak semudah meningkatnya kebutuhan.

Mengapa harus pertanian modern ?

Kebutuhan pangan pada negara kita tidak bisa dilepaskan, manusia ketergantungan makan, sehingga jika ketersediaan pangan tidak ada maka masyarakat kelaparan. Pertanian modern tentu bisa secara cepat mengatasinya, contohnya lahan yang sempit bisa menghasilkan yang berlimpah dengan waktu yang tergolong cepat.

Yang disebut pertanian modern :

1. Pertanian modern menjadikan hal yang mungkin menjadi mungkin.
2. Pertanian modern menciptakan kemudahan.
3. Pertanian modern menghasilkan yang berlipat.
4. Pertanian modern menghemat waktu.
5. Pertanian modern memberikan dampak yang positif dan inovatif.

Pertanian yang sering sekali kita bahas sebagai pekerjaan, tentunya berbeda lagi dengan pertanian modern. Pertanian modern sangat berkaitan sekali dengan waktu kerja, seperti halnya perkantoran budidaya juga menggunakan waktu yang ditentukan.

Jadi pertanian modern merupakan hal penting kita menyikapi segala hal yang berkaitan dengan pertanian dan di sertakan dengan inovasi yang berkembang.

Baca juga :

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Pertanian Tag : Petani


Tinggalkan pesan "Pertanian modern yang baik dan benar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.