Pengertian tumpang gilir pada tanaman pertanian

Pengertian tumpang gilir pada tanaman pertanian
Pengertian tumpang gilir pada tanaman pertanian

Pengertian tumpang gilir pada tanaman pertanian

Agrotani.com – Tumpang gilur merupakan penanaman dalam satu lahan yang berbeda jenis dengan tanaman lainya yang di bedakan waktu penanamanya. Tumpang gilir atau relay cropping penanaman ke dua di lakukan ketika tanaman yang hendak di tanaman selanjutnya, di tanam ketika akan panen. Contohnya adalah tumpang gilir antara tanaman jagung yang ditanam pada awal musim hujan dan kacang hijau yang ditanam beberapa minggu sebelum panen jagung.

Hal yang menguntungkan dari tumpang gilir adalah penenaman yang bisa dua kali dengan jarak waktu yang singkat, tidak membutuhkan waktu yang relatif lama jika anda ingin menanam jenis tanaman yang berbeda, ini akan membuat hama penyaki yang timbul akan menjadika suatu masalah bagi mereka, dan bahkan merka akan melakukan dormansi ketika pergiliran tanaman di lakukan. Contohnya pelaksanaan tanam tumpang gilir antara jagung dan kacang hijau, adalah untuk memanfaatkan secara maksimal lahan dengan menanam kacang hijau atau kacang-kacangan bagi petani jagung dan menanam jagung terlebih dahulu bagi petani kacang hijau.

Keuntungan dari tumpang gilir

  1. Dapat mencegah serangan hama dan penyakit yang meluas
  2. Hasil panen secara beruntun dapat memperlancar penggunaan modal dan meningkatkan produktivitas lahan
  3. Pengolahan yang bisa dilakukan dengan menghemat tenaga kerja, biaya pengolahan tanah dapat ditekan, dan kerusakan tanah sebagai akibat terlalu sering diolah dapat dihindari.
  4. Kondisi lahan yang selalu tertutup tanaman, sangat membantu mencegah terjadinya erosi
  5. Sisa komoditi tanaman yang diusahakan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk hijau contohnya jagung muda, padi gogo, kedelai, kacang tanah, dll.

Dari bahasan di atas tujuan tumpang gilir untuk memaksimalkan intensitas tanah atau produktivitas lahan. Pada petani hal ini jarang di gunakan untuk teknologi penanaman system baru, Padahal pola ini sudah lama di ketahui oleh petani.

Artikel terkait :


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tumpang Gilir


Hibrida TM-999
Hibrida TM-999
Tanggal Pelepasan Varietas atau Bibit
Tanggal Pelepasan Varietas atau Bibit
Varietas padi unggul
Jarak tanam pada tanam jagung
Jarak tanam pada tanam jagung
Nama Ilmiah Ikan Kerapu Malabar

Tinggalkan pesan "Pengertian tumpang gilir pada tanaman pertanian"