DAFTAR
MASUK

Ikan Konsumsi Air Laut

Agrotani.com – Produksi ikan konsumsi adalah kegiatan pembesaran (fattening/growout) untuk menghasilkan ikan sesuai dengan kebutuhan pasar (marketable/size) konsumsi langsung. Ikan konsumsi langsung dipasarkan mulai dari pasar rakyat atau pasar tradisional hingga pasar swalayan stau pasar modern (supermarket).


Hasil panen disesuaikan dengan kualifikasi atau standar yang telah ditentukan oleh pasar yang dituju. Pasar-pasar swalayan membutuhkan ikan-ikan hasil panen yang ukurannya seragam, baik ikan hidup maupun ikan segar, misalnya ukuran 500-1.000 gr/ekor. Sedangkan ukuran lebih kecil dan tidak seragam dipasarkan pada pasar – pasar rakyat.


Selain pasar tersebut, rumah makan, restoran, dan hotel juga merupakan pasar yang menjadi sasaran ikan konsumsi langsung. Rumah makan sea food, restoran, dan hotel biasanya membutuhkan ikan-ikan laut yang ukurannya seragam. Untuk acara-acara tertentu, restoran dan hotel membutuhkan ikan laut ukuran besar, > 5 kg ekor.


Selama ini rumah makan dan restoran sea food mendapat pasokan ikan laut dari penangkapan, sehingga ukurannya tidak seragam dan kualitasnya rendah, baik karena daerah penangkapan yang jauh atau pun penanganan hasil tangkapan yang buruk. Pada musim paceklik (musim barat)  pasokan ikan laut sangat terbatas, sehingga harga ikan laut melambung. Ini merupakan peluang pasar yang baik bagi budidaya ikan laut untuk produksi konsumsi langung.


Pasar potensial lainnya adalah perayaan hari-hari besar keagamaan, misalnya Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Tahun baru Konghucu, dan lain-lain. Dengan manajemen budi daya yang baik, produksi dapat diserap pasar pasar tersebut.


Jadi tunggu apalagi jika anda berminat untuk membudidayakan ikan laut ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Usaha budidaya ikan laut di masyarakat indonesia kurang di minati mungkin cara budidaya yang kurang adalah faktor kendala, usaha budidaya ikan laut memiliki sasaran yang anda bisa pilih seperti Produksi benih, Produksi ikan konsumsi, Produksi ikan untuk ekspor, Produksi induk, Produksi umpan, Produksi ikan hias, Bahan baku industri.


Dengan demikian peluang ini menjadi besar karena memiliki target pasaran yang sangat banyak dan sudah di katakan pasti. Secara tidak langsung usaha budidaya membantu meningkatkan ekonomi dan ketahanan pangan bagi masyarakat negara kita.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Ikan Laut


Tinggalkan pesan "Ikan Konsumsi Air Laut"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.