DAFTAR
MASUK

Perlukah seleksi ulang pada umbi kentang ?

Perlukah seleksi ulang pada umbi kentang ?

Sesudah penyortiran biasanya perlu untuk penyortiran susulan guna meningkatkan kualitas atau menyaring umbi kentang yang kurang baik, kentang dibiarkan dulu terangin-anginkan dalam ruang terbuka. Lamanya pengangin-anginan ini cukup dua hari saja atau paling lama sekitar 5 hari. Sesudah itu, dilakukan seleksi ulang.

Mengapa?

Pada dasarnya jika diangin-anginkan kentang akan terlihat mana yang sehat dan yang tidak sehat. Dengan perlakuan ini maka kentang akan terlihat dan kita akan jauh lebih mudah untuk memisahkannya. Kentang yang tak sehat sebaiknya disingkirkan jauh-jauh. Akan lebih baik dibakar saja agar tidak menyebarkan gangguan pada tanaman lain. Dan kentang yang baik dapat disimpan atau langsung dijual bila segera dikolasumsi.

Seleksi ulang ini sering tidak dilakukan petani karena biasanya ketika panen belum selesai para pedagang sudah datang menawar hasil panenannya ini. Petani memang tidak pernah menolak tawaran itu. Apalagi bila harga sedang bertiup baik. Ini karena alasan ekonomis semata. Jadi pada prinsipnya perlakuan seleksi ulang dilakukan hanya untuk kentang yang akan dijadikan bibit dan bukan untuk dijadikan kentang konsumsi.

<< Lihat Tentang kentang lainnya

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Kentang


Tinggalkan pesan "Perlukah seleksi ulang pada umbi kentang ?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.