DAFTAR
MASUK

Penyakit Pada Tumbuhan Dan Jenis Penyakit Tanaman Yang Berbahaya

Penyakit Pada Tumbuhan Dan Jenis Penyakit Tanaman Yang Berbahaya

figure_16Agrotani.com – Jenis tanaman sangat beragam begitujuga dengan penyakit tanaman yang sangat mengganggu. Dengan keberadaan penyakit yang kerap sekali datang tiba-tipa, berdampak buruk terhadap hasil peroduksi kita, anda harus mengetahui jenis penyakit yang secara luas dapat tersebar dengan hitungan hari saja. Penanggulangan harus secepatnya di lakukan karena dengan memberikan tindakan yang tepat kita dapat mengurangi resiko penyebaranya dan menyelamatkan tanaman yang kita budidayakan.

Tidak sedikit petani yang mengalami kerugian pada hasil produksi mereka, ini adalah masalah serius untuk ketahanan pangan dan kualitas produksi yang kita hasilkan. Dari penelitian yang di lakukan penyakit sudah di golongkan dengan penyebab timbulnya dan penyeranganya secara nyata. Sebelum anda menanam tanaman yang hendak anda budidayakan anda harus mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi prtumbuhan tanaman terlebih dahulu, agar timbulnya penyakit tanaman dapat terminimalisir dengan baik dan benar.

Pengendalian bisa anda lakukan dengan berbagai cara, dengan melihat jenis dan macam – macam penyakit yang menyerang tanaman. Anda bisa menggunakan obat – obatan sebagai langkah terakhir dengan dosis yang tidak merusak ekosistem lingkungan, hal ini batasan dosis yang di terapkan memiliki batasan yang sesuai dengan kapasitas dari populasi dan jumlah tanaman yang terserang.

Untuk langkah awal dari tanaman yang terserang penyakit, anda bisa melihat gejalanya dengan telitan dan dapat di pastikan pemicu utama timbulnya penyakit tersebut. Dengan kita mengetahui gejala penyakit yang terjadi pada tumbuhan itu, bisa memudahkan kita untuk mengantisipasi kerugian yang akan terjadi. Gejala yang sering kali diperlihatkan pada tumbuhan yang terserang suatu penyakit biasanya muncul pada bagian daun, akar, kulit batang, batang, dan lain lain.

Tanaman akan mengalami perubahan yang sangat jelas ketika hal ini terjadi, seperti pada warna daun yang menguning, daun yang layu, pertumbuhan yang tidak maksimal, keredil, kualitas pada buah yang menurun, atau akar mudah rebah yang di sebabkan oleh virus atau bakteri. Hal yang pasti terjadi jika penyakit serius ini tidak segera di tangani akan berdampak buruk bahkan tanaman akan mati dengan serempak dan tidak wajar.

Penyakit pada tumbuhan

Petani meiliki peran penting dalam pengolahan dan penentu kelangsungan hidup bagi sektor yang terkait. Hal ini sangat erat dengan penyakit pada tumbuhan, jika hasil tanaman yang kita peroleh memberikan yang di butuhkan oleh tubuh kita mengandung penyakit, maka apa yang terjadi pada anda dan keluarga. Tumbuhan sangat berfungsi bagi kelangsungan hidup manusia, sebab hasil dari tumbuhan dapat dijadikan sebagai bahan makanan dimana makanan merupakan salah satu sumber energy bagi manusia.

Tentu ini sangat berpengaruh bukan hanya pada tumbuhan melainkan kepada manusia dan pada ternak yang mengkonsumsi tumbuhan, penanggulangan yang cepat adalah langkah terbaik untuk menanggulanginya, beberapa sub pokok swasembada pangan harus kita dukung dengan mengendalikan penyakit yang menyerang. 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan penyakit pun memeliki faktor pendukung untuk menyerang tanaman melalui cuaca, suhu, kelembaban, hama dan bahkan oleh lingkungan.

Gangguan yang di sebabkan bukan hanya oleh faktor di atas, faktor yang di timbulkan dapat di timbulkan oleh adanya mikroorganisme yang meliputi bakteri, virus, jamur, protozoa, cacing, tikus, dan lain lain. Berukut adalah contoh macam macam penyakit tumbuhan :

Anda tentu mengtahui tanaman yang terserang oleh penyakit, namun jangan tergesa-gesa dengan mengambil tidakan yang kita akan terapkan. Kita teliti bagaiman reaksi tanaman dan lihat dampak serangan yang ditimbulkan, konsultasikan ini kepada petugas penyuluh dan ambil langkah terbaik anda. Saya tidak bisa menjelaskan tindakan yang harus anda ambil, mengingat jumlah penyakit begitu banyak.
Bertani itu tidak mudah perlu kerja keras dan membutuhkan kesabaran serta pengetahuan yang sangat mendalam ketika kita melakukan budidaya tanaman, inilah contoh penyakit yang di timbulkan oleh virus atau organisme pengganggu.

 

Penyakit citrus vein phloem degeration

Penyakit citrus vein phloem degeration atau sering di sebut dengan CVPD, Nama internasionalnya adalah huanglongbing HLB dari bahasa Tionghoa, Karena luasnya serangan penyakit ini, ia dikenal pula sebagai citrus greening disease, yellow shoot disease, leaf mottle yellows (Filipina), libukin (Taiwan), dan citrus dieback (India). Penyakit ini kerap sekali menyerang suku jeruk-jerukan yang mengakibatkan daun menguning dan bahkan berlubang pada bagian batang tengah daun.

 

Penyakit mosaic.

Jenis penyakit ini sering menyerang tumbuhan tembakau, penyakit ini disebabkan karena adanya virus TMV yang membuat daun tembakau menjadi kuning. Adolf Meyer (1883) menunjukkan pertama kali bahwa gejala mosaik ini dapat menular, seperti penyakit bakteri.

 

Penyakit ustilago.

Penyakit yang banyak sekali di timbulakan oleh jamur. jamur mavdis yang banyak menyerang tumbuhan jagung. Biasanya jamur yang tumbuh menjadi penyakit, yang di pengaruhi kelmbaban yang tidak seimbang atau tidak di kehendaki oleh tanaman.

Bergabung ke grup Whatsapp Agrotani Indonesia hubungi 085320638655


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Hama Tag : Penyakit


Tinggalkan pesan "Penyakit Pada Tumbuhan Dan Jenis Penyakit Tanaman Yang Berbahaya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.