DAFTAR
MASUK

Penyakit busuk kering pada tanaman kentang

Penyakit busuk kering pada tanaman kentang

Agrotani.com – Biasanya penyakit ini timbul sejak masa pembibitan karena umbi kentang yang dijadikan bibit telah terserang penyakit. Penyebab penyakit masuk ke dalam umbi melalui luka atau jaringan yang lemah di sekeliling tutus. Pada bagian yang terluka ini akan berbercak, berwarna tua, dan bengkak. Bagian dalamnya akan menjadi busuk dan basah. Makin lama bercak ini akan semakin meluas. Dan, bagian dalamnya menjadi kering, berkena, bertepung, serta keras.

Penyebab


Penyakit ini sering disebut penyakit layu fusarium atau penyakit busuk kering dan dalam bahasa Inggris disebut fusarium dry-root. Penyebab penyakit ini adalah cendawan Fusarium sp.

Pengendalian


Pengendalian yang perlu dilakukan adalah menghindarkan luka pada umbi bibit, memilih bibit yang sehat, dan menyucihamakan gudang penyimpan bibit. Ketika dilakukan pengolahan tanah, sekaligus dilakukan pemberantasan nematoda (yang dapat melukai umbi). caranya dapat dilihat pada Bab 3.

<< Lihat Tentang kentang lainnya

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Penyakit Tag : Tanaman Kentang


Tinggalkan pesan "Penyakit busuk kering pada tanaman kentang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.