DAFTAR
MASUK

Aneka Peralatan yang Harus Disiapkan untuk Menyemai

ID 335 Di PERTANIAN
Aneka Peralatan yang Harus Disiapkan untuk Menyemai

Agrotani.com – Menyemai benih tanaman merupakan proses awal budidaya tanaman. Berhasil atau tidaknya suatu budidaya tanaman terlihat dari kegiatan awal ini. Jika pada persemaian saja sudah gagal, maka bagaimana akan melanjutkan proses budidaya. Sedangkan benih tanamannya saja sudah gagal.

Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan pada proses persemaian ini. Diantaranya adalah tidak menggunakan bibit yang berkualitas, bibit terserang hama penyakit atau bisa juga karena peralatan yang digunakan tidak mumpuni sehingga mengganggu atau menghambat proses menyemai.

peralatan untuk menyemai

Aneka Peralatan yang Harus Disiapkan untuk Menyemai

Maka dari itu, untuk mensiasati dan meminimalisir kegagalan pada saat proses menyemai disarankan menggunakan peralatan yang mumpuni. Apa saja peralatan itu? Silahkan simak poin-poin di bawah ini.


Peralatan untuk Menyemai


  1. Sabit, berguna untuk memotong rumput atau gulma
  2. Cangkul, berguna untuk menggemburkan tanah.
  3. Tugal, yaitu alat yang terbuat dari kayu yang berguna untuk membuat lubang tanam dan lubang pupuk. Berdasarkan jumlah matanya ada tugal bermata satu, tugal bermata dua, dan tugal bermata tiga. Bila menggunakan tugal bermata dua atau tugal bermata tiga, salah satu lubang yang terbuat berguna untuk menaruh pupuk, sedang lubang yang lain dimasuki benih.
  4. Sekop. Sangat berguna untuk mengaduk media dan memasukkan media dalam wadah semai.
  5. Gembor. Alat untuk menyiram yang paling tepat karena air yang keluar berupa semburan yang halus.

Itulah beberapa peralatan yang diperlukan untuk kegiatan menyemai. Alat-alatnya sederhana kan? Alat-alat itu tidak mutlak harus ada pada saat menyemai. Pengadaan alat pertanian ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Tentu saja setiap benih tanaman yang akan disemai, menggunakan alat yang berbeda pula.

Misalnya ketika akan menyemai tanaman kacang-kacangan, dengan cara menanamnya langsung di lahan, maka diperlukan alat bantu aseuk atau ajir untuk melubangi tanah. Begitupun dengan tanaman lainnya, harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi.

Semoga artikel Aneka Peralatan yang Harus Disiapkan untuk Menyemai ini bermanfaat buat anda yang akan melakukan kegiatan budidaya tanaman. Jangan sungkan untuk bertanya pada kami jika ada yang tidak dipahami. Silahkan kamu gunakan menu forum untuk bertanya. Daftar jadi member dulu sebelumnya.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

author

Tag : Persemaian


Tinggalkan pesan "Aneka Peralatan yang Harus Disiapkan untuk Menyemai"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.